Bentuk dan Pola Upside Gap Two Crows

  • Share
Upside Gap Two Crows candlestick pattern

Mikaylabinar.com– Candlestick membentuk berbagai macam pola diantaranya adalah Upside Gap Two Crows (memang namanya agak panjang).

Pola ini jarang muncul namun demikian perlu kita pahami bentuk dari polanya supaya kita bisa membaca pergerakan market ketika pola ini tebentuk.

Pola ini terdiri dari dua candle yang berwarna hitam (atau merah) oleh karenanya disebut sebagai dua gagak hitam yang sedang mengintai dari atas pohon

Dilihat dari pola dan warnanya sudah sangat jelas kalau pola candle seperti ini merupakan pola bearish.

Pola Upside Gap Two Crows yang ideal terdiri dari dua candle dengan candle kedua pada saat Open berada diatas harga Open pada candle pertama kemudian pola ini ditutup di bawah harga close candle pertama.

Bearish pada pola Upside Gap Two Crows terjadi karena pasar sebelumnya berada pada kondisi uptrend dan kemudian muncul gap yang lebih tinggi pada harga open.

Harga high tidak mampu bertahan dan market membentuk black candle sebagai sinyal bahwa pasar sudah kehilangan kekuatannya.

Baca juga: Three white soldiers dan three black crows candlestick

Namun demikian, posisi ini masih dalam keadaan bull karena harga close pada sesi black candle masih bertahan diatas harga close hari sebelumnya.

Kemudian, sesi ketiganya atau candle pada hari ketiga memberikan gambaran bearish yang lebih kuat yang terlihat dari harga tertingginya yang lebih rendah daripada harga tertinggi sebelumnya dan harga ditutup lebih rendah daripada harga penutupan hari sebelumnya

Berikut bentuk dari Upside-Gap Two Crows:

Upside-Gap Crows memiliki ciri sebagai berikut:

  1. Pola terdiri dari dua candle
  2. Candle pertama dan kedua berwarna hitam (atau merah)
  3. Candle pertama lebih kecil daripada candle kedua
  4. Sebelumnya didahului uptrend
  5. Terdapat gap antara candle pertama (dari pola Upside-Gap Crows) dengan candle sebelumnya
  6. Open pada candle ke dua lebih tinggi daripada Open candle pertama
  7. Close pada candle kedua lebih rendah daripada Close candle pertama
  8. Termasuk kelompok Berish

Sebagai contoh:

Upside Gap Two Crows candlestick pattern

Keterangan:

Pola Upside-Gap Two Crows ini memang jarang terjadi, namun kita bisa melihat ciri dari pola terbentuknya yang tersusun dari dua candle yang berwarna merah dimana Open candle kedua lebih tinggi daripada Open candle pertama dan harga Close candle kedua lebih rendah dari harga Close candle pertama

Pola ini terbentuk ketika sebelumnya terjadi uptrend yang ditandai oleh candle berwarna hijau. Coba perhatikan antara candle yang berwarna hijau terakhir dengan candle pertama yang berwarna merah pada pola Upside-Gap Two Crows terdapat sedikit gap (celah) yang menjadi ciri khasnya pola ini.

Ketika terjadi formasi demikian maka mengindikasikan akan terjadi bearish dan kita bisa lihat pada gambar diatas setelah terbentuk pola Upside-Gap Two Crows maka market mengalami penurunan.   

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *