Imagick, Is Not Installed pada WordPress

cara perbaiki pesan The optional module, imagick, is not installed, or has been disabled Pada Wordpress

Mikaylabinar.com– Cara mengatasi pesan imagick yang muncul pada Site Health Status di wordpress. Sebelum membahas lebih lanjut maka kita perlu ketahui terlebih dahulu tentang menu Site Health Status. Menu ini disediakan oleh wordpress sebagai alat untuk mengecek apakah situs kita dalam keadaan sehat atau tidak.

Kesehatan sebuah situs perlu diperhatikan agar performa situs kita tetap terjaga dengan baik sehingga tidak mempengaruhi pada kecepatan aksesnya yang merupakan salah satu hal penting dari sebuah situs. Untuk melihat menu Site Health Status bisa dibuka pada halaman Dashboard-Tools-Site Health

Jika tidak ada pesan pada halaman Site Health Status pada situs anda maka situs dalam keadaan sehat. Namun apabila terdapat pesan di dalamnya maka anda perlu memperbaikinya. Contoh diantara pesan tersebut adalah The optional module, imagick, is not installed, or has been disabled. Atau isi pesan lengkapnya sebagai berikut:

One or more recommended modules are missing. “PHP modules perform most of the tasks on the server that make your site run. Any changes to these must be made by your server administrator. The WordPress Hosting Team maintains a list of those modules, both recommended and required, in the team handbook. Warning The optional module, imagick, is not installed, or has been disabled.”

Jadi, pesan tersebut intinya modul imagick belum terinstal atau dalam keadaan disable. Yang perlu anda lakukan jika pesan tersebut muncul adalah menginstal imagick yang secara default atau secara bawaannya belum terinstal, adapun langkahnya sebagai berikut:

The optional module, imagick, is not installed, or has been disabled Pada WordPress

  1. Masuk ke halaman Cpanel situs anda
  2. Jika sudah masuk ke halaman Cpanel,tarik ke bawah klik Select PHP Version
  3. Pada menu PHP Selector pilih tab Extensions
  4. Kemudian tarik ke bawah dan beri centang imagick
  5. Pada saat anda mencentang imagick maka secara otomatis akan terinstal dan tunggu beberapa saat hingga proses install selesai
  6. Setelah proses install imagick sukses, anda tutup halaman Cpanel dan kembali ke halaman dashboard wordpress
  7. Refresh halaman dashboard
  8. Selesai.

Setelah melakukan langkah diatas perhatikan kembali apakah pesan tersebut sudah hilang? Kalau sudah tidak muncul maka proses install telah berjalan dengan baik. Untuk selanjutnya, anda tinggal periksa kembali pesan lainnya dan perbaiki semua jika ada. Jika tidak ada pesan maka Site Health situs anda dalam keadaan bagus Great Job!,Everything is running smoothly here

Demikian cara install imagick, apabila ada yang ingin ditanyakan bisa menuliskannya di kolom komentar. Semoga bermanfaat..

Responses (2)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *