Morning Tri star dan Evening Tri Star Candlestick

morning tri star dan evening tri star
Morning Tri star dan Evening Tri Star Candlestick

Mikaylabinar.com– Morning tri star dan Evening Tri Star memiliki bentuk yang sama yakni terdiri dari tiga doji yang menyerupai star atau terbentuk tiga body yang kecil.

Morning Tri Star

Morning Tri Star masuk kedalam kelompok Bullish Reversal pattern atau pola pembalikan arah menuju uptrend dimana pada bentuk candle ini sebelumnya didahului oleh downtrend dan kemudian terjadi pembalikan atau reversal

Evening Tri Star

Bentuk Evening Tri Star terdiri dari tiga doji atau terbentuk body kecil yang menyerupai star dan sebelumnya didahului oleh uptrend lalu terbentuk Evening Tri Star di ujung uptrend sebelum terjadi reversal atau pembalikan kearah downtrend.

Evening Tri Star termasuk kedalam kelompok Bearish Reversal Pattern atau pola pembalikan arah menuju penurunan harga

Bentuk dari Morning dan Evening Tri Star sebagai berikut:

bentuk morning tri star dan evening tri star pada candlestick

Ciri Morning Tri Star

Morning Tri Star memiliki ciri, sebagai berikut:

  • Terdiri dari tiga candle
  • Diawali downtrend
  • Ketiga candle berbentuk doji atau memiliki tubuh yang kecil

Ciri Evening Tri Star

Evening Tri Star, cirinya sebagai berikut:

  • Terdiri dari tiga candle
  • Diawali uptrend
  • Ketiga candle berbentuk doji atau memiliki tubuh yang kecil

Ciri yang paling mudah diamati dari morning dan evening tri star ini bentuknya yang menyerupai bintang berjumlah tiga yang berdampingan dengan posisi yang tidak sejajar.

Berdasarkan pengalaman yang saya jumpai dalam beberapa kasus morning dan evening tri star ini bentuknya tidak harus sama persis berbentuk doji

Jika terdapat tiga bintang diantara ketiganya ada yang memiliki body yang kecil atau sangat kecil pun masih dapat dikategorikan sebagai morning atau evening tri star.

Baca juga  Three White Soldiers dan Three Black Crows

Misalnya pada pada candle pertama dan kedua berbentuk doji dan candle ketiga memiliki body yang kecil terbentuk di ujung bagian bawah, ini pun bisa dikatakan sebagai morning tristar. Asalkan body yang terbentuk kecil sekali atau sangat kecil  

Contoh Pola Evening Tri Star

Contoh Pola Evening Tri Star pada candle chart:

morning tri star dan evening tri star
Gambar 2. Pola Evening Tri Star

Keterangan :

Pola yang terbentuk pada gambar 2 diatas yakni Evening Tri Star. Pola ini terbentuk dari tiga doji atau candle yang memiliki body kecil dengan sebelumnya di dahului uptrend.

Dari tiga doji tersebut doji pertama memiliki body kecil berwarna hijau. Kemudian doji kedua berbentuk star dan doji ketiga berbentuk long-leg doji

Baca juga : Support dan Resistance pada harga saham

Evening Tri Star memberikan indikasi bahwa akan terjadi reversal dari sebelumnya uptrend berbalik arah menuju downtrend.

Indikasi ini memberikan sinyal bagi trader akan terjadi reversal dan sebaiknya trader melakukan sell atau take profit  untuk mengamankan keuntungan.

Dan, kita bisa melihatnya pada gambar diatas setelah terbentuk Evening Tri Star disusul penurunan harga atau bearish.

Jika kita memahami dengan baik semua pola yang terbentuk pada candlestick. Maka akan memudahkan kita dalam melakukan prediksi pergerakan market, oleh karena itu trader pemula sebaiknya menguasai candlestick dengan baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *