Cara Melihat Trend Saham Melalui Grafik yang Terbentuk

Cara Menggambar Garis Trend Saham
Cara Membuat Garis Trend Pada Grafik Saham

Mikaylabinar.com– Artikel ini membahas tentang cara melihat trend saham dan bagaimana membuat garis trend pada grafik yang terbentuk untuk memudahkan dalam membaca pergerakan saham

Cara Membuat Garis Trend Saham

Channel Lines merupakan dua garis tren yang digambar atau diposisikan di bagian atas dan di bagian bawah harga dikenal sebagai garis trend.

Garis dibagian bawah harga disebut channel support dan garis dibagian atas disebut channel resistance. Bentuknya menyerupai terowongan dimana pergerakan harga berada di dalamnya dan berkisar di antara dua garis tren paralel tersebut.

Apabila harga melewati garis terowongan maka itulah yang dinamakan breakout. Jika harga melewati garis bagian bawah (support) maka maka kedepannya harga diprediksikan akan terus turun. Sebaliknya, apabila harga melewati garis atas (resistance) maka kedepannya akan tercipta level baru yang berpotensi harga terus naik.

Jika demikian, Anda dapat membeli di level support channel dan menjual di level resistance channel. Peluang trading terbesar datang pada saat harga sudah breakout dari garis channel (Price Channel Breakout).

Ketika Price Channel Breakout terjadi, hal itu dapat menghasilkan pergerakan harga yang signifikan searah breakout.

Cara Melihat Trend Saham Melalui Pola Yang Terbentuk

Berbagai pola channel lines garis trend saham yang terbentuk diantaranya sebagai berikut:

pola channel lines atau saluran harga saham
Cara Membuat Garis Trend Pada Grafik Saham

Keterangan:

Pada gambar diatas, terdapat 5 pola channel lines:

  1. Channel Harga Naik
  2. Channel Harga Turun
  3. Channel Harga Sideways
  4. Terbentuk Channel line uptrend baru
  5. Terbentuk Channel line downtrend
Baca juga  Analisis Teknikal Saham untuk Investasi Jangka Pendek

Pola channel Harga naik

Terjadi ketika harga membuat serangkaian titik tertinggi yang diikuti oleh rangkaian titik terendah yang lebih tinggi. Harga harus berada di dalam garis support dan resistance.

Untuk menggambar garis pada pola channel harga naik maka yang pertama dilakukan adalah menarik garis pada titik harga terendah (channel support) terlebih dahulu kemudian baru menarik garis antara titik tertinggi harganya (channel resistance)

Pola channel Harga turun

Terjadi ketika harga membuat serangkaian posisi terendah yang lebih rendah diikuti oleh serangkaian nilai tertinggi yang lebih rendah. Biasanya harga harus berada di dalam garis yang menghubungkan tertinggi dan terendah ini.

Untuk menggambar garis pada pola channel harga turun maka yang pertama dilakukan adalah membuat garis pada level resistancenya terlebih dahulu baru kemudian membuat garis pada level supportnya.

Pola channel Harga menyamping (Sideways)

Dapat ditentukan oleh dua garis horizontal yang mengarah kesamping. Pada kondisi seperti ini tren belum diketahui oleh karenanya trader sebaiknya wait and see hingga ada sinyal yang jelas apakah tren akan naik atau turun

Terbentuk Channel Line Uptrend Baru

Pola ini terbentuk ketika terjadi breakout atau harga menembus garis channel resistance yang menandakan bahwa harga akan terus berlanjut naik.

Oleh karena itu, setelah terjadi breakout di level atas seperti ini maka perlu membuat garis channel baru untuk mengetahui pola gerakan harga yang terbentuk. Apabila terjadi kondisi seperti ini, sebaiknya melakukan aksi Buy, karena harga berpotensi untuk terus naik

Terbentuk Channel Line Downtrend

Apabila harga menembus garis bawah ( garis channel support) maka dipastikan akan terjadi penurunan harga yang berlanjut.

Oleh karena itu, perlu dibuat garis channel baru untuk mengetahui pergerakan harga baru yang terbentuk. Pada saat harga breakout di garis support sebaiknya lakukan aksi Sell, untuk menghindari penurunan harga yang lebih tajam  

Baca juga  Double Top dan Double Bottom Dalam Teknikal Analisis Saham

Menggunakan strategi trading Channel berarti Anda dapat dengan mudah mengidentifikasi ide trading untuk mendapatkan keuntungan besar.

Sebagai contoh:

Keterangan:

Contoh diatas saham BNI (kode: BBNI) terbentuk pola channel uptrend dengan breakout pada ujung atas channel resistance, hal ini menandakan bahwa harga akan terus berlanjut naik kedepannya. Pola yang terbentuk seperti ini merupakan kondisi yang tepat untuk melakukan aksi buy. Untuk melakukan aksi buy atau sell, sebaiknya disesuaikan time horizon-nya.

Dalam contoh saham BBNI ini time horizon yang digunakan adalah 1 tahun oleh karenanya pergerakan harga diprediksikan akan terus naik setelah lebih dari 1 tahun dan apabila harga saham yang telah breakout tersebut turun kembali menembus garis channel atas maka perlu dibuat garis baru, sebagaimana yang digambarkan pada redraw new channel line downtrend diatas.    

Demikian cara membuat garis trend pada saham. Info lain: Pola segitiga saham untuk membaca pergerakan market

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *