Triple Tops dan Triple Bottoms Pada Pola Trend Saham

  • Share
triple tops dan triple bottoms saham

Mikaylabinar.com Pola triple tops dan triple bottom mirip dengan pola double tops dan double bottom yang telah dibahas dalam bab sebelumnya di situs ini.

Pola ini merupakan pola pembalikan tren jangka pendek dengan triple top menjadi pola pembalikan tren bearish dan triple bottom menjadi pembalikan tren bullish

Triple Tops

Pola triple top adalah pola pembalikan tren turun yang sering menandai berakhirnya tren naik dan dimulainya tren turun.

Ciri dari pola Ini terdiri dari tiga puncak berurutan yang mencapai tingkat resistensi pada nilai tinggi yang kurang lebih sama, dengan dua lembah sebagai pemisah yang jelas antara ketiga puncak tersebut.

Rendahnya lembah penting untuk tujuan proyeksi harga seperti juga volumenya. Lebih disukai, volume pada setiap puncak yang berurutan harus lebih rendah daripada volume pada puncak sebelumnya.

Sinyal Jual

Pola triple top sebagai sinyal masuk untuk sell. Sinyal ini dipicu ketika harga menembus di bawah level support yang dibuat pada titik terendah dari dua lembah sebelumnya.

Triple Bottoms

Pola triple bottoms merupakan kebalikan dari triple tops yang mengindikasikan  pembalikan tren menuju bullish. Ini sering menandai akhir dari tren turun dan dimulainya tren naik.

Pola ini terdiri dari tiga lembah  pada tingkat kedalaman rendah yang kurang lebih sama, dengan dua puncak sebagai pemisah yang jelas antara ketiga lembah tersebut.

Ketinggian yang dicapai oleh puncak penting untuk tujuan proyeksi harga. Volume juga penting. Lebih disukai, volume harus meningkat sebagai sinyal pembalikan yang jelas

Sinyal Beli

Seperti halnya pola triple top, Triple bottoms memiliki sinyal untuk buy. Sinyal ini dipicu ketika harga menembus level resisten dari kedua puncak yang terbentuk.

Peningkatan volume juga menjadi faktor pertimbangan yang kuat untuk melakukan tindakan beli.

Bentuk dari triple tops dan triple bottoms sebagai berikut:

Sebagai contoh: Pola Triple Tops pada saham United Tractors

triple tops dan triple bottoms saham

Keterangan:

Chart ini merupakan contoh dari pola triple tops dengan ciri terdiri dari tiga puncak dengan dua lembah sebagai pemisahnya. Tiga puncak yang terbentuk merupakan batas resisten sedangkan dua lembah sebagai batas support

Ketika harga menembus level support (breakthrough) setelah puncak ketiga terbentuk menandakan bahwa harga akan mengalami penurunan,

dan seperti yang kita lihat pada chart diatas dimana harga setelah menembus breakthrough mengalami penurunan, biasanya trader akan melakukan sell pada kondisi seperti ini untuk mencegah penurunan yang lebih dalam.

Untuk memperkuat analisis maka sebaiknya pengetahuan triple tops dan triple bottoms ini dikombinasikan dengan indicator volume.

Baca juga: Indikator volume dalam pergerakan harga saham

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *