Pola Head and Shoulder Saham Pada Pergerakan Market

bentuk pola head and shoulders
Pola Head and Shoulder Pada Pergerakan Market

Mikaylabinar.com– Mengenal Pola Head and shoulder saham, pola ini termasuk salah satu dari banyak pola grafik yang cukup populer dan banyak digunakan oleh investor atau trader dalam membaca tren pasar.

Pola Head and Shoulder Saham

Pola head and shoulder terbentuk dari pergerakan harga market dalam suatu periode tertentu. Ciri dari pola ini menyerupai kepala dan bahu serta leher yang mengindikasikan suatu reversal (pembalikan) dan dapat diamati melalui grafik atau charting

Head and Shoulders dalam Japanese candlestick dikenal dengan nama Three budha. Karena bentuknya menyerupai patung tiga budha yang biasa dijumpai di kuil atau candi

Pola ini terjadi pada grafik ketika harga saham mencapai puncaknya dan kemudian turun. Lalu, harga naik di atas puncak sebelumnya dan turun.

Dan akhirnya, naik lagi, tapi tidak setinggi puncak kedua dan turun dari titik itu. Di sini puncak tengah membentuk kepala dan puncak di kedua sisi membentuk bahu.

Kepala merupakan puncak dimana harga mencapai titik tertinggi dalam suatu periode tertentu.

Bahu, merupakan dua titik harga yang hampir sejajar. Dimana masing-masing titik harga ini terjadi sebelum dan sesudah harga tertinggi yang membentuk titik kepala.

Sedangkan, leher merupakan harga terendah ketika harga mengalami penurunan dan membentuk titik terendah harga diantara bahu dan kepala

Inverted Head and Shoulder

Pola head and shoulder saham umumnya dianggap sebagai pola pembalikan (reversal) dan paling sering terlihat pada tren naik. Ini juga pola paling dapat diandalkan ketika terbentuk dalam tren naik.

Baca juga  Indikator Envelope Moving Average Pada Analisis Saham

Ketika terjadi pada kondisi uptrend, pasar akan mulai melambat dan kekuatan penawaran dan permintaan umumnya dianggap seimbang

Pola head and shoulders memiliki variasi lain yang disebut head and shoulders terbalik (inverted head and shoulder atau juga disebut head and shoulder bottom). Pola ini terlihat seperti kebalikan dari pola head and shoulders top.

Head and shoulders bottom memiliki tiga titik harga puncak rendah yang diciptakan oleh jatuhnya harga saham. Pada pola head and shoulders terbalik ini titik kepalanya berada di paling bawah

Head and shoulder adalah ‘pola pembalikan’ yaitu tren harga berubah dari bearish ke bullish atau sebaliknya dari bullish ke bearish. Bentuknya seperti kepala manusia dengan bahu di kedua sisinya.

Bentuk Pola Head and Shoulder Saham

Berikut ini berbagai bentuk pola dari head and shoulders,:

Pada head and shoulder Top dan Head and Shoulder Bottom seperti gambar diatas polanya terbentuk dengan jelas antara kepala, garis leher dan kedua bahu.

Namun, ada juga pola head and shoulders yang gagal ketika garis neckline dan kedua bahu tidak begitu jelas (tidak terlalu sejajar) atau terbentuk dua kepala sehingga harga gagal breakout berkelanjutan

Volume adalah faktor yang sangat penting untuk diperhatikan ketika seseorang mempelajari pola head and shoulders.

Apabila Volume naik dan meningkat di bahu kiri saat uptrend terjadi menandakan semakin banyak investor ingin masuk, sedangkan terendah di bahu kanan karena investor merasakan pembalikan tren yang akan menurun.

Disisi lain, Volume rendah sering dianggap sebagai tanda pembalikan yang kuat. Di bagian kepala, volume terletak di antara volume di bahu kiri dan bahu kanan.

Baca juga  Triple Top dan Triple Bottom Pada Pola Trend Saham

Sebagai contoh:

Keterangan:

Gambar pada contoh ini menunjukkan pola head and shoulder top dimana terbentuk left and right shoulder dengan jelas dan hampir sejajar yang terletak di sebelah kanan dan kiri kepala.

Sedangkan, bentuk kepala dari pola ini terletak di tengah dengan posisi titik harga paling tinggi

Setelah terbentuk pola head and shoulder top, tren terjadi pembalikan menuju bearish.

Dan kalau kita lihat pada contoh saham BRIS diatas setelah terbentuk right shoulder harga menembus breakout (harga yang sejajar dengan neckline) dan terus menurun.   

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *