Tips FYP di TikTok, Agar Konten Viral dan Jadi Populer

Tips FYP di TikTok, Agar Konten Viral dan Jadi Populer
Tips FYP di TikTok, Agar Konten Viral dan Jadi Populer

Apakah Anda sedang mencari tips FYP di TikTok? Ya, kami akan mengulas bagaimana FYP di aplikasi ini. TikTok sendiri ialah media sosial yang dipakai untuk berbagi video pendek dan cukup populer beberapa tahun terakhir.

Video pendek di dalamnya mampu menghibur pengguna bahkan melepaskan stress atau penat sehari-hari. Hal ini kemudian dimanfaatkan oleh banyak pihak seperti influencer atau perusahaan untuk mempromosikan produk dan jasa.

Untuk bisa viral di TikTok, konten yang dibuat wajib masuk ke halaman For You Page atau FYP terlebih dahulu. Namun, tentu saja bukan hal mudah untuk bisa masuk ke halaman tersebut. Jadi, kami sediakan tips supaya Anda dapat meraihnya.

Tips FYP di TikTok, Agar Konten Viral

Seiring waktu, pengguna TikTok semakin bertambah. Sehingga semakin sulit untuk meraih laman FYP karena persaingan yang terbilang ketat. Akan tetapi, Anda tidak perlu takut kalah saing karena bisa mencoba tips ampuh di bawah ini.

Tidak Berpatok pada Kuantitas

Mungkin banyak orang yang berpikir seperti ini. Semakin banyak mengunggah konten maka peluang untuk masuk ke laman For You Page semakin besar. Hal ini salah besar, karena kuantitas video sebenarnya bukan patokannya.

Tips FYP di TikTok bukan berfokus pada kuantitas video. Apabila Anda mempunyai konten akan tetapi kualitasnya kurang maksimal, jangan mengunggahnya. Spamming bukan solusi untuk bisa menjadi viral.

Silahkan saja mencari tahu di TikTok mengenai konten viral. Pasti tidak semua akunnya mempunyai banyak video. Mereka hanya membuat konten berkualitas lantas mengunggahnya sampai bisa masuk ke laman For You Page.

Daripada fokus pada kuantitas, lebih baik fokus membuat konten berkualitas. Kualitas sudah tentu tidak akan membohongi hasil. Kualitas akan lebih mampu mengantarkan konten untuk masuk ke laman FYP.

Baca juga  Cara Mendapatkan Uang Dari Facebook dengan Mudah

Menaikkan Kualitas Konten

Tips FYP di TikTok ialah berfokus membuat konten berkualitas. Lantas seperti apa video berkualitas yang bisa diunggah ke media sosial ini? Video yang diunggah harus jernih, hindari gambar buram.

Lantas bagaimana jika hasil rekaman kamera ponsel memang resolusinya rendah? Coba dahulu mengeditnya di aplikasi editing. Ada banyak sekali aplikasi editing yang membantu meningkatkan kualitas gambar atau video.

Tambahkan filter atau teknik transisi supaya hasil editannya tampak lebih profesional dan menarik bagi penonton. Maka, angka penonton akan semakin tinggi mengingat kualitasnya juga tinggi.

Anda juga dapat memilih filter atau teknik tertentu yang menjadi ciri khas untuk setiap konten. Sehingga penonton akan hapal dengan konten Anda tanpa perlu cek akun.

Memilih Durasi Pendek

TikTok pada mulanya merupakan media sosial untuk berbagi video pendek. Namun, platform tersebut mulai mengembangkan fitur untuk berbagi konten dengan durasi lebih lama. Namun, Anda tidak perlu memilih durasi lama.

Tetapkan saja membuat konten dengan durasi kurang dari 1 menit. Mengapa perlu menerapkan tips FYP di TikTok ini? Karena penonton umumnya lebih menyukai konten dengan durasi pendek.

Umumnya pengguna malas untuk menyimak konten dengan durasi terlalu lama. Mereka lebih suka durasi cepat dengan isi menarik. Jika terlalu lama akan muncul perasaan bosan dan enggan menyelesaikan dalam menontonnya.

Supaya memunculkan minat penonton, Anda dapat menambahkan unsur menarik di awal konten. Pastikan durasinya pendek sekitar 15 hingga 30 detik. Jangan sampai terlalu pendek juga.

Memakai Sound yang Trending

Biasanya menggunakan sound atau lagu yang sedang trending bisa membantu konten untuk dilihat oleh lebih banyak orang. Temukan saja sound trending pada menu Discover yang tersedia di TikTok.

Tips FYP di TikTok ini juga banyak dipakai oleh pengguna lainnya. Sound trending ini bisa berupa lagu lama maupun lagu baru. Bisa pula suara seperti monolog atau dialog.

Baca juga  7 Cara Menambahkan Font Baru di Pixellab

Ketika mengamati sound yang pernah trending di Tiktok, Anda mungkin mendapati lagu dari beragam negara. Bisa dari Indonesia, Amerika, Inggris, Korea dan lain sebagainya. Tidak terbatas pada Indonesia saja.

Menggunakan Sound yang disukai oleh Followers

Bisa pula mencoba memakai sound yang umumnya disukai oleh followers Anda sendiri. Ketika mempunyai lebih dari 100 followers, maka dapat melihat analytics mengenai follower. Lantas menemukan sound yang banyak disukai oleh mereka.

Analytics akan menunjukkan sound di dalam video yang ditonton oleh followers selama 7 hari terakhir. Mulai dari menyenangkan followers Anda sendiri untuk bisa meraih laman FYP.

Menerapkan Hashtag Secara Tepat

Tips FYP di TikTok yang tidak kalah penting ialah menerapkan hashtag sesuai dengan konten. Memakai hashtag sangat penting untuk bisa meraih laman FYP. Akan tetapi, hashtag wajib sesuai dengan isi konten.

Jangan lupa menyematkan #ForYou dan #FYP juga. Supaya berpeluang menambah angka penonton. Akan tetapi, jangan hanya menerapkan hashtag tersebut. Ingat untuk menerapkan sejumlah hashtag yang relevan dengan isi konten.

Tidak perlu menerapkan hashtag yang tidak relevan. Memang, lebih banyak hashtag akan membuka peluang untuk masuk FYP. Akan tetapi, jika terlalu banyak hashtag, bahkan tidak relevan dengan konten justru sulit untuk muncul di laman For You Page.

Dalam tips FYP di TikTok ini boleh menambahkan hashtag yang sedang trending supaya lebih mudah viral. Akan tetapi, jangan berfokus pada satu hashtag saja. Silahkan mencoba tips ini supaya konten lekas viral dan populer.

Mengikuti Tren Paling Baru

Mengikuti tren adalah hal penting dalam meraih laman FYP. Jadi, wajib mencari tahu tren apa yang sedang populer baru-baru ini. Cukup cek secara mandiri di For You Page Anda sendiri.

Misalnya saja mendapati suatu challenger muncul beberapa kali dalam FYP Anda, maka dapat mencoba untuk ikut berpartisipasi. Biasanya sebuah challenge banyak diikuti oleh banyak orang termasuk public figure.

Baca juga  Cara Mengatasi Instagram Crash atau Keluar Sendiri pada Iphone

Misalnya saja ketika suatu girl band atau boy band Korea merilis lagu baru umumnya membuat challenge untuk menirukan gerakan dance mereka. Trend semacam ini juga pernah terjadi beberapa kali.

Anda juga dapat mengikuti tips FYP di TikTok ini. Akan tetapi, pastikan dahulu trend yang akan diikuti tidak membahayakan. Misalnya saja jika muncul trend selfie di dekat kereta yang sedang melaju kencang lebih baik dihindari.

Menjalin Interaksi dengan Followers

Membangun interaksi dengan followers wajib dilakukan secara rutin. Interaksi ini bisa berupa memberi like hingga membalas comment. Ketika membangun interaksi semacam ini mampu meningkatkan engagement.

Kemudian, engagement akan berpengaruh dalam menjadikan video masuk ke For You Page. Pastikan membangun interaksi yang positif dengan followers. Sehingga mereka juga merasa senang dalam berinteraksi.

Membangun Engagement

Tips FYP di TikTok lainnya ialah membangun engagement. Misalnya dengan menulis pertanyaan pada caption video. Contohnya “kalau menurut kalian bagaimana?”. Caption tersebut mampu mengajak orang lain untuk ikut berkomentar dan berinteraksi.

Ketika menarik pengguna TikTok untuk ikut berkomentar dalam konten, maka dapat membantu memasukkannya ke For You Page. Sebab, comments akan dianggap sebagai sinyal baik oleh algoritma media sosial tersebut.

Memakai Caption Menarik

TikTok memberikan batas 150 kata dalam penulisan caption. Anda wajib memikirkan caption menarik hanya dengan 150 kata. Jangan lupa perlu memasukkan hashtag relevan juga.

Pakai saja kalimat pendek yang mampu mendorong perhatian penonton untuk menyimak konten. Jika tidak seperti itu, dapat mencoba caption yang bisa menarik minat penonton untuk berkomentar.

TikTok ialah media sosial yang mempunyai algoritma tersendiri untuk menjadikan konten viral. Wajib menerapkan tips FYP di TikTok yang tepat untuk bisa menjadikan konten populer.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *