Bisnis  

Ingin Mulai Bisnis? Catat Daftar Bisnis Modal Kecil Berikut

Ide Bisnis Modal Kecil dengan Keuntungan Yang Besar
Ide Bisnis Modal Kecil dengan Keuntungan Yang Besar (Image by Photo Mix from Pixabay )

Bagi yang ingin memulai usaha tapi bingung bisnis apa cobalah untuk memulai bisnis modal kecil. Ada banyak bisnis yang bisa Anda coba dan tidak memerlukan banyak modal. Akan tetapi memang kalau mau berbisnis tentu harus membutuhkan modal terlebih dahulu. 

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah dengan mengetahui jenis bisnisnya. Kemudian cobalah untuk mencari tahu berapa modal yang dibutuhkan. Tetapi sebelum itu cobalah untuk simak informasi berikut ini mengenai ide bisnis yang tidak membutuhkan banyak modal.

Bisnis Modal Kecil Paling Mudah Dijalankan

Tidak perlu khawatir bagi yang ingin memulai bisnis tetapi modalnya hanya sedikit. Ada beberapa bisnis yang dibangun dari modal kecil. Bisnis-bisnis berikut ini bisa menjadi pilihan untuk yang bingung akan memulai usaha apa.

1. Membuka Jasa Laundry Kiloan

Bisnis yang tidak membutuhkan banyak modal adalah dengan membuka jasa laundry. Tentu yang dibutuhkan hanyalah peralatan untuk mencuci dan menyetrika baju saja, tidak membutuhkan banyak perlengkapan. Laundry kiloan bisa menjadi ide bisnis yang harus dikembangkan.

Selain itu pelanggannya juga akan banyak karena zaman sekarang kebanyakan orang-orang sudah menyukai hal-hal yang instan dan serba cepat. Apalagi untuk orang-orang yang workaholic atau tipe pekerja pasti tidak akan sempat mencuci baju.

Oleh karena itu membuka jasa laundry juga adalah hal yang bisa dilakukan. Apalagi jika tempat atau lokasi laundry dekat dengan kampus, pasti banyak mahasiswa yang membutuhkan jasa tersebut. Karena bisnisnya mudah maka pesaingnya juga banyak.

Baca juga  Karyawan VS Pengusaha Manakah yang Berisiko dan Menjanjikan

Akan tetapi hal tersebut tidaklah masalah karena pasti ada bisnis yang sama dan memiliki pesaing. Tetap fokus mengembangkan bisnis agar mendapatkan pelanggan.

2. Bisnis Modal Kecil dengan Membuka Les Privat

Salah satu bisnis modal kecil berikutnya adalah dengan membuka les private. Bisnis ini memang tidak memerlukan banyak modal karena yang dibutuhkan hanya uang bensin saja untuk pergi ke rumah siswa. Akan tetapi ada juga yang mengadakan les private langsung di rumahnya, jadi lebih hemat.

Selain itu jasa mengajar atau les private ini juga banyak dibutuhkan oleh anak-anak, apalagi untuk siswa yang sulit mengerti penjelasan guru. Tidak hanya itu para orangtua yang juga sibuk tidak sempat mengajari anaknya sangat membutuhkan jasa dari guru les.

Apalagi jika bisnis sudah berjalan lama maka sudah bisa membuka les sendiri di rumah. Selain itu mungkin awal-awal saja untuk berkeliling ke rumah-rumah akan tetapi jika sudah banyak muridnya bisa membuka les sendiri di rumah dan tidak perlu berkeliling lagi.

3. Membuka Jasa Penerjemah

Salah satu bisnis yang juga tidak membutuhkan banyak modal adalah menjadi jasa penerjemah. Memiliki kemampuan dalam berbahasa asing tentu harus dimanfaatkan dengan sebaik mungkin. Banyak yang membutuhkan jasa penerjemah seperti itu dan bisa juga membantu orang lain.

Akan tetapi untuk menjadi penerjemah tersumpah tentu tidak mudah akan tetapi bayarannya juga mahal. Oleh karena itu untuk pemula cobalah lebih dulu dengan menjadi penerjemah dari dokumen seperti skripsi, makalah, artikel atau sebagainya.

4. Membuka Jasa Pengetikan

Bisnis modal kecil yang berikutnya adalah menerima jasa pengetikan. Hal ini biasanya sangat dibutuhkan oleh mahasiswa terutama yang sangat sibuk karena sambil bekerja. Oleh karena itu cobalah untuk membuka jasa pengetikan makalah atau tugas.

Baca juga  Perhatikan Beberapa Hal Ini Jika anda Tertarik Membangun Usaha Foto copy

Akan tetapi tarif yang ditawarkan biasanya per satu halaman atau per kata. Selain itu biaya yang dibutuhkan sebagai modal juga tidak banyak. Adapun perangkat yang diperlukan adalah kertas, printer dan laptop. Cara pertama yang bisa dilakukan adalah dengan mencari lokasi strategis.

Biasanya lokasinya juga berdekatan dengan kampus tempat mahasiswa. Selain itu cobalah juga untuk melakukan kegiatan promosi di media sosial.

—-

Beberapa bisnis modal kecil yang sudah dijelaskan di atas dapat dijadikan sebagai alternatif. Selain itu dalam memulai berbisnis juga tidak dibutuhkan modal besar jadi cukup dengan bermodalkan beberapa perangkat saja.

Info lain: Ide Bisnis dengan Modal Kecil yang Bisa Dilakukan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *