Gadget  

Cara Mengatasi Laptop Freeze atau Hang di Windows 7, 10 dan 11

Cara Mengatasi Laptop Freeze atau Hang di Windows 7, 10 dan 11
Ilustrasi. Cara Mengatasi Laptop Freeze (Photo by: spot.ph)

Laptop yang sering freeze atau hang secara tiba-tiba sangat menggangu aktivitas, oleh karena itu Anda perlu mengetahui cara mengatasi laptop freeze atau hang yang dibahas dalam tulisan ini

Laptop hang merupakan hal wajar terjadi karena laptop merupakan salah satu barang elektronik yang memerlukan perawatan lebih.

Kasus laptop nge-freeze atau hang hampir terjadi pada berbagai jenis sistem operasi windows 7,8,10 11 dan lainnya karena berbagai faktor.

Umumnya kasus ini terjadi karena kondisi laptop yang panas karena pemakaian yang mengakibatkan ruang penyimpanan kewalahan.

Problem laptop  freeze atau hang tidak bisa bergerak juga pasti terjadi di berbagai merk laptop seperti Lenovo, Asus, Dell, HP dan laptop lainnya.

Selama sistem operasi laptop Anda menggunakan windows cara mengatasi laptop hang baik di merk Lenovo, Asus, Dell, HP dan lain-lain punya langkah dasar yang sama,

Untuk cara lengkap mengatasi laptop hang tidak bergerak pada windows 7, 8. 10 dan 11 akan dijelaskan lengkap berikut ini.

Cara Mengatasi Laptop Freeze Windows

Dengan cara mengatasi laptop hang tidak bisa bergerak di bawah ini, laptop Lenovo Anda atau lainnya akan beroperasi normal kembali. Yaitu:

1. Restart Laptop

Cara pertama dan termudah yang bisa Anda praktekan adalah menghidupkan ulang laptop. Cara ini dilakukan untuk memuat ulang operasiyang dijalankan laptop Anda.

Karena penyebab freeze laptop adalah mungkin muncul bug dan pemakaian terlalu over yang mengakibatkan laptop panas.

Untuk cara merestart laptop Anda pasti sudah mengetahui, yakni dengan memencat tombol on atau off atau dengan mengklik restart yang tersedia di bagian kiri layar.

Baca juga  Rekomendasi Laptop MacBook 6 Jutaan

2. Periksa Ruang Penyimpanan Laptop

Cara lain untuk mengatasi laptop yang hang adalah dengan memeriksa ruang penyimpanan yang tersedia di hard drive. Salah satu penyebab laptop sering freeze adalah karena tidak tersedia ruang penyimpanan di laptop.

Karena itu, Anda perlu memeriksa apakah ruang penyimpanan sudah penuh. Jika sudah penuh, Anda bisa mengakalinya dengan menggunakan harddisk eksternal untuk memindahkan data yang perlu dibackup.

3. Upgrade RAM dan Hardisk

Hal selanjutnya yang harus dilakukan dengan laptop mati adalah meng-upgrade RAM dan kapasitas harddisk. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, penyebab laptop hang adalah ruang penyimpanan yang tersisa tidak mencukupi dan RAM yang tersedia tidak maksimal.

Oleh karena itu, Anda perlu menambah kapasitas RAM dengan mengupgrade ke kapasitas yang lebih besar. Sedangkan untuk hardisk, Anda bisa menyalipnya dengan mempartisi atau menggunakan hardisk eksternal.

4. Update Windows

Melakukan update windows juga merupakan cara mengatasi laptop hang bergerak sendiri. Karena terkadang penyebab laptop freeze adalah windows yang perlu diupdate, biasanya tanda perlu update muncul saat Anda akan mematikan komputer atau laptop.

Apabila Anda tidak segera melakukan update windows biasanya tidak lama ketika digunakan akan mengalami eror atau hang karena ada bug dalam sistem operasi.

5. Uninstal Software Yang Jarang Dipakai

Cara mengatasi laptop hang selanjtunya adalah dengan menguninstal software yang jarang Anda pakai. Hal ini karena software tersebut sangat memakan banyak tempat ruang penyimpanan laptop.

Oleh karena itu, Anda harus menghapus software yang tidak dipakai supaya ruang penyimpanan laptop tersedia banyak sehingga tidak mudah menimbulkan freeze atau hang tidak bisa bergerak.

6. Gunakan Pendingin Tambahan

Cara mengatasi laptop freeze di segala windows selanjutnya adalah dengan menambahkan pendingin. Penggunaan pendingin tambahan akan membantu memperlambat laptop Anda cepat panas atau overheat yang terjadi karena pemakaian yang melebihi kapasitas laptop.

Baca juga  Tanda Powerbank Rusak Yang Perlu Diketahui Sebelum Mengganti Dengan Yang Baru

Supaya penggunaan mesin pendingin tambahan lebih efektif jangan gunakan di tempat yang empuk seperti kasur, bantal dan lainnya karena tempat ini mudah membuat laptop panas dan berpotensi cepat bikin nge hang.

7. Install Ulang Windows

Cara selanjutnya adalah menginstall ulang windows apabila tips mengatasi laptop freeze sebelumnya tidak ada yang berhasil. Cara ini merupakan cara satu-satunya.

Karena terdapat bug yang membuat laptop hang akibat ketidakcocokan windows dan software. Maka silahkan install ulang melalui tukang servis atau Anda bisa lakukan sendiri. Dan jika menginstall ulang pastikan Anda menggunakan windows yang asli bukan bajakan.

Apabila cara mengatasi laptop freeze atau hang windows di atas tidak ada yang membantu menyelesaikan masalah Anda, langsung saja bawa laptop ke bengkel laptop terpercaya.

Supaya Anda lekas menggunakan laptop secara nyaman dalam mengerjakan aktivitas. Demikian cara mengatasi laptop freeze.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *