Gadget  

Cara Mengatasi Laptop Yang Tidak Menyala

Cara Mengatasi Laptop Yang Tidak Menyala
Cara Mengatasi Laptop Yang Tidak Menyala (Photo by Kari Shea on Unsplash)

Laptop yang tidak menyala merupakan masalah besar dan membuat penggunannya pusing tujuh keliling.  Artikel ini membahas 6 cara mengatasi laptop yang tidak menyala

Agar laptop tetap dapat digunakan dengan baik perlu menjaganya dengan baik. Sebab masalah laptop yang tidak menyala biasanya memerlukan biaya yang cukup besar.

Tetapi sebelum memutuskan membawa ke tempat layanan servis laptop. Coba ikuti langkah-langkah berikut.

Cara Mengatasi Laptop Yang Tidak Menyala

Langkah yang akan disebutkan berikut merupakan langkah alternatif yang masih punya kemungkinan berhasil sebelum dibawa ke bengkel.

1. Periksa Charger

Langkah pertama dalam mengatasi laptop yang tidak mau menyala adalah dengan memeriksa sumber daya. Biasanya, masalah ini disebabkan oleh berbagai permasalahan pada sumber daya laptop.

Beberapa permasalahan yang mungkin terjadi adalah konektor power laptop yang rusak, soket yang bermasalah, charger yang rusak, baterai yang rusak, atau baterai yang habis hingga 0%, dan lain sebagainya.

Jadi, saat mengisi daya laptop, penting untuk memeriksa apakah ada komponen sumber daya yang mengalami kerusakan atau tidak. Jika masalahnya terletak pada charger, segera gantilah dengan yang baru agar laptop dapat berfungsi kembali dengan baik.

2. Memeriksa Kondisi Layar Laptop

Langkah selanjutnya untuk mengatasi laptop yang tidak mau menyala adalah dengan memeriksa kondisi layar laptop. Jika tidak ada masalah pada sumber daya dan laptop tetap tidak menyala, ada kemungkinan permasalahan terletak pada layar laptop Anda. Oleh karena itu, periksa apakah layar laptop menyala atau tidak.

Baca juga  Harga MacBook 5 Jutaan

Anda dapat mengetahuinya dengan mendengarkan suara mesin yang keluar dari laptop. Jika ada suara yang muncul namun layar tetap gelap, maka kemungkinan besar layar laptop mengalami kerusakan.

Untuk mengatasi masalah ini, Anda dapat mengikuti artikel yang memberikan cara mengatasi laptop black screen guna menyelesaikan permasalahan tersebut.

3. Memeriksa Kondisi RAM Laptop

Langkah selanjutnya dalam mengatasi laptop yang tidak mau menyala adalah dengan memeriksa kondisi RAM laptop. Permasalahan ini mirip seperti laptop yang tiba-tiba freeze, dimana penyebabnya adalah RAM laptop mengalami kerusakan, sehingga sistem tidak dapat berjalan.

Oleh karena itu, penting untuk memeriksa apakah kondisi RAM laptop berfungsi dengan baik. Selain itu, pastikan untuk membersihkan kuningan pada RAM laptop menggunakan karet penghapus.

Jika RAM memang mengalami kerusakan, Anda bisa menggantinya dengan RAM laptop yang baru dan sesuai dengan spesifikasi laptop Anda.

4. Memeriksa Kondisi Memori Laptop

Langkah berikutnya dalam mengatasi masalah laptop yang tidak dapat menyala adalah dengan memeriksa kondisi memori laptop.

Jika RAM laptop Anda dalam kondisi baik, kemungkinan lainnya adalah adanya kerusakan pada memori laptop. Namun, Jika memori laptop penuh, hal ini dapat menyebabkan laptop menjadi lambat atau tidak merespons.

Jika memori laptop mengalami kerusakan, hal ini dapat menyebabkan laptop tidak dapat memuat sistem Windows, sehingga mengakibatkan laptop tidak dapat menyala.

Oleh karena itu, sangat penting untuk memastikan bahwa memori laptop berfungsi dengan baik dan tidak mengalami masalah.

5. Melepas dan Memasang Baterai Laptop

Cara selanjutnya dalam mengatasi masalah laptop yang tidak dapat menyala adalah dengan mencabut dan memasang ulang baterai laptop. Jika telah memeriksa semua komponen, mulai dari sumber daya, layar laptop, RAM, dan memori laptop, dan masih belum bisa menyala, maka kemungkinan masalah terdapat pada baterai laptop.

Baca juga  5 Penyebab HP Mati Total dan Tidak Bisa Dicas yang Sering Terjadi

Oleh karena itu, cobalah mencabut baterai laptop dan menghubungkan laptop ke charger tanpa menggunakan baterai. Jika laptop dapat menyala tanpa baterai, maka kemungkinan kerusakan terjadi pada baterai tersebut.

Anda bisa mengganti baterai laptop dengan yang sesuai dengan spesifikasi laptop Anda. Selanjutnya, penting untuk selalu memeriksa kesehatan baterai Windows secara berkala untuk menjaga kinerja dan fungsi baterai laptop Anda.

6. Install Ulang Windows

Langkah selanjutnya dalam mengatasi laptop yang tidak mau menyala adalah dengan melakukan instal ulang Windows. Jika Anda telah mengganti komponen yang rusak namun laptop masih tidak dapat menyala, maka ada kemungkinan masalah terletak pada sistem operasi Windows itu sendiri.

Masalah ini seringkali disebabkan oleh bug atau kesalahan yang terdeteksi pada sistem Windows. Oleh karena itu, melakukan instal ulang pada Windows dapat menjadi solusi yang efektif. Metode ini juga sering digunakan untuk mengatasi masalah ketika laptop tidak dapat masuk ke dalam sistem Windows.

Namun, penting untuk selalu menggunakan Windows yang asli (original) saat melakukan instal ulang untuk memastikan keamanan dan kualitas sistem operasi Anda.

Apabila dari keenam cara alternatif mengatasi laptop tidak menyala diatas semuanya gagal. Maka harapan satu-satunya adalah dengan meletakan di tempat servis laptop terpercaya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *