Gadget  

Apa saja Penyebab Ponsel Android Terkena Virus? Ini Penjelasan Selengkapnya

Apa saja Penyebab Ponsel Android Terkena Virus? Ini Penjelasan Selengkapnya
Apa saja Penyebab Ponsel Android Terkena Virus? Ini Penjelasan Selengkapnya

Gadget menjadi perangkat yang tidak bisa lepas dari keseharian masyarakat. Virus atau malware menjadi hal yang paling ditakuti dalam penggunaan gadget. Pada dasarnya, ada beberapa hal yang menjadi penyebab ponsel terkena virus.

Serangan virus tidak hanya menjadi ancaman bagi pengguna ponsel Android, tapi juga pengguna gadget lainnya. Oleh sebab itu, sangat penting mengetahui hal-hal apa saja yang menjadi penyebab masuknya virus ke ponsel yang kita digunakan.

4 Penyebab Ponsel Terkena Virus yang Sering Tidak Disadari

Virus dapat menyerang berbagai ponsel melalui berbagai macam cara. Sehingga mau tidak mau sebagai untuk menjaga ponsel Android tetap aman, pastikan selalu berhati-hati dalam melakukan beberapa hal berikut yang menjadi celah masuknya virus ke ponsel.

1.     Mengunduh Aplikasi Sembarangan

Hal pertama yang bisa memicu masuknya virus ke ponsel yaitu mengunduh aplikasi di sembarang tempat. Seperti yang telah diketahui, aplikasi resmi yang tergolong aman hanya ada di Google Play Store bagi para pengguna ponsel Android.

Jika, mengunduh aplikasi di situs-situs ilegal akan berpeluang besar virus masuk ke ponsel tanpa disadari. Jadi, pastikan selalu menggunakan aplikasi yang diunduh di Google Play Store, atau penyedia aplikasi resmi lainnya seperti Google App, Samsung, App, GetApp, Amazon, dan lain-lain.

2.     Menggunakan Aplikasi Bajakan Bisa Menjadi Penyebab Ponsel Terkena Virus

Biasanya banyak beredar situs-situs yang menyediakan link download aplikasi berbayar bajakan secara gratis, sayangnya banyak orang tertarik menggunakan aplikasi bajakan tersebut.

Baca juga  4 Rekomendasi Drawing Tablet Terbaik untuk Desain Grafis

Meskipun fitur yang ditawarkan sangat bagus menyerupai aslinya dan bisa digunakan secara gratis, bukan berarti itu menguntungkan. Justru bisa jadi di dalamnya terdapat berbagai macam virus yang bisa mengancam keamanan data pribadi penggunanya.

Penggunaan aplikasi bajakan bisa menjadi salah satu penyebab ponsel terkena virus yang sangat membahayakan. Jadi sebaiknya jangan menggunakan aplikasi seperti ini. Pastikan mengunduh aplikasi dari situs atau platform resmi.

3.     Jarang Melakukan Update Sistem Operasi Ponsel

Hal selanjutnya yang bisa membuat ponsel terserang virus yaitu jarang atau tidak pernah melakukan update sistem operasi ponsel. Biasanya setiap vendor ponsel memberikan update sistem secara berkala hingga beberapa tahun ke depan.

Hal ini bertujuan untuk memastikan sistem keamanan ponsel yang mereka buat bekerja lebih baik. Untuk mengetahui apakah ponsel yang digunakan sudah mendapatkan update sistem atau belum, Anda bisa langsung menuju ke pengaturan ponsel.

Di sana akan tersedia informasi mengenai pembaruan yang diberikan, jika enggan melakukan update sistem. Ponsel akan mudah disusupi virus, jadi sebaiknya segera lakukan update sistem jika sudah tersedia.

Jika belum ada, selama beberapa bulan atau tahun sebaiknya tanyakan secara langsung ke pihak vendor ponsel yang digunakan tersebut.

Pada umumnya setiap vendor ponsel pasti akan memberikan update sistem kepada seluruh penggunanya sebagai bentuk apresiasi telah menggunakan produk mereka.

4.     Selalu Mengaktifkan Wifi Secara Otomatis

Penyebab ponsel terkena virus yang terakhir yaitu selalu mengaktifkan Wifi pada ponsel, biasanya jika Wifi dihidupkan secara terus-menerus akan membuat ponsel mencari jaringan Wifi secara otomatis. Jika ini terjadi, ponsel akan berpeluang besar terhubung dengan jaringan Wifi tidak kenal.

Jaringan Wifi yang tidak dikenal dapat berpeluang sebagai jembatan para peretas masuk dan menyebarkan virus ke dalam ponsel. Jadi, sebaiknya ketika sudah tidak terhubung dengan jaringan Wifi segera matikan dan beralihlah menggunakan data seluler.

Baca juga  Tips Membeli Macbook Untuk Pemula Agar Tidak Tertipu

Selain, dari keempatnya hal tersebut penyebab ponsel terkena virus yang paling umum yaitu tidak mengaktifkan aplikasi antivirus. Padahal aplikasi antivirus sangat berguna untuk melindungi ponsel dari berbagai serangan virus yang membahayakan.

Info lain: Inilah Ciri-Ciri HP Terkena Virus yang Harus Diwaspadai Sebelum Terlambat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *