Gadget  

Penting! Cara Mengetahui Ciri HP Black Market

ciri hp black market
Ciri hp black market ( Photo by Lisa Fotios)

Smartphone black market banyak dijual di berbagai forum jual beli termasuk toko online atau olshop (online shop). Disini kami akan berbagi kepada anda cara mengetahui ciri ciri hp black market

Meskipun smartphone berkategori black market, masyarakat banyak mencari produk illegal ini karena harga yang murah meriah. Harga yang ditawarkan smartphone black market berbeda jauh dengan yang tersedia di pasaran pada umumnya.

Hal ini karena smartphone black market masuk Indonesia tanpa melewati pemeriksaan Bea Cukai. Secara sederhana, untuk menjawab kenapa harga smartphone black market murah adalah karena HP ini tidak dikenakan biaya pajak.

Tetapi, sayangnya jenis smartphone black market biasanya bermasalah pada IMEI. Kendati demikian, masih banyak cara untuk mengatasi persoalaan tersebut.

Cara Mengetahui Ciri HP Black Market

Berikut cara mengetahui ciri smartphone black market, diantaranya:

1. Tidak Memiliki Garansi Resmi untuk Smartphone yang Kamu Beli

Smartphone ilegal atau dari pasar gelap adalah produk asli dari merek-merek terkemuka yang sudah dikenal di seluruh Indonesia, seperti Oppo, Samsung, Xiaomi, dan lainnya. Namun, perlu ditekankan bahwa smartphone ilegal umumnya tidak menyertai atau memberikan garansi seperti yang biasanya diberikan pada smartphone resmi.

Karenanya, ada alasan kuat untuk tidak membeli barang dari pasar gelap ini. Salah satunya adalah karena jika smartphone Anda mengalami kerusakan atau cacat pada bagian fisiknya, Anda tidak akan dapat memperbaikinya atau mengajukan klaim garansi di mana pun.

Terlepas dari itu, disarankan untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut terhadap smartphone yang akan Anda beli. Sebagai contoh, Anda dapat memverifikasi apakah smartphone Xiaomi tersebut adalah asli atau palsu sebelum melakukan pembelian.

2. IMEI Tidak Terdaftar

Demi mencegah dampak negatif dari peredaran barang ilegal di pasar, Pemerintah berusaha untuk mengatasi masalah ini dengan melakukan verifikasi IMEI. Tindakan ini bertujuan untuk memisahkan antara smartphone resmi dan smartphone ilegal yang beredar di pasaran.

Selain dari masalah pasar gelap, Anda juga perlu memastikan keaslian smartphone yang akan Anda beli. Anda bisa memeriksa IMEI pada iPhone maupun IMEI pada Xiaomi untuk memastikan apakah smartphone tersebut asli atau tidak.

Jadi, apa sebenarnya fungsi IMEI? IMEI memiliki peran yang sangat penting dalam dunia smartphone. Ketika smartphone Anda hilang atau dicuri, Anda memiliki kemampuan untuk melaporkan kode IMEI Anda kepada operator telekomunikasi, dan operator akan melakukan pemblokiran. Setelah kode IMEI diblokir, siapapun yang menemukan atau mencuri smartphone Anda tidak akan dapat menggunakannya.

3. Aksesoris yang Tidak Original

Pada umumnya, setiap perangkat gadget atau smartphone yang baru dibeli akan disertai dengan aksesori seperti charger atau earphone. Namun, ketika Anda membeli smartphone dari pasar gelap, Anda tidak akan menerima aksesori tersebut dalam kondisi asli.

Seringkali, charger yang disertakan dengan smartphone yang dibeli dari pasar gelap tidak memiliki tegangan listrik yang sesuai dengan kebutuhan perangkat Anda, dan kualitas suara dari earphone yang Anda dapatkan juga cenderung tidak jernih.

Selain itu, terkadang toko-toko online juga menyediakan aksesori non-asli. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk dapat membedakan apakah charger tersebut asli atau palsu sebelum memutuskan untuk membeli.

4. Keaslian dari Smartphone Black market Tidak Terjamin Original

Umumnya, pasar gelap menjual produk-produk asli yang diimpor dari luar negeri. Namun, tidak jarang pula ditemukan toko-toko online yang menjual smartphone palsu atau yang sering disebut sebagai replika.

Jika Anda masih baru atau belum familiar dengan tanda-tanda barang dari pasar gelap, ada kemungkinan besar Anda akan mendapatkan smartphone palsu atau replika. Karena itu, sangat penting bagi Anda untuk memastikan bahwa smartphone yang akan Anda beli adalah asli.

Anda dapat melakukan pemeriksaan terhadap merek smartphone tersebut untuk memastikan apakah itu asli atau tidak. Pasalnya, smartphone palsu memiliki banyak ciri khas yang bisa diidentifikasi. Sebagai contoh, Anda bisa memeriksa keaslian smartphone Samsung sebelum memutuskan untuk membelinya.

5. Dijual di Toko Online

Dimana sebenarnya smartphone dari pasar gelap biasanya dijual? Nah, umumnya smartphone dari pasar gelap dijual melalui platform toko online atau akun online shop, dan sering kali mereka tidak memiliki kehadiran fisik atau toko yang dapat Anda kunjungi secara langsung.

Dalam hal ini, karena Anda harus melakukan transaksi secara daring (online), sangat penting bagi Anda untuk berhati-hati. Anda harus memiliki pemahaman tentang berbagai modus penipuan online, karena dalam melakukan transaksi online, Anda berisiko menjadi korban penipuan. Contohnya, barang mungkin tidak pernah dikirim, atau penjual yang sulit dihubungi setelah transaksi dilakukan.

Demikianlah cara mengetahui ciri-ciri smartphone black market, bagi Anda yang tertarik dengan smartphone black market harus memegang teguh ciri-ciri tersebut agar tidak menyesal. Sebab smartphone dengan harga murah memiliki potensi resiko yang besar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *