Sering Dianggap Remeh, Inilah Penyebab Smartphone Cepat Panas

  • Share
Sering Dianggap Remeh, Inilah Penyebab Smartphone Cepat Panas

Sudah menjadi rahasia umum jika smartphone zaman sekarang cepat sekali mengalami overheating atau panas. Sayangnya, banyak pengguna yang tidak tahu apa penyebab smartphone cepat panas sehingga tidak jarang akhirnya membuat kinerja perangkat tersebut menurun.

Meski terlihat sepele namun sbenarnya overhetaing bisa menyabbkan masalah serius. Tidak hanya membuat smartphone menjadi lemot tapi dalam beberapa kasus ada yang bisa sampai meledak atau terbakar.

Apa Saja Penyebab Smartphone Cepat Panas?

Mengingat overheating bisa menjadi masalah yang serius maka pengguna smartphone sebaiknya tahu apa apa saja yang sekiranya bisa membuat smartphone cepat panas. Sebab, hal ini bisa menjadi menjadi tanda berbagai permasalahan yang lebih serius.

Lalu, sebenarnya apa saja penyebab smartphone cepat panas dan bagaimana cara mengatasinya? Jika ingin tahu, berikut ini adalah contoh berapa penyebab yang membuat smartphone overheating dan tips mudah untuk mencegahnya.

1.             Terlalu lama digunakan bermain game

Kebiasaan bermain game mobile sampai berjam-jam menjadi salah satu penyebab utama kenapa smartphone mengalami overheating. Meskipun banyak smartphone yang didesain khusus untuk penggemar game mobile namun bukan berarti perangkat tersebut tidak akan mengalami overheating.

Game mobile tidak seharusnya dimainkan dalam jangka waktu yang lama sehingga pengguna mau tidak mau harus berhenti bermain game jika dirasa suhu perangkat tersebut semakin meningkat.

Ada baiknya untuk berhenti memaikan perangkat tersebut sementara untuk menurunkan suhunya yang berlebih. Setelah kembali normal maka perangkat tersebut bisa digunakan lagi seperti biasa.

2.             Pengaturan tidak optimal

Perlu diketahui jika setelan smartphone juga ikut memengaruhi jumlah energi yang digunakan perangkat. Tingkat kecerahan layar yang terlalu tinggi, penggunaan wallpaper animasi, serta sinkronisasi otomatis aplikasi dan  data bisa memicu overheating.

Hal ini dikarenakan ketiga hal yang disebutkan di atas akan menghabiskan banyak energi sehingga selain menimbulkan panas juga bisa mengganggu kinerja perangkat tersebut.

3.             Malware Bisa Menjadi Penyebab Smartphone Cepat Panas

Perlu diketahui jika malware bisa membuat smartphone cepat panas. Hal ini disebabkan malware seluler bisa menjalankan berbagai aplikasi serta proses-proses lainnya secara diam-diam dan tanpa terdeteksi.

Hal ini akan membuat prosesor smartphone bekerja terus menerus dan menghasilkan panas yang berlebih. Oleh sebab itu, sangat disarankan untuk tidak mengunduh aplikasi di situs tidak jelas. Usahakan untuk selalu mengunduh aplikasi melalui platform-platform resmi yang sudah disediakan.

4.             Baterai dan charger bermasalah

Baterai dan charger yang digunakan juga bisa menjadi penyebab smartphone cepat panas. Biasanya, baterai dan charger yang sudah lama kerap mengalami kerusakan sehingga membuat pengisian daya menjadi tidak maksimal dan menghasilkan panas berlebih.

Tidak hanya itu, kabel pengisian yang buruk, port yang bermasalah, dan penggunaan charger atau baterai palsu juga bisa menyebabkan perangkat mengalami overheating. Oleh sebab itu, sangat disarankan untuk mengganti komponen yang rusak atau lama dengan komponen baru yang original.

5.             Bug di aplikasi

Perlu diketahui jika bug yang terdapat dalam aplikasi bisa membuat kinerja prosesor menjadi tidak maksimal. Keberadaan bug sangatlah berbahaya karena selain menimbulkan overheating juga membahayakan keamanan dan privasi data di smartphone tersebut.

Untuk mengatasinya, pengguna disarankan untuk melakukan update aplikasi secara rutin. Update akan memperbaiki celah-celah  keamanan di aplikasi tersebut termasuk mengatasi bug yang ada sehingga smartphone bisa bekerja secara optimal.

Perlu diingat jika kelima hal di atas merupakan sedikit dari berbagai penyebab smartphone cepat panas. Masih ada banyak penyebab yang membuat perangkat mengalami overheating. Oleh sebab itu, jangan sekali-kali meremehkan masalah kecil karena bisa saja hal itu membahayakan perangkat. 

Info lain: Ini 3 Penyebab HP Gampang Panas yang Sering Terjadi Tanpa Disadari

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *