Gadget  

6 Cara Mengatasi Touchpad Laptop Tidak Berfungsi

6 Cara Mengatasi Touchpad Laptop Tidak Berfungsi
6 Cara Mengatasi Touchpad Laptop Tidak Berfungsi (photo: Glenn Carstens-Peters unsplash)

Dalam artikel ini kami membagikan 6 cara mengatasi touchpad laptop tidak berfungsi. Touchpad laptop windows terkadang tidak berfungsi saat sedang digunakan. Ini membuat kerja Anda terganggu menjadi lambat, apalagi Anda sedang dikejar deadline kantor.

Masalah touchpad yang tidak aktif ini sudah menjadi hal lumrah yang terjadi di berbagai laptop khususnya laptop yang komponennya berukuran kecil.

Penyebab laptop yang touchpadnya tidak berfungsi ini sangat beragam, mulai touchpad yang ketumpahan cairan, touchpad perlu diupdate dan lain-lain.

Untuk mengatasi masalah touchpad yang tidak aktif ini bisa Anda praktikan dengan menggunakan metode-metode berikut.

Cara Mengatasi Touchpad Laptop Tidak Berfungsi

Dibawah ini tersedia berbagai langkah-langkah yang bisa Anda gunakan untuk menyelesaikan masalah touchpad yang tidak hidup atau aktif pada laptop windows, diantaranya:

1. Restart Laptop

Untuk mengatasi masalah saat laptop tidak berfungsi, langkah pertama yang dapat dilakukan adalah dengan me-restart laptop. Mirip dengan cara mengatasi masalah ketika suara laptop tidak keluar meskipun volume sudah maksimal, ketika ada perangkat laptop yang tidak berfungsi dengan benar, biasanya itu terjadi karena ada kesalahan pada laptop.

Kesalahan dan bug tersebut dapat diatasi dengan mudah hanya dengan melakukan restart pada laptop. Karena saat melakukan restart, sistem akan memuat ulang perangkatnya sehingga touchpad atau perangkat lainnya dapat berfungsi kembali.

2. Aktifkan Touchpad

Langkah selanjutnya dalam mengatasi masalah laptop yang tidak berfungsi adalah dengan mengaktifkan kembali touchpad. Biasanya, pengguna laptop tidak menyadari jika touchpad pada laptop mereka tidak aktif. Oleh karena itu, perlu untuk mengaktifkan kembali touchpad tersebut.

Baca juga  Inilah Ciri-Ciri HP Terkena Virus yang Harus Diwaspadai Sebelum Terlambat

Caranya adalah dengan menekan tombol “Fn” dan “F6” secara bersamaan. Namun, perlu diingat bahwa tiap tipe laptop mungkin memiliki kombinasi tombol yang berbeda untuk mengaktifkan touchpad, jadi perhatikan simbolnya di bagian F yang ada di atas keyboard laptop.

Selain itu, kamu juga dapat mengaktifkan touchpad melalui pengaturan di laptop. Caranya adalah dengan membuka “Settings” > Kemudian pilih “Devices” dan pilih menu “Touchpad” > Selanjutnya, atur pengaturan touchpad menjadi “ON”.

3. Update Driver Touchpad

Langkah berikutnya dalam mengatasi masalah laptop yang tidak berfungsi adalah dengan melakukan update driver touchpad. Mirip dengan cara mengatasi masalah layar LCD laptop yang bergaris, ketika touchpad mengalami kesalahan, kemungkinan besar driver touchpad yang digunakan masih versi lama.

Oleh karena itu, penting untuk melakukan update pada driver touchpad. Berikut adalah langkah-langkah yang dapat kamu ikuti:

  1. Buka “Device Manager” dengan cara mencarinya melalui kolom pencarian pada taskbar.
  2. Selanjutnya, pilih “Mice and other pointing devices” atau “Human Interface Devices”.
  3. Jika ada tanda seru atau tanda peringatan pada driver touchpad, itu berarti ada masalah pada driver tersebut.
  4. Untuk mengatasi masalah ini, klik kanan pada driver touchpad dan pilih “Update driver”.
  5. Tunggu proses update driver sampai selesai. Setelah itu, coba untuk me-restart laptop kamu dan periksa apakah masalah touchpad telah teratasi.

Dengan melakukan update driver touchpad, diharapkan masalah yang kamu alami dapat teratasi dan touchpad laptop dapat berfungsi normal kembali.

4. Install Ulang Driver Touchpad

Langkah memperbaiki masalah laptop yang tidak berfungsi berikutnya adalah dengan menginstall ulang driver touchpad. Jika kamu sudah melakukan update driver, tetapi touchpad laptop masih tidak berfungsi, mungkin perlu melakukan proses instal ulang driver.

Baca juga  4 Deretan HP OPPO Terbaru yang Di luncurkan pada Tahun 2021

Berikut adalah langkah-langkah yang dapat kamu ikuti:

  1. Buka “Device Manager” dengan mencarinya melalui kolom pencarian pada taskbar.
  2. Selanjutnya, pilih “Mice and other pointing devices” atau “Human Interface Devices”.
  3. Jika ada tanda seru atau tanda peringatan pada driver touchpad, itu menandakan adanya masalah pada driver tersebut.
  4. Untuk mengatasi masalah ini, klik kanan pada driver touchpad dan pilih “Uninstall driver”.
  5. Tunggu proses uninstall driver hingga selesai. Setelah itu, coba untuk me-restart laptop kamu. Sistem akan secara otomatis melakukan reinstall driver touchpad laptop kamu.

Dengan melakukan instal ulang driver touchpad, diharapkan masalah touchpad yang tidak berfungsi dapat teratasi, dan kamu dapat menggunakan touchpad laptop kamu seperti biasa.

5. Gunakan Mouse Eksternal

Langkah selanjutnya dalam mengatasi kesalahan pada laptop adalah dengan menggunakan mouse eksternal. Jika kamu membutuhkan laptop dengan segera tetapi touchpad tidak berfungsi, kamu bisa menggunakan mouse eksternal sebagai alternatif.

Selain itu, kamu bahkan dapat menjadikan smartphone Android sebagai pengganti mouse laptop jika kamu tidak memiliki mouse saat itu. Jadi, intinya, jangan panik terlebih dahulu ketika touchpad mengalami masalah, karena ada opsi lain yang dapat kamu gunakan untuk tetap dapat menggunakan laptop dengan nyaman!

6. Install Ulang Laptop

Cara terakhir untuk mengatasi touchpad laptop yang tidak berfungsi yaitu dengan menginstall ulang laptop. Cara ini mirip saat suara laptop tidak bisa menyala, dimana device eror karena windows yang tidak mendukung. Dengan menginstall ulang laptop, maka seluruh device laptop termasuk touchpad akan mengalami pembaharuan.

Demikian beberapa rekomendasi cara mengatasi masalah touchpad laptop yang tidak berfungsi atau error. Bagaimana, dari cara-cara memperbaiki touchpad laptop yang saya sebutkan di atas, mana yang berhasil kamu coba dan berhasil?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *