Berita Negara Akta Pendirian PT, CV, Yayasan dll Dalam Berita Negara (BNRI) Serta Biayanya

Badan Usaha yang baru dibentuk seperti PT perlu diumumkan kepada publik melalui Berita Negara Republik Indonesia (BNRI). Untuk mengetahui lebih lanjut tentang berita Negara akta pendirian PT, CV, Yayasan dll. Dan berapa biayanya maka simak tulisan ini hingga selesai

Apa itu Berita Negara ?

BNRI atau Berita Negara adalah koran atau media resmi yang berfungsi untuk mengumumkan suatu pengumuman resmi tentang suatu peraturan perundang-undangan, pemerintahan dan segala sesuatu yang menurut undang-undang wajib diumumkan termasuk badan usaha seperti PT (Perseroan Terbatas)

Berita Negara ini bisa dikatakan sebagai media informasi resmi pemerintah kepada publik dan otentik yang bisa dijadikan referensi bagi Negara dan masyarakat serta berfungsi untuk tertib administrasi dan menjalankan peraturan perundang-undangan.

Fungsi lain dari BNRI adalah sebagai database badan usaha. Jika dokumen penting seperti akta pendirian PT hilang atau terbakar maka bisa ditelusuri melalui BNRI. Ketika anda mendirikan badan usaha seperti PT maka perlu diumumkan kepada publik melalui berita Negara.

Apa Konsekuensinya apabila PT tidak diumumkan di Berita Negara?

M. Yahya Harahap dalam bukunya “”Hukum Perseroan Terbatas” menyebutkan sepanjang PT tidak diumumkan dalam Berita Negara maka pengesahan PT sebagai badan hukum belum sah dan belum mengikat pihak ketiga karena ini berkaitan dengan asas publisitas

Selanjutnya, apabila pengesahan PT tidak diumumkan dalam Berita Negara dianggap sebagai kelalaian Menkumham dan ini dikategorikan sebagai perbuatan melanggar hukum dalam Pasal 1365 Kitab Undang-Undang Hukum Perdata

Cara mengumumkan PT dalam Berita Negara (BNRI)

Pastikan terlebih dahulu anda sudah menyiapkan berkas PT dalam bentuk soft file. Adapun berkas yang perlu dipersiapkan sebagai berikut:

  • File SK (pdf)
  • File Akta (doc, docx)
Baca juga  Sejumlah Alasan Penting Pembuatan Laporan Keuangan UMKM Bagi Bisnis Anda

Berikut ini cara mengumumkan pendirian PT di BNRI

  • Buka situs Berita Negara di alamat http://www.beritanegara.co.id/
  • Klik tombol Login pada pojok bagian kanan atas
  • Lakukan “Daftar Akun” untuk melakukan registrasi
  • Selanjutnya, pada pojok kanan atas terdapat tombol “Masuk Aplikasi”
  • Pada menu dashboard, pilih Permohonan Baru BNTBN
  • Lengkapi form pengisian secara lengkap
  • Tekan tombok “Kirim Formulir”

Biaya Pengumuman PT

Pada saat artikel ini di tulis (Senin, 6/3/2023) biaya pengumuman sebesar Rp. 580.000. Ketika pembayaran dilakukan maka anda bisa mendownload sertifikat secara elektronik

Perlu diketahui bahwa output cetakan menggunakan sistem hybrid sebagaimana pemberitahuan dalam pengumuman di halaman dashboard Berita Negara, sebagaimana berikut ini:

Berdasarakn SK Direksi Perum Percetakan Negara RI Nomor : 032/1/DIR/SK/XII/2021 tertanggal 13 Desember 2021 tentang Penetapan Tarif dan Output Pengumuman Berita Negara dan Tambahan Berita Negara RI, bersama ini kami informasikan :

  1. Output cetakan pengumuman Berita Negara RI menggunakan system Hybrid berupa Soft File yang dapat diperoleh/download melalui online serta output cetakan BN dan TBN masing-masing sebanyak 1 exp menggunakan kertas security.
  2. Keputusan ini berlaku efektif per tanggal 01 Januari 2022 dan berlaku surut terhadap penomoran Berita Negara RI sejak nomor 71 Tahun 2020 yang terbit pada tanggal 04 September 2020.
  3. Apabila pemohon tetap membutuhkan output cetakan TBN sebanyak 25 exp sebelum diberlakukannya keputusan ini (Terbitan BN 71 Tahun 2020 s/d BN 105 tahun 2021), maka dapat mengajukan permohonan kepada pihak Perum Percetakan Negara RI melalui email bntbn@pnri.co.id

Demikian berita negara akta pendirian pt dan pengumuman badan hukum dalam berita Negara serta biayanya.

Berita Negara akta pendirian PT bisa Anda lihat dalam video berikut ini: Berita Negara Pendirian PT

Leave a Comment