Bisnis  

Keunggulan Koperasi yang Tidak Dapat Didapati Pada Usaha Lain

Keunggulan Koperasi yang Tidak Didapati pada Jenis Usaha Lain
Keunggulan Koperasi yang Tidak Didapati pada Jenis Usaha Lain (Pict: ekonomibisnis)

Keunggulan koperasi- Koperasi memang sudah menjadi bagian yang tidak terpisahkan bagi masyarakat Indonesia, dimana sebelum ada lembaga-lembaga keuangan lain yang muncul, koperasi sudah eksis terlebih dahulu.

Dilahirkan dengan mengambil beberapa falsafah dan nilai-nilai jati diri bangsa, koperasi tidak hanya berfokus pada pengejaran laba semata tetapi bagaimana mengelola para anggotanya dan memperhatikan kesejahteraan mereka.

Prinsip gotong-royong sangat melekat pada ciri koperasi yang diartikan sebagai kerja bersama-sama, yang kemudian menjadi asas fundamental bagi koperasi.

Karena sifatnya gotong-royong, maka ciri kekeluargaan pada koperasi sangat terasa begitu juga rasa saling bertanggungjawab, saling memperhatikan dan membangun.

Maka tidak heran jika banyak koperasi-koperasi yang didirikan di seluruh wilayah Indonesia yang mengusung sifat kekhasannya masing-masing yang menambah warna tersendiri.

Konsep Koperasi

Dilansir dari beberapa sumber, ada dua jenis konsep yang diusung oleh koperasi yaitu:

  1. Mikro, secara prinsip sebenarnya masunia lemah kondisi ekonomi dan sosialnya yang mendorong untuk mencari kesejahteraan, sehingga mendorong dibuat usaha sebagai cara untuk meningkatkan kelemahan itu dan juga memberi manfaat bagi orang-orang
  2. Makro, artinya makro berbicara bagaimana koperasi sebagai unit kecil tempat berkumpul masyarakat yang dapat memberi pengaruh yang signifikan terhadap perekonomian nasional dan penggerak ekonomi masyarakat.
konsep koperasi

Landasan atau Ideologi Koperasi

Ideologi diartikan sebagi kerangka acuan atau landasan yang harus dijadikan patokan dalam menjalankan sesuatu. Koperasi tentunya juga memiliki ideologi yang diusung, yaitu sebagai berikut yang dilansir dari beberapa sumber:

  1. Meminimalkan persaingan dan tingkatkan kerjasama
  2. Penghargaan kepada setiap insan manusia sebagai makhluk yang sederajat.
  3. Tidak ada yang melebihi derajat manusia, apalagi disandingkan dengan benda atau aset, oleh karena itu koperasi dianggap perkumpulan orang.
  4. Tujuan koperasi adalah dari dan untuk anggota
Baca juga  Cara Mendirikan Koperasi dan Persyaratannya
ideologi koperasi

Keunggulan Koperasi

Ada begitu banyak kelebihan dari bentuk usaha koperasi ini yang diambil dari beberapa sumber:

  1. Persamaan derajat. Bahwa setiap anggota memiliki derajat yang sama dan meletakkan kewajiban dan hak yang setara
  2. Keutamaan yang dikejar oleh koperasi adalah pengembangan setiap anggotanya sehingga kesejahteraan anggotanya adalah hal utama yang dikerjar, bukan semata-mata pada laba atau profit semata seperti yang ditunjukkan oleh badan usaha lainnya
  3. Persatuan menjadi penggalang bagi kelancaran koperasi yang diartikan sebagai tidak adanya sikap yang membeda-bedakan suku, agama, warna kulit, bahasa yang bisa memecah belah.
  4. Anggota koperasi dipandang memiliki dua fungsi yaitu produsen dan juga konsumen. Maknanya bahwa anggota didorong aktif untuk melakukan peminjaman dan juga aktif untuk melakukan penyimpanan.
  5. Prinsip sukarela. Setiap anggota koperasi yang turut serta tidak ada paksaan sama sekali jika bergabung. Dengan menjadi anggota maka tujuannya sama yaitu meningkatkan taraf hidup anggota koperasi yang dilakukan secara bersama-sama.
  6. Prinsip Keterbukaan. Koperasi tidak pernah menghalangi siapapun yang ingin bergabung, yang mana itu baik untuk perkembangan koperasi dan anggotanya
  7. Jika pada badan usaha lainnya laba ditumpuk untuk disetorkan pada para pemilik saham atau petinggi-petinggi perusahaan, maka di koperasi berbeda. Laba diperuntukkan bagi semua anggota dengan perhitungan yang proporsional dan juga mengusung konsep kejujuran.
  8. Prinsip demokrasi ekonomi. Setiap anggota mendapatkan imbalan jasa yang diperoleh dari aktivitas koperasi yang dihitung dan disepakati bersama.
  9. Prinsip kesetaraan, karena anggota koperasi memiliki derajat yang sama maka mereka juga memiliki hak yang sama untuk bersuara dan berpendapat.
  10. Koperasi sangat memungkinkan para anggotanya untuk mendapatkan modal usaha yang mana besaran bunganya tidak memberatkan.
  11. Pada dasarnya simpanan wajib dan pokok koperasi tidak boleh memberatkan anggotanya yang telah disesuaikan dengan kondisi finansial anggota.
Baca juga  6 Tips Bisnis Online dalam Menjalankan Bisnis

Prinsip Koperasi

prinsip koperasi

Dengan begitu banyak keunggulan koperasi maka sudah seharusnya koperasi didukung agar semakin besar lagi pengaruhnya.

Apalagi dilihat dari keanggotaan koperasi yang bersifat bebas artinya tidak ada ikatan dan bisa keluar atau masuk sesuai kebutuhan.

Artinya keanggotaan koperasi ini tidak permanen yang membuat manajemen dapat menerapkan sistem yang terbuka dan lebih profesional.

Pengurus adalah mereka yang bertanggungjawab atas segala aktivitas dalam koperasi yaitu para anggotanya sendiri yang dikerjakan berdasarkan asas transparansi.

Produk usaha dan pengembangan koperasi baik buruknya akan dinikmati oleh anggotanya sendiri, sehingga keaktifan menjadi kunci sukses.

Dengan adanya koperasi maka juga menghindarkan para anggotanya dari praktik rentenir yang jelas-jelas sangat mencekik prosentase bunga yang diberikan.

Jangan sampai terjatuh pada pinjaman ini, maka cobalah untuk menjadi anggota koperasi dan rasakan berbagai macam manafaatnya.

Info terkait: Cara Mendirikan Koperasi dan Persyaratannya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *