Bisnis  

7 Rekomendasi Bisnis Sampingan yang tidak Menggangu Jadwal Daring Anak

rekomendasi bisnis sampingan selama pandemi
7 Rekomendasi Bisnis Sampingan yang Bisa Dilakukan di Rumah

Mikaylabinar.com Di masa pandemi seperti saat ini, seorang ibu rumah tangga memiliki tambahan “pekerjaan” di luar aktivitas rutinnya. Terdapat beberapa rekomendasi bisnis sampingan selama pandemi sebagai pilihan usaha

Pekerjaan tersebut adalah sebagai pendamping saat anak sedang mengerjakan tugas daring dari gurunya. Tidak bisa dipungkiri, tugas yang satu ini membuat waktu yang dimiliki untuk mengerjakan aktivitas lainnya menjadi semakin berkurang.

Namun, hal ini tidak memupuskan semangat para ibu rumah tangga untuk mempunyai usaha sampingan. Sebagai rekomendasi, berikut ini beberapa usaha sampingan yang bisa dilakukan dari rumah:

Jual Tanaman Hias dan Toga

Memiliki hobi berkebun bisa digunakan sebagai sumber penghasilan bagi ibu rumah tangga. Anda bisa memperindah halaman rumah dengan berbagai tanaman hias dan toga (tanaman obat keluarga) sambil menawarkannya kepada orang yang membutuhkan.

Contohnya:

Tanaman Hias: Anggrek, lidah mertua, mawar, melati, bonsai, dan sebagainya.Tanaman Toga: Lidah buaya, rosella, temulawak, sirih, kunyit, jahe merah, dan lain-lain.

Penulis Lepas

Memiliki suatu hobi bukan hanya akan membuat Anda boros, tetapi juga bisa menghasilkan rupiah yang lumayan besar.

Salah satu peluang usaha berbasis hobi adalah sebagai penulis lepas (freelance) content writer, copy writer, atau sebagai cerpenis dan novelis.

Rekomendasi bisnis sampingan yang satu ini bisa dilakukan saat Anda sedang senggang seperti, istirahat siang setelah proses daring anak selesai, sore hari, malam hari, atau bahkan dini hari.

Baca juga: Mendirikan bisnis sendiri inilah waktunya yang tepat

Sebagai informasi, ini merupakan salah satu pekerjaan yang booming karena kebutuhan akan penulis yang semakin meningkat.

Untuk bisa mendapatkan pekerjaan sebagai penulis lepas, Anda bisa mengunjungi situs yang khusus menawarkan pekerjaan di bidang ini.

Dan agar karya tulis yang dihasilkan berkualitas serta diminati oleh klien. Lengkapi pengetahuan Anda dengan seputar teknik dasar menulis, PUEBI, prinsip dasar SEO, dan kepiawaian dalam mengulas suatu topik. 

Usaha Jasa Titip (Jastip)

Anda mungkin sering mendengar istilah jastip tapi belum memahami apa dan bagaimana usaha tersebut dijalankan. Ini merupakan salah satu bisnis sampingan buat yang hobi jalan-jalan menyusuri mall-mall atau traveling ke suatu daerah.

Orang-orang yang membutuhkan jasa jastip adalah mereka yang tinggal di daerah yang tidak terdapat produk yang diincar.

Untuk menjalankan usaha jastip ini, Anda bisa menawarkannya melalui status WhatsApp atau media sosial seperti Facebook, Twitter, dan Instagram.

Biasanya, pebisnis jastip akan menawarkan sistem “open po” pada produk tertentu dengan batas waktu yang tertentu pula.

Jika sudah mencapai batas kuota dan klien sudah melakukan pembayaran, barulah Anda membeli barang tersebut sesuai pesanan.

Bisnis Online

Rekomendasi bisnis sampingan berikutnya adalah menjalankan bisnis online, baik itu sebagai reseller atau dropshipper. Perbedaan mendasar kedua bisnis ini adalah:

Reseller: Membeli dan menyetok barang untuk dijual kembali ke orang lain.

Dropshipper: Menawarkan barang orang lain tanpa harus menyetok barang tersebut.

Kedua usaha ini bisa Anda jalankan tanpa mengganggu jadwal daring anak dan bisa dilakukan kapan saja. Bahkan, modal yang dibutuhkan juga tidak terlalu besar, hanya ponsel android dan kuota internet saja.

Dari kedua rekomendasi bisnis online tersebut, pilihlah yang menurut Anda paling nyaman untuk dilakukan.

Namun, pastikan Anda bekerjasama dengan agen atau produsen yang terpercaya agar bisnis yang dijalankan tetap aman dan lancar.

Kerajinan Tangan

Jika Anda memiliki keahlian dalam membuat berbagai kerajinan tangan, tidak ada salahnya untuk membisniskan hasil kreasi Anda tersebut.

Apalagi jika Anda berhasil menciptakan sebuah karya yang rapi, unik, dan mengemasnya dengan menarik. Bisa dipastikan hasil kerajinan tangan tersebut akan memiliki nilai jual yang tinggi di mata masyarakat.

Contoh kerajinan tangan yang bisa Anda buat diantaranya adalah membuat jepit rambut, merajut, sulam, membuat hiasan dinding, tas daur ulang, miniatur dari barang bekas, souvenir wisuda, seserahan pernikahan, dan sebagainya.

Jualan Pulsa

Rekomendasi bisnis sampingan yang satu ini tidak hanya dijalankan oleh para ibu rumah tangga saja. Bahkan kalangan pelajar dan mahasiswa pun sudah banyak yang berjualan pulsa.

Untuk memulai bisnis jualan pulsa, Anda bisa memanfaatkan ponsel android dan mendaftar pada agen pulsa yang menyediakan deposit. Selain itu, Anda juga bisa membeli pulsa melalui layanan e-commerce yang banyak tersedia di internet.

Nantinya, Anda bisa menawarkannya kepada teman, tetangga, atau digunakan untuk menambah kuota internet pribadi agar proses daring anak tidak terganggu akibat kuota yang tiba-tiba habis.

Jual Aneka Kue dan Camilan

Buat yang hobi memasak, tidak salahnya jika Anda membuat kue yang unik dan menarik untuk mendapatkan penghasilan sampingan.

Atau, bisa juga dengan membuat aneka camilan yang dikemas dengan apik. Anda bisa menjualnya secara langsung, membuat sistem pre order, atau dititipkan di beberapa toko yang mau diajak kerjasama.

Untuk mendapatkan penghasilan tambahan, ada beberapa rekomendasi bisnis sampingan yang bisa dilakukan tanpa mengorbankan tugas daring anak.

Dari ketujuh rekomendasi tersebut, pilihlah yang menurut Anda paling mudah untuk diterapkan tanpa mengganggu aktivitas Anda sehari-hari. Selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *