Bisnis  

Bisnis Online dan Keuntungannya

Rekomendasi Jenis Bisnis Online Masa Pandemi dan Tips Memulainya
Menjalankan bisnis dari dimasa pandemi (photo/xframe.io)

Bisnis online- Situasi pandemi telah mendorong banyak orang untuk kreatif untuk berusaha menawarkan beberapa jenis usaha. Karena sebagian dari masyarakat Indonesia tidak sedikit yang mendapatkan pemutusan kerja akibat ekonomi yang serba sulit.

Bisnis online untuk saat ini bisa menjadi pilihan bijak karena menawarkan banyak keuntungan bagi si pemilik usaha. Dilansir dari beberapa sumber, bisnis online dapat diartikan sebagai cara untuk menjalankan usaha dengan menggunakan pemanfaatan internet.

Internet bagaimanapun juga sudah seperti kebutuhan pokok apalagi karena pandemi banyak aktivitas yang dikerjakan dari rumah. Internetpun dimanfaatkan sebegitu rupa untuk berbagai hal seperti pendidikan, pekerjaan maupun bisnis

Praktik bisnis online bisa menjadi jalan untuk tetap mengerjakan usaha walaupun dari rumah. Hal ini berdampak lurus dari semakin banyaknya buyers dan users yang mencari dan membeli barang melalui fasilitas-fasilitas dari penggunaan internet.

Melihat peluang besar ini, maka sobat Mibi bisa mencoba untuk berbisnis online untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

Berikut beberapa keuntungan yang didapat dari menjalankan bisnis online yang dirangkum dari beberapa sumber.

Relatif Tidak Membutuhkan Biaya Terlalu Besar

Banyak pelaku usaha baru yang tidak mendapatkan progress yang baik dan cenderung bisninya jalan ditempat karena terbentur masalah modal.

Sebagai masyarakat kecil dan menengah mendapatkan akses modal agak begitu sulit. Karena belum mampu mengelola portofolio yang jadi pertimbangan pemberian kredit usaha.

Dalam bisnis online masalah ini bisa sedikit banyak teratasi, karena biasanya jenis usaha ini bukan padat modal. Anda bisa saja membuka usaha kue dengan sistem PO (pre order). Artinya pembeli melakukan pemesanan terlebih dahulu dari beberapa barang yang ditawarkan.

Baca juga  Mengetahui Strategi Blue Ocean dan Contoh Bisnis yang Telah Menggunakannya

Dengan begitu anda tidak perlu harus menyediakan berbagai jenis kue yang ready untuk dibuat saat itu juga. Dampaknya anda tidak begitu menghabiskan banyak modal untuk membuat kue. Lebih lagi risiko penjualan tidak terlalu besar, karena barang tidak ada yang dibuang atau kadaluwarsa.

Beberapa Bagian Bisa Dikerjakan Oleh Satu Orang

Jika anda adalah penjual yang menawarkan barang dagangan anda di marketplace daerah anda tinggal, maka anda juga bisa merangkap pekerjaan sebagai kurir.

Sistem yang biasa dikenal untuk pengantaran adalah COD atau Cash On Delivery. Disini selain anda sebagai kurir maka anda juga sebagai penagih, sehingga risiko gagal bayar kecil.

Belum lagi jika dalam usaha baru, pemasaran juga dilakukan sendiri melalui media sosial, aplikasi penjualan seperti OLX dan juga melalui pesan berantai dengan WA.

Artinya dalam bisnis online, anda melakukan pekerjaan sebagai produsen (membuat kue), sebagai kurir (mengantar barang), penagih dan juga melakukan pemasaran. Beberapa bagian dikerjakan oleh satu orang yaitu pemilik usaha itu sendiri.

Karena itu, usaha yang berbasis online sangat praktis dan fleksibel dilakukan yang tidak mengharuskan memiliki spesifikasi khusus yang rumit untuk menjalankan bisnis ini.

Jangkauan Konsumen Tanpa Batas

Sebagai pebisnis online senjata anda adalah internet, dan sebagaimana diketahui pengguna internet datang dari seluruh dunia. Hal ini bukan bermaksud untuk bicara muluk-muluk, namun memang kenyataannya anda bisa menjangkau konsumen anda dari mana saja tanpa batas.

Selama pelanggan memandang bahwa apa yang anda tawarkan itu menarik untuk dibeli maka siapapun itu pembelinya dari dalam atau luar daerah atau bahkan luar negeri bisa dijangkau. Artinya segmenntasi pasar yang anda kembangkan sangat luas sekali dan memungkinkan untuk siapa saja yang tertarik dapat menjadi konsumen anda.

Baca juga  5 Ide Bisnis Sampingan Bagi Para Pekerja Kantoran

Kewajiban anda adalah bagaimana mengimajinasikan dan mendeskripsikan barang dagangan anda semarik mungkin. Lebih lagi jika ingin orang dari berbagai negara tertarik akan barang atau jasa yang anda berikan, maka harus dikemas dengan bahasa inggris yang baik dan benar.

Konsumen Lebih Cepat Menerima Informasi

Ada sebuah istilah dalam penjualan konvensional yaitu getok tular (atau juga biasa disebut dari mulut ke mulut). Dimaknai sebagai kepuasaan yang dialami pelanggan karena menggunakan atau mengkonsumsi dari barang yang mereka beli. Dan pengalaman itu dibagikan kepada orang-orang lain, sehingga membentuk efek domino.

Dalam konteks bisnis online, anda bisa membagikan informasi dengan cepat dan pelanggan bisa mengetahui segera. Jika usaha anda menjadi viral, maka getok tular versi digital juga bisa terjadi. Dengan menjadi viral maka informasi yang akan diterima oleh calon konsumen anda menjadi lebih cepat lagi, karena lebih banyak yang membagikan pengalaman mereka.

Cara ini dipandang sangat efektif dan jauh dari kata mahal, dan penggunaan internet akan semakin mendorong percepatan penyebaran informasi.

Transaksi Menjadi Praktis

Dalam konteks pembayaran atau transaksi, jika dalam usaha konvensional terbatas pada penggunaan uang-uang kertas yang dibayarkan langsung kepada penjual. Maka dengan bisnis online anda bisa melakukan transaksi dimanapun dan kapanpun.

Penggunaan teknologi memungkinkan untuk penjual dan pembeli melakukan transaksi yang cepat dan murah serta aman jika dilakukan dengan benar.

Oleh karena itu posisi bank menjadi sangat sentral dalam pembayaran, sehingga ada keharusan untuk memiliki rekening di bank-bank tertentu.

Anda bisa memilih berbagai pembayaran yang ditawarkan melalui digital payment seperti transfer antar bank, ritel tunai melalui toko yang ditunjuk (misal Indomart dll), kartu kredit, direct debit dari akun rekening anda, e-wallet, QR code dan sebagainya.

Baca juga  Tips Sukses Bisnis Online Supaya Sukses di Usia Muda

Info terkait: Rekomendasi Jenis Bisnis Online Masa Pandemi dan Tips Memulainya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *