Gadget  

Cara Mengatasi HP Bootloop dengan 3 Langkah Mudah, Bisa Dilakukan Sendiri

3 Langkah Mudah Cara Mengatasi HP Bootloop, Bisa Dilakukan Sendiri
HP bootloop (Photo: voi.id)

Tidak perlu merasa khawatir ketika handphone (HP) mengalami bootloop, masalah ini sebenarnya bisa diatasi sendiri tanpa bantuan jasa servis HP. Namun, untuk melakukannya perlu mengetahui langkah-langkah cara mengatasi HP bootloop yang tepat.

Jika, salah langkah kemungkinan HP tidak bisa kembali normal untuk itu sebelum memperbaikinya sendiri di rumah, ketahui langkah-langkahnya yang benar terlebih dulu. Untuk mengetahuinya simak penjelasan selengkapnya mengenai cara mengatasi bootloop pada HP berikut ini.

Cara Mengatasi HP Bootloop dengan Mudah

Mengalami masalah bootloop pada HP memang sangat menyebalkan, terlebih lagi jika HP tersebut satu-satunya gadget yang dimiliki. Tentunya komunikasi dengan rekan kerja dan teman akan terkendala. Tapi, jangan khawatir karena bootloop bisa diatasi sendiri di rumah.

Tidak perlu buru-buru pergi ke tempat penyedia jasa servis HP, lakukan beberapa langkah berikut ini untuk mengatasi HP yang mengalami bootloop.

1. Cara Mengatasi HP Bootloop dengan Restart HP

Langkah pertama yang bisa dilakukan untuk mengatasi HP bootloop, yaitu dengan melakukan soft reset sederhana dengan melakukan restart HP. Setelah mematikan HP Android kemudiannya lepas baterainya, jika HP yang digunakan tidak menggunakan jenis baterai tanam.

Jika, HP yang digunakan jenis baterai tanam sebaiknya, biarkan ponsel tersebut dalam keadaan mati setidaknya selamat tiga hingga lima menit. Selanjutnya hidupkan kembali HP yang mengalami bootloop tersebut untuk mengecek apakah ponsel sudah kembali normal.

Biasanya dengan melakukan soft reset saja, HP yang mengalami bootloop ringan bisa tertangani dengan mudah. Dengan melakukan soft reset secara cepat dapat menghilangkan bug dari proses startup.

2. Melakukan Factory Reset

Cara mengatasi HP bootloop selanjutnya yaitu dengan melakukan factory reset (mengembalikan ke pengaturan pabrik) atau juga disebut dengan istilah wipe data. Untuk melakukan factory reset tentunya harus merelakan semua data-data yang tersimpan di HP.

Baca juga  5 Merek Tablet Terbaik 2021 dengan Spesifikasi Mumpuni

Karena semua file dan data yang tersimpan akan hilang mulai dari aplikasi, foto, video, musik, dokumen, dan berkas-berkas lainnya. Jadi, HP akan kembali seperti pertama kali digunakan dan semua data yang ada di dalamnya terhapus.

Itulah mengapa factory reset disebut mengembalikan HP ke pengaturan pabrik seperti saat baru pertama kali dibeli. Biasanya cara ini cukup efektif untuk mengatasi HP yang mengalami bootloop yang agak parah.

Cara melakukan factory reset atau wipe data perlu menuju ke menu recovery HP terlebih dulu, biasanya masing-masing HP memiliki caranya sendiri untuk masuk ke menu recovery. Namun, secara umum cara menuju menu recovery bisa dengan melakukan cara berikut ini:

  • HP Samsung, tekan tombol home + tombol power + tombol volume up secara bersamaan hingga muncul menu recovery.
  • HP Asus, tekan tombol power + tombol volume up secara bersamaan hingga muncul logo dan lepaskan tombol power dengan terus menekan tombol volume up.
  • HP HTC, tekan tombol power + tombol volume down secara bersamaan hingga muncul menu recovery.
  • HP LG, tekan tombol home + tombol volume up + tombol power secara bersamaan hingga muncul menu recovery.
  • HP Huawei, tekan tombol power + tombol volume up secara bersamaan hingga muncul menu recovery.

3. Flashing ROM

Jika, HP mengalami bootloop setelah melakukan flashing custom ROMbaru atau setelah restorebackup, maka cara mengatasi HP bootloop tersebut yaitu dengan melakukan flashing ROM. Metode ini akan secara otomatis membersihkan cache yang lama dan sistem akan menggantinya dengan yang baru.

Langkah pertama melakukan flashing ROM, yaitu dengan mematikan HP.Apabila baterai HP tersebut bisa dilepas maka sebaiknya lepas terlebih dulu.

Jika, menggunakan baterai tanam maka matikan HP tersebut beberapa menit. Selanjutnya nyalakan kembali lalu masuk ke menu recovery, caranya seperti yang dijelaskan pada cara sebelumnya.

Baca juga  Laptop Gaming 3 Jutaan 2023

Ketiga cara mengatasi HP bootloop tersebut bisa dilakukan untuk mengatasi kegagalan HP masuk ke dalam sistem yang ditandai dengan muncul logo secara terus-menerus.

Info lain: 5 Penyebab HP Mati Total dan Tidak Bisa Dicas yang Sering Terjadi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *