7 Manfaat Kartu Kredit Yang Belum Banyak Diketahui

Semua Hal yang Perlu Kamu Ketahui Tentang Kartu Kredit
Ilustrasi kartu kredit

Kartu kredit merupakan alat transaksi yang bisa sangat berguna bagi nasabah yang sedang tidak memiliki uang tunai. Sejatinya, manfaat kartu kredit terbilang penting jika digunakan dengan tepat, cermat, dan bijaksana.

Untuk beberapa orang mungkin pernah memiliki pengalaman tak menyenangkan selama memegang kartu kredit.

Beberapa contoh kejadian yang cukup sering dijumpai adalah menunggaknya tagihan hingga terlilit hutang. Untuk itu, gunakan kartu kredit dengan bijak agar bisa merasakan manfaatnya.

Manfaat Kartu Kredit bagi Penggunanya

Kartu kredit adalah alat pembayaran non tunai untuk melakukan suatu transaksi atau kegiatan ekonomi lainnya.

Cara kerja kartu kredit adalah pihak bank akan menanggung semua tanggungan transaksi milik pengguna sampai batas waktu yang ditentukan.

Setelah itu, pengguna kartu kredit wajib melunasi seluruh tanggungan tersebut secara charge card (pelunasan sekaligus) atau dengan mengangsur.

Sederhananya, pengguna kartu adalah seorang yang berhutang kepada bank dan wajib melunasi seluruh hutang tersebut dalam jangka waktu tertentu.

Berdasarkan sedikit penjelasan di atas, kira-kira apa saja ya manfaat kartu kredit yang bisa nasabah dapatkan? Simak beberapa ulasannya berikut ini.

1.   Alat Pembayaran Non Tunai yang Praktis

Salah satu manfaat yang sering jadi alasan dari penggunaan kartu kredit adalah mudah dan praktis. Secara fungsi, kartu kredit memang tak sepenuhnya berbeda dengan kartu debit atau ATM.

Namun, kartu kredit dapat memungkinkan setiap penggunanya untuk melakukan transaksi dengan cara mencicil.

Baca juga  Cara Melunasi Hutang Kartu Kredit dan Cicilan Bank

2.   Sering Menawarkan Berbagai Promo dan Rewards

Manfaat pemakaian kartu kredit selanjutnya adalah pengguna dapat merasakan berbagai macam promo dan rewards menarik sesuai dengan bank penyedia masing-masing.

Biasanya pemberlakuan promo dan rewards ini akan diperuntukkan bagi para pengguna yang telah menggunakan kartu kredit dengan jumlah transaksi tertentu.

Contoh promo yang biasa ditawarkan dari penyedia layanan kartu kredit tersebut antara lain, promo travel, promo penginapan hotel tertentu, diskon 20 persen dengan minimal belanja sekian juta rupiah, sampai dengan diskon hari perayaan khusus.

Selain promo, pengguna kartu kredit juga berkesempatan untuk mendapatkan rewards khusus jika sudah berhasil mengumpulkan sejumlah poin tertentu. Nasabah dapat menukarkan jumlah poin yang dimilikinya dengan hadiah yang ditawarkan.

3.   Kemudahan Bertransaksi Selama di Luar Negeri

Bagi pengguna yang sering melakukan perjalanan ke luar negeri, kehadiran kartu kredit dapat membantu segala proses transaksi praktis tanpa perlu pusing memikirkan money changing.

Secara otomatis, bank atau pihak penerbit kartu kredit tersebut akan mengurus semua transaksi pengguna selama berada di luar negeri.

Syaratnya, kartu kredit tersebut harus memiliki label Visa dan Mastercard karena berkat label itulah yang membuat para pengguna dapat dengan bebas melakukan transaksi di banyak negara.

4.   Kemudahan dalam Berbelanja Online

Maraknya budaya belanja online juga dapat didukung dengan proses pembayaran non tunai secara praktis menggunakan kartu kredit.

Selama proses pembayaran, pengguna hanya perlu melengkapi data diri, nomor kartu kredit, kode CVC (Card Verification Code) atau CVV (Card Verification Value), dan periode kadaluarsa kartu. Setelah semuanya diisi, barulah pengguna dapat membayar transaksi tersebut.

Dengan begitu, pengguna tak perlu lagi keluar rumah untuk melakukan pemindahan uang melalui ATM.

Baca juga  4 Tips dalam Mengambil Cicilan BNI Kartu Kredit

Melalui penggunaan kartu ini, nasabah juga akan mendapat manfaat kartu kredit lain misalnya pemberian potongan harga khusus untuk pengguna kartu kredit bank tertentu.

5.   Mendapat Jaminan Garansi

Biasanya, setiap pihak bank atau penerbit kartu kredit akan menawarkan fasilitas perlindungan dan menyediakan garansi. Hal ini bertujuan untuk mengantisipasi kemungkinan masalah yang akan pengguna hadapi selama melakukan kegiatan transaksi.

Bahkan ada juga pihak bank yang menyediakan layanan garansi atau asuransi tambahan untuk produk-produk yang nasabah beli.

Lebih mencengangkannya lagi, garansi yang diberlakukan oleh bank tersebut bisa melebihi masa garansi yang ditetapkan oleh penjual atau produsen resminya.

Misalnya, jika barang yang dibeli menggunakan kartu kredit mengalami kerusakan di saat masa garansi aslinya habis, nasabah tersebut dapat mencoba menghubungi penerbit kartu kredit dan bertanya apakah pihaknya dapat menanggung biaya kerusakan barang tersebut.

6.   Kemudahan dalam Pengelolaan Uang

Secara tidak langsung, peran kartu kredit juga dapat memudahkan proses pengelolaan uang dari segi pencatatan anggaran pengeluaran.

Hal ini karena setiap jangka waktu tertentu, pengguna akan menerima lembar tagihan yang berisikan catatan-catatan pengeluaran secara detail dan lengkap.

Melalui catatan tersebut, pengguna tak perlu lagi melakukan pencatatan pengeluaran secara manual dan biarkan sistem tersebut bekerja secara otomatis.

Melalui lembar tagihan, pengguna juga bisa menjadikannya sebagai bahan evaluasi diri dalam upaya manajemen keuangan yang lebih bijak.

7.   Kemudahan dalam Membayar Berbagai Jenis Tagihan

Pengguna kartu kredit dapat membayar segala jenis tagihan bulanan mereka hanya dengan satu cara dan melalui satu pintu.

Dengan kata lain, pengguna dapat membayar tagihan listrik, internet, telepon, TV kabel, air, dan lain-lain hanya dengan kartu kredit.

Baca juga  4 Jebakan dalam Penggunaan Kartu Kredit dan Cara Menghindarinya

Melalui manfaat tersebut, pengguna dapat membayar seluruh tagihannya secara on-time dan terhindar dari keterlambatan.

Penggunaan kartu kredit yang bijak akan membawa faedah positif bagi setiap pengguna. Demi mendapatkan manfaat kartu kredit, hendaknya setiap pengguna perlu bisa mengelola diri agar tidak mengalami overlimit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *