Cara Menutup Kartu Kredit dengan Benar

Cara menutup kartu kredit dengan benar
Cara menutup kartu kredit dengan benar

Apakah Anda ingin menutup kartu kredit Anda dan tidak menggunakannya lagi? Lalu, bagaimana Cara menutup kartu kredit dengan benar ! mari simak halaman ini

Kartu kredit memang membantu dalam berbagai keperluan dan bisnis jika digunakan dengan benar. Namun, kartu kredit juga bisa menjadi bencana bagi keuangan Anda apabila kartu kredit tidak digunakan secara bijak

Penggunaan kartu kredit sama seperti hutang kredit lainnya yaitu diperlukan pembayaran cicilan atau pelunasan tagihan tepat waktu. Karena tidak hanya pinjaman pokok yang wajib dibayar tetapi juga ada bunga yang perlu dilunasi

Perlu diketahui bahwa apabila Anda menghentikan kartu kredit maka akan mengurangi skor kredit dalam riwayat keuangan Anda

Skor kredit yang tinggi diperlukan apabila Anda mengajukan pinjaman atau kredit ke lembaga keuangan seperti Bank.

Semakin tinggi skor kreditnya maka Bank semakin percaya dan memudahkan untuk memberikan pinjaman kredit.

Pembayaran cicilan lancar seperti KPR dan pelunasan tagihan kartu kredit akan menunjang skor kredit lebih baik

Cara menutup kartu kredit dengan benar

Jika Anda memang perlu membatalkan kartu kredit, ada proses yang harus Anda ikuti.

1. Lunasi saldo Anda

Jika Anda ingin berhenti menggunakan kartu kredit maka lunasi semua tagihan kartu kredit Anda hingga tidak ada sisa tagihan

Apabila ada sisa tagihan, Anda tidak bisa menutupnya hingga semua tagihan terlunasi

2. Tukarkan hadiah yang ada

Poin hadiah apa pun yang Anda peroleh saat menggunakan kartu akan sering hilang setelah Anda menutup kartu.

Baca juga  Jenis dan Keuntungan Kartu Kredit Premium

Tergantung pada kartunya, Anda mungkin dapat mentransfer poin Anda ke kartu lain atau program hadiah uang kembali. Jadi, nikmati poin reward tersebut sebelum Anda membatalkan.

3. Hubungi perusahaan kartu kredit

Untuk membatalkan secara resmi, hubungi nomor di bank kartu Anda dan bicaralah dengan seseorang dari perusahaan kartu kredit atau bank yang menerbitkan kartu itu.

Pihak customer service (CS) kemungkinan besar akan mencoba memikat Anda dengan penawaran menarik agar kartu Anda tetap terbuka. Tetaplah pada niat Anda untuk menutup akun.

4. Untuk perlindungan ekstra, kirimkan surat pembatalan

Meskipun ini tidak diperlukan, kirimkan surat resmi kepada penerbit kartu kredit bahwa Anda telah membatalkan kartu Anda.

Saat Anda berbicara di telepon dengan bagian CS, tanyakan alamat terbaik mereka untuk mengirim surat semacam itu. Dan minta penerbit untuk mengonfirmasi akun Anda telah dibayar penuh.

5. Periksa laporan kredit Anda

Sebelum Anda menutup kartu Anda, periksa laporan kredit Anda dan periksa apakah ada kesalahan. Anda dapat memesan laporan gratis setiap 12 bulan dari masing-masing dari tiga biro kredit — Equifax, Experian, dan TransUnion — dari AnnualCreditReport.com.

Jika Anda melihat ada kesalahan dalam riwayat akun Anda, seperti pembayaran yang salah dilaporkan terlambat atau terlewat atau pembayaran dilaporkan ke akun yang salah, Anda dapat mengajukan sengketa. Biro kredit memiliki waktu 30 hari untuk meninjau dan menanggapi perselisihan Anda.

Setelah Anda menutup akun, sebaiknya tinjau kembali kredit Anda dan perhatikan kesalahannya. Kesalahan umum yang dapat muncul setelah Anda membatalkan kartu termasuk akun yang muncul sebagai terbuka dan aktif bahkan setelah Anda menutupnya, atau laporan kredit Anda tidak memiliki notasi “Ditutup oleh pemberi”. Harus jelas bahwa rekening itu ditutup oleh kreditur.

Baca juga  Begini Persyaratan dan Cara Daftar Online Kartu Kredit BRI Anda

6. Buang kartu Anda dengan aman

Setelah Anda menutup akun dengan benar, aman untuk membuang kartu tersebut. Rusak kartu Anda dan pastikan urutan angkanya tidak dapat dikenali.

Catatan :

Perlu diperhatikan bahwa sebagai pemegang kartu kredit Anda perlu menindaklanjuti permohonan pemberhentian penggunaan kartu kredit Anda

Perlu diketahui bahwa pihak bank dan stafnya memiliki banyak tugas dan seringkali sarat dengan pekerjaan yang membuat mereka terlambat menerima beberapa permintaan.

Oleh karena itu, permintaan pembatalan kartu kredit Anda mungkin tidak dapat dilakukan secara real-time, oleh karena itu penting bagi Anda untuk menindaklanjutinya dengan pihak bank.

Hubungi bank Anda dan pastikan kartu kredit telah dibatalkan oleh bank dan tidak ada transaksi yang dilakukan dengan kartu tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *