Bisnis  

Tips Bisnis Jack Ma Si Raja e-commerce Tiongkok

Tips Bisnis Jack Ma Si Raja e-commerce Tiongkok
Tips Bisnis Jack Ma Si Raja e-commerce Tiongkok (Foto: Inews)

Siapa yang tidak kenal dengan tokoh yang satu ini, dia adalah pendobrak bisnis e-commerce bukan hanya di negaranya Tiongkok tapi sudah levelnya mendunia, Jack Ma, pria yang berperawakan kecil itu menjadi salah satu tokoh paling berpengaruh di abad ini. Jika Anda ingin mengetahui tips bisnis Jack Ma simak laman ini hingga selesai

Jack Ma Alibaba

Alibaba, raksasa e-commerce yang ia dirikan telah sejajar dengan perusahaan-perusahaan raksasa yang sudah eksis sebelumnya macam Amazon dan eBay. Tidak pernah disangka kehidupannya begitu berubah drastis semenjak menahkodai Alibaba. Padahal masa kecilnya selalu bergulat dengan kesusahan karena kesulitan ekonomi yang dialami keluarga Ma kecil.

Sikapnya yang selalu ingin maju dan kerja keras telah menghantarkan perusahaannya menjadi raksasa dunia, dimana di Tiongkok sendiri sudah memiliki market share lebih dari 50 %.

Bagi siapapun yang sedang membangun start-up, Jack Ma adalah tokoh yang ideal dijadikan sebagai panutan karena dalam tiap kali mengisi acara di Televisi, seminar, konferensi banyak memberikan saran dan masukan yang berguna bagi siapapun yang ingin membangun bisnisnya sendiri.

Cara pemikirannya banyak diikuti orang-orang, kata-kata bijaknya sering dibagikan di berbagai forum dan tips-tips bisnisnya banyak ditiru mereka yang ingin sukses. Sobat Mibi akan disuguhi beberapa pemikiran Jack Ma dalam hal bisnis untuk dapat dipelajari yang dirangkum dari beberapa sumber. Berikut tips dan cara bisnis Jack Ma:

1. Pekerjakanlah Orang-orang yang Tepat

Sebagai seorang wirausahawan, salah satu bidang yang harus benar-benar diperhatikan adalah proses rekrutmen, karena baik tidaknya bisnis akan tergantung dari siapa yang menjalankan, dari karyawan baru ini.

Baca juga  Ada 5 Alasan Orang Berbisnis, Simak Ini Sebelum Memulai Bisnis

Konsep ‘the right man on the right place’ adalah benar adanya. Dalam rekrutmen Jack Ma mengajarkan untuk jangan mencari orang yang populer, tetapi justru orang yang tepat. Maksudnya adalah mereka yang memiliki kualifikasi mendalam pada bidang atau bagian yang ingin diisi, karena keahlian adalah aset yang berharga.

Begitu juga ketika mereka ditempatkan, haruslah sesuai background dan passion yang dimiliki. Jika orang bekerja dengan nyaman dan menyukai apa yang ia lakukan, maka bekerja adalah sesuatu yang menyenangkan, tidak memberatkan.

2. Pekerjaan Pertama Anda Menentukan

Pekerjaan pertama yang diambil merupakan langkah besar awal dalam karir yang akan dibangun menurut pandangan Jack Ma. Penekanannya bukan hanya pada berapa banyak gaji yang diterima, berapa besar kesempatan untuk promosi, tetapi pandanglah bos anda!

Hal ini berarti bahwa bos anda berperan besar dalam menempa karakter dan pengalaman anda. Pilihlah pekerjaan yang mana anda bekerja dengan bos yang dapat membimbing anda, mengajarkan untuk bisa keluar dari krisis dan menghadapi tekanan.

Untuk itu dalam pekerjaan pertama anda Jack Ma menyarankan untuk setidaknya dapat bertahan selama minimal 3 tahun. Saran ini bertujuan untuk menghindarkan tindakan ‘kutu loncat’ yang malah membuat tidak mendapatkan pengalaman bekerja.

3. Pelajari Kegagalan Jangan Hanya Kesuksesan

Cerita-cerita sukses memang membuai banyak pendengar karena memberikan kisah-kisah manis. Namun justru Jack Ma ingin menekankan bahwa jangan fokus pada kesuksesan tetapai pada kegagalan orang lain.

Kenapa? Karena lebih banyak pelajaran berharga dari kisah kegagalan daripada kesuksesan. Dari kegagalan orang lain hendaknya dapat dipetik hikmah dan diharapkan untuk tidak mengulangi tindakan itu, tetapi justru mengevaluasi untuk mengambil tindakan yang lebih cermat.

Baca juga  Ingin Punya Usaha Sendiri ! Inilah Cara Membaca Peluang Bisnis

4. Bersahabatlah Dengan Persaingan

Bersainglah Untuk Menjadi Semakin Kuat. Semua jenis bisnis pasti memiliki kompetitor yang sejenis yang membuat segmentasi pasar menjadi padat dan penuh persaingan. Jika sebagai pebisnis takut akan persaingan, maka menjadi sulit untuk berkembang. Persaingan akan menempa watak dan karakter menjadi tangguh.

Jack Ma menyarankan jangan berfokus pada apa yang dilakukan oleh pesaing anda, tetapi, hendaklah sekecil apapun yang dilakukan untuk bisnis sendiri, lakukanlah dengan semaksimal mungkin. Bisa jadi ketika terus fokus, kompetitor anda menjadi merosot dan usaha yang anda bangun semakin besar.

5. Masa Depan Tetap Cerah

Jack Ma ingin mengajak para pendengarnya untuk jangan mempercayai begitu saja tentang ramalan-ramalan masa depan, karena dalam perspektifnya, tidak ada orang yang benar-benar ahli menebak masa depan dengan benar.

Namun justru malah yang ada adalah mereka yang ahli masa lalu. Maknanya, keraguan-raguan adalah sikap normal dari respon manusia terhadap ketidakpastian, namun jangan jadikan keraguan itu untuk berhenti mencoba dan bergerak.

6. Perhatikan Fase Hidupmu

Pesan terakhir yang bisa dibagikan adalah bahwa setiap fase hidup memiliki tujuan kehidupannya sendiri. Pesan Jack Ma untuk pemuda yang berumur kurang dari 20 tahun adalah jadilah pelajar yang baik.

Saat usia 20 – 30 tahun, mulailah bekerja dengan tekun dan ketahuilah ‘passion’ anda dari apapun level perusahaan anda, baik kecil maupun besar. Fokus untuk mencari pimpinan yang tepat yang bisa mengajarkan dan menuntu banyak hal.

Setelah umur 30 tahun, maka berpikirlah terbuka dan vertikal yang diartikan bahwa jika ingin menjadi ‘bos’ untuk diri sendiri inilah waktu yang tepat untuk mendirikan usaha apapun yang sesuai passion anda yang sebelumnya telah anda dapat.

Baca juga  5 Waralaba Makanan Ini Bisa Menjadi Pilihan

Ketika usia 40an, lakukanlah apa yang sudah anda bangun dengan sungguh-sungguh dan hindari dari tindakan untuk mencoba-coba bisnis baru. Karena bagaimanapun keahlian yang anda miliki pada usia itu adalah yang menjadi sumber penghasilan anda.

Carilah mereka para anak muda yang akan menjalankan usaha anda dengan penuh semangat di usia 50-an. Karena menurut Jack Ma, produktivitas umur segitu sudah banyak menurun, dan lebih baik diserahkan kepada pemuda yang masih punya banyak ide.

Ketika sudah usia senja, lebih dari 60 tahun keatas, lakukanlah apa yang selama ini anda tidak lakukan walaupun itu sepele. Tidak perlu ada deadline kerja, mengatur bisnis turun langsung dan kepadatan aktivitas lainnya. Demikian Tips dan Cara Bisnis Jack Ma Si Raja e-commerce Tiongkok.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *