Ralph Nelson Elliott Pencetus Elliott Wave Theory

  • Share
Profil Ralph Nelson Elliott
Ralph Nelson Elliott

Mikaylabinar.com Ralph Nelson Elliott adalah seorang akuntan dan penulis Amerika, yang menemukan prinsip gelombang dalam pasar saham berdasarkan riset yang dilakukannya dengan menggunakan pola angka Fibonacci.

Prinsip gelombang merupakan suatu bentuk teknikal analisis yang mengidentifikasi suatu tren di pasar keuangan. Dia menemukan bahwa market bergerak dalam pola tertentu, yang oleh para praktisi saat ini disebut sebagai gelombang Elliott.

Elliott lahir di Marysville, Kansas, 28 Juli 1871 kemudian pindah ke San Antonio, Texas dimasa mudanya.

Dia memasuki bidang akuntansi pada pertengahan 1890-an dan bekerja di posisi eksekutif untuk perusahaan kereta api di Amerika Tengah dan Meksiko.

Pada tahun 1903, Elliott menikahi Mary Elizabeth Fitzpatrick (1869–1941), yang menemaninya selama masa kerjanya sebagai ekspatriat di Meksiko.

Kerusuhan sipil di sana membuatnya memutuskan untuk kembali ke Amerika Serikat dan tinggal di New York City, tempat Elliott memulai bisnis konsultasi yang sukses.

Pada tahun 1924, Departemen Luar Negeri Amerika Serikat menunjuk Elliott untuk menduduki jabatan Kepala Akuntan Nikaragua (yang pada saat itu berada di bawah kendali Amerika).

Tidak lama kemudian, Elliott menulis dua buku berdasarkan pengalaman profesionalnya: Tea Room and Cafeteria Management dan The Future of Latin America.

Selama berada di Amerika Tengah, Elliott mengidap penyakit usus yang melemahkan, yang memaksanya pensiun dini pada usia lima puluh delapan tahun.

Tentang waktu ini, dia memutuskan untuk mendedikasikan dirinya untuk mempelajari perilaku pasar saham Amerika.

Pada awal tahun 1930-an, Elliott memulai studi sistematisnya terhadap tujuh puluh lima tahun data pasar saham, termasuk grafik indeks dengan kenaikan mulai dari tahunan hingga setengah jam.

Pada Agustus 1938, dia merinci hasil studinya dengan menerbitkan buku ketiganya (yang ditulis bekerja sama dengan Charles J. Collins), berjudul The Wave Principle.

Elliott menyatakan bahwa, meskipun harga pasar saham mungkin tampak acak dan tidak dapat diprediksi, harga sebenarnya mengikuti hukum alam yang dapat diprediksi dan dapat diukur dan diramalkan menggunakan angka Fibonacci.

Segera setelah penerbitan The Wave Principle, majalah Financial World menugaskan Elliott untuk menulis dua belas artikel (dengan judul yang sama dengan bukunya) yang menjelaskan metode baru peramalan pasar.

Pada awal 1940-an, Elliott memperluas teorinya untuk diterapkan pada semua perilaku kolektif manusia.

Karya besar terakhirnya adalah yang paling komprehensif: Nature’s Law –The Secret of the Universe yang diterbitkan pada bulan Juni 1946, dua tahun sebelum dia meninggal  15 Januari 1948.

Baca juga: Elliot Wave Theory pada pergerakan market

Pada tahun-tahun setelah kematian Elliott, praktisi lain (termasuk Charles Collins, Hamilton Bolton, Richard Russell, dan A.J. Frost) terus menggunakan prinsip gelombang dan memberikan prakiraan kepada investor.

Frost dan Robert Prechter menulis Elliott Wave Principle, diterbitkan pada tahun 1978 (Prechter telah menemukan karya Elliott saat bekerja sebagai teknisi pasar di Merrill Lynch; ketenarannya sebagai peramal selama pasar bullish pada 1980-an membantu membawa prinsip gelombang Elliott ke eksposur terbesarnya. untuk waktu itu).

Ralph Nelson Elliott menjalani kehidupan yang penuh petualangan dan produktif. Dia menikmati karir akuntansi yang sangat sukses, termasuk penunjukan Departemen Luar Negeri AS, jauh sebelum dia menerbitkan buku pertamanya di pasar saham pada usia 67.

Sebuah inspirasi bagi siapa pun yang menghadapi masa-masa tua, kejeniusan Elliott mekar di dekade terakhir hidupnya, ketika dia membawa sebuah karunia pengetahuan yang luar biasa bagi umat manusia.

Teori revolusionernya tentang perilaku pasar saham melampaui batasan biasa yang merupakan karakteristik dari sebagian besar literatur.

Prinsip Gelombang telah memukau para filsuf, ahli matematika, psikolog, teolog, dan pemodal.

Referensi: R.N Elliott Wikipedia (en)

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *