Eric Ries Adalah Pencipta Metode Lean Startup

Eric Ries pencipta metode lean startup
Eric Ries pencipta metode lean startup

Eric Ries adalah seorang pengusaha dan penulis buku terlaris New York Times The Lean Startup, yang terjual lebih dari satu juta kopi dan diterjemahkan ke lebih dari tiga puluh bahasa. Dia menciptakan metodologi Lean Startup yang telah menjadi gerakan global dalam bisnis, dipraktikkan oleh individu dan perusahaan di seluruh dunia

Metode Lean Startup bertujuan untuk meningkatkan fungsi pemasaran dan memperpendek siklus pengembangan produk. Eric juga seorang penulis buku terlaris diantaranya The Leader’s Guide dan The Startup Way yang merupakan kelanjutan dari buku fenomenalnya The Lean Startup

Eric Ries lahir di Amerika Serikat pada 22 September 1978. Ia belajar ilmu komputer di Universitas Yale dan lulus dengan pujian. Dia ikut mendirikan “Perekrutan Katalis” selama masa kuliahnya yaitu platform jaringan online bagi siswa untuk terhubung dengan calon pemberi kerja.

Pada tahun 2007, BusinessWeek menobatkannya sebagai salah satu Pengusaha Muda Terbaik Teknologi. Tahun 2009, ia mendapat penghargaan TechFellow dalam kategori Kepemimpinan Teknik.

Perjalanan Karir

Pada tahun 2001, ia pindah ke Silicon Valley setelah lulus dari perguruan tinggi. Dan memulai karirnya di There Inc. sebagai software engineer. Mereka bekerja hingga 2003 sebelum meluncurkan “There.com.” Dunia virtual dalam 3D yang dapat diakses melalui web. Tapi itu tidak berhasil.

Dia ikut mendirikan IMVU, sebuah situs jejaring sosial, dengan Will Harvey, salah satu pendiri There.com, pada tahun 2004. Steve Blank adalah salah satu investor IMVU. Buku Ries “The Four Steps to the Epiphany” telah disalin.

Ries dan Harvey tidak dapat mengumpulkan dana awal dan terpaksa merilis produk minimum yang layak. Mereka mengumpulkan $ 1 juta dalam putaran pertama pendanaan ventura pada tahun 2006. Pada tahun 2008, ia mengundurkan diri sebagai CEO untuk menjadi CTO perusahaan dan penasihat dewan.

Baca juga  Elon Musk Adalah : Profil dan Bisnisnya

Setelah itu, ia bekerja sebagai penasihat ventura untuk “Kleiner Perkins,” sebuah perusahaan modal ventura. Dalam enam bulan, dia menasihati startup sendiri. Selama waktu itu, ia mengembangkan metodologi lean startup.

Pada tahun 2008, ia mulai menulis blog tentang metodologinya dengan judul “The Lean Startup.” Dia mengabdikan seluruh hidupnya untuk mengajarkan Lean Startup, menjadi pembicara, mengadakan konferensi, penasihat bisnis, dan menulis blog.

Dia diundang untuk berbicara di Web 2.0 Expo dan ditawari posisi sebagai wirausaha di tempat tinggal di Harvard Business School.

Pada tahun 2011, ia menerbitkan “The Lean Startup,” yang menjadi buku terlaris New York Times. Ini harus dibaca oleh setiap calon pengusaha. Tahun 2015, Dia mendirikan “Long Term Stock Exchange”. Pada tahun 2017, dia menerbitkan “The Startup Way,” buku kewirausahaan keduanya.

The Lean Startup

Metodologi “lean startup” Ries dipraktikkan oleh individu, perusahaan, dan pemerintah di seluruh dunia, membantu mereka menciptakan inisiatif kewirausahaan yang lebih sukses dengan mempelajari lebih cepat ide mana yang berhasil dan membuang yang tidak.

Eric Ries menjadi wirausahawan dengan mendirikan sejumlah perusahaan startup, termasuk IMVU. Dia menjabat sebagai CTO IMVU, dan dia telah memberi nasihat tentang strategi bisnis dan produk untuk perusahaan rintisan, perusahaan modal ventura, dan perusahaan besar, termasuk General Electric (GE), yang bermitra dengannya untuk membuat program FastWorks. Eric juga sebagai pendiri dan CEO Bursa Efek Jangka Panjang.

Ries adalah tentang efisiensi, pendekatan startup rampingnya yang didasarkan pada penghapusan praktik yang sia-sia. Dia telah mengakui sifat bisnis yang serba cepat dan betapa pentingnya merangkul produk dan inovasi baru. Ini dapat dengan mudah ditransfer ke MarTech Alliance dan dunia pemasaran yang lebih luas, di mana lanskap berubah dengan cepat.

Baca juga  Joseph Granville Pencipta Indikator OBV

Bagaimana Eric Ries Menghasilkan Uang?

Ini adalah cara-cara berikut di mana ia telah mengumpulkan kekayaan bersih $ 20 juta. Selain sebagai pengusaha, Eric juga sebagai penulis buku, blogger, investor, penasihat untuk perusahaan dan pelatihan online.

Ringkasan

Eric Ries adalah pencipta metodologi Lean Startup dan penulis blog kewirausahaan populer, Startup Lessons Learned. Dia sebelumnya ikut mendirikan dan menjabat sebagai Chief Technology Officer (CTO) IMVU.

Pada tahun 2007, BusinessWeek menobatkan Ries sebagai salah satu Pengusaha Muda Teknologi Terbaik dan di tahun 2009 ia mendapat penghargaan TechFellow dalam kategori Kepemimpinan Teknik. Ia menjabat sebagai dewan penasihat di sejumlah perusahaan rintisan teknologi, dan telah bekerja sebagai konsultan di sejumlah perusahaan rintisan, perusahaan, dan perusahaan modal ventura. Pada tahun 2010, ia menjadi Entrepreneur-in-Residence di Harvard Business School.

Ries menjadi rekan penulis beberapa buku termasuk The Black Art of Java Game Programming (Waite Group Press, 1996). Saat menjadi sarjana di Universitas Yale, ia ikut mendirikan Catalyst Recruiting. Meskipun Catalyst gulung tikar dengan dot-com crash, Ries melanjutkan karir kewirausahaannya sebagai Senior Software Engineer di There, memimpin upaya dalam pengembangan perangkat lunak yang gesit dan konten yang dibuat pengguna.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *