Bisnis  

Bisnis Alat Kesehatan di Masa Pandemi

Bisnis Alat Kesehatan di Masa Pandemi
Bisnis Alat Kesehatan di Masa Pandemi

Alat kesehatan merupakan hal yang erat hubungannya dalam kehidupan sehari-hari. Perputaran kebutuhan membuat bisnis alat kesehatan tetap eksis hingga saat ini

Apalagi pandemi Virus COVID 19 yang masih berlangsung sampai sekarang membuat masyarakat harus memperhatikan alat kesehatan yang mereka gunakan.

Berdasarkan hal tersebut, banyak di antaranya berdiri jenis usaha di bidang kesehatan yang menawarkan alat kesehatan di masa pandemi.

Bisnis alat kesehatan ini sudah menjadi sangat menjanjikan karena meningkatnya penggunaan alat kesehatan untuk menangkal virus COVID 19.

Peluang Bisnis Alat Kesehatan di Masa Pandemi

Peluang bisnis alat kesehatan yang bisa diambil yaitu dengan mengikuti beberapa langkah tepat berikut. Di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Menyiapkan Sumber Modal

Dalam mempersiapkan ide usaha, modal menjadi hal yang paling utama harus dipikirkan. Sedikit atau banyaknya modal yang miliki bergantung pada pengelolaan pembiayaan usaha.

Modal awal sebagai modal awal usaha harus dikeluarkan dengan budget seminimal mungkin. Oleh karenanya, maka perlu melakukan survey pasar terlebih dahulu sebelum melakukan pembelian alat kesehatan.

2. Melakukan Riset Pasar dan Lokasi Usaha

Riset pasar diperlukan untuk mengetahui target konsumen. Selama riset pasar, tentu harus benar-benar mengetahui bagaimana perputaran kebutuhan atas alat kesehatan serta daya beli konsumen.

Setelah mengetahui target pasar, maka bisa menentukan lokasi yang strategis. Seperti halnya dekat rumah sakit atau klinik.

Jika tidak bisa, maka cukup mencari lokasi yang strategis dan mudah dijangkau oleh banyak orang untuk bisnis alat kesehatan.

Baca juga  Rasio Likuiditas Manfaat dan Jenisnya dalam Bisnis

3. Mengurus Perizinan Usaha

Perizinan usaha di bidang kesehatan perlu diurus ke Dinas Kesehatan setempat dengan langkah berikut:

  • Menyerahkan permohonan izin operasi usaha kepada Dinas Kesehatan setempat.
  • Survey yang akan dilakukan pihak Dinas Kesehatan untuk memeriksa NPWP, Surat Izin Usaha, Domisili serta kelengkapan administrasi lainnya.
  • Pembuatan BAP (Berita Acara pemeriksaan) oleh petugas.
  • Pembuatan laporan keputusan pemberian izin oleh petugas.

4. Kualitas Pelayanan Usaha

Pelayanan usaha menjadi hal yang penting untuk diperhatikan. Maka harus menyediakan produk dengan harga terjangkau juga kualitas yang bagus. Pastikan pelanggan memiliki kepuasan terhadap pelayanan.

5. Teknik Promosi Pada Bisnis Alat Kesehatan

Perkembangan usaha tidak luput dari strategi marketing yang dilakukan oleh pemilik usaha. Teknik promosi menjadi hal yang perlu dimasukan sebagai langkah menggaet konsumen lebih banyak.

Adapun teknik promosi yang bisa dilakukan yaitu dengan langkah-langkah berikut yang bisa dilakukan serta efektif untuk menarik konsumen dalam menjalankan bisnis ini. Di antaranya dengan:

  • Mengadakan diskon pembelian
  • Pemberian voucher terhadap pembelian dengan limit tertentu
  • Hadiah atau bonus
  • Undian

Info lain : Cara Promosi Produk Secara Langsung

Alat Medis yang Laku di Pasaran

Kebutuhan pasar akan peralatan medis sangatlah banyak. Namun, secara spesifik di masa Pandemi ini terdapat peralatan kesehatan yang banyak dibutuhkan oleh masyarakat.

Peralatan medis yang dimaksud bisa dijadikan sebagai referensi untuk menambah stok yang lebih banyak. Apa saja peralatan pentingnya? Di antaranya adalah:

  • Supply Vitamin
  • Masker
  • Oksigen
  • Handsanitizer
  • Baju APD

Memilih Supplier Bisnis Alat Kesehatan

Dalam melakukan bisnis ini, maka perlu mengenali supplier yang bisa diajak kerjasama. Berikut tips memilih supplier alat kesehatan untuk bisnis:

  1. Pastikan harga yang ditawarkan terjangkau
  2. Selalu memiliki stok alat kesehatan untuk memenuhi permintaan pasar
  3. Pastikan supplier memiliki lisensi supplier alat kesehatan
  4. Pastikan alat kesehatan yang ditawarkan untuk dijual memiliki kualitas yang bagus
  5. Lakukan negosiasi harga
  6. Gunakan MOU sebagai pengikat kerjasama
Baca juga  Tips Manajemen Keuangan yang Bisa Anda Terapkan Dalam Usaha

Memanfaatkan peluang bisnis alat kesehatan merupakan satu kesempatan emas yang sangat sayang untuk dilewatkan. Asal ada modal cukup maka bisa mengerjakan bisnis ini dan pasti berhasil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *