Bisnis  

4 Peluang Bisnis di Bidang Pendidikan Ini Bisa Dicontoh

Bisnis di Bidang Pendidikan Berikut Bisa Dicontoh
Bisnis di bidang pendidikan

Memulai bisnis di bidang apa saja harus dilakukan dengan penuh keberanian. Misalnya seseorang memiliki kemampuan akademik, maka tidak ada salahnya untuk mencoba bisnis di bidang pendidikan yang menjanjikan. Semua bisnis yang dimulai dengan keyakinan dan keberanian maka akan sukses.

Oleh karena itu tidak ada salahnya untuk membuka usaha di bidang jasa pendidikan. Ada banyak contoh bisnis yang bisa seseorang lakukan di bidang pendidikan. Beberapa contoh bisnis berikut ini bisa menjadi gambaran atau alternatif untuk memulai usaha. 

Bisnis di Bidang Pendidikan

Ada beberapa bisnis yang bisa dijalankan di bidang pendidikan. Bisnis bidang pendidikan ini juga ada yang tidak membutuhkan modal besar. Oleh sebab itu cobalah untuk melakukan bisnis-bisnis berikut.

1. Menjadi Pengajar Les atau Kursus

Apakah memiliki bakat akademik seperti bisa berbahasa Inggris dengan baik? Maka tidak ada salahnya untuk mencoba membuka les kursus Bahasa Inggris. Sebagai guru private, les bisa dilakukan dengan membuka tempat kursus sendiri di rumah atau pergi langsung ke rumah-rumah.

Sebagai langkah awal, yang bisa dilakukan adalah dengan mempromosikan atau menawarkan diri kepada tetangga atau keluarga bahwa ada les private Bahasa Inggris. Tentu hal ini sangat bisa dijadikan sebagai peluang usaha yang menjanjikan.

Mengingat kebutuhan akan bahasa asing masih sangat diperlukan bahkan untuk melamar pekerjaan. Adanya les Bahasa Inggris akan membantu untuk menambah pemasukan, jadi tidak hanya menjadi guru di sekolah saja.

Misalnya sambil menjadi guru di sekolah saat pagi sampai siang hari, selebihnya membuka kursus Bahasa Inggris di rumah saat sore hari atau akhir pekan. Atau jika memiliki kelebihan di bidang mata pelajaran, hal itu juga bisa dijadikan sebagai peluang usaha.

Baca juga  Ide Bisnis Modal Kecil dengan Keuntungan Yang Besar

Kebutuhan akan les tambahan di luar jam sekolah juga sangat penting karena terkadang ada murid yang tidak paham jika hanya belajar di sekolah saja. Hal ini juga dapat digunakan untuk membantu meningkatkan prestasi belajar dari siswa.

2. Membuka Toko Seragam Sekolah

Bisnis di bidang pendidikan yang berikutnya adalah membuka toko seragam sekolah atau toko alat tulis. Kebutuhan akan alat tulis semakin hari semakin bertambah apalagi saat semester awal, tentu membutuhkan alat tulis yang baru.

Menjadi seorang pemilik toko seragam sekolah juga tidak ada salahnya, karena murid baru pasti membutuhkan seragam baru. Selain itu cobalah juga untuk menjual perlengkapan sekolah yang lain seperti peralatan pramuka, spidol, kapur tulis, papan kecil dan sebagainya.

Apalagi jika membangun bisnis di tempat yang strategis pasti toko akan laris manis. Selain menjual seragam dan perlengkapan lain, cobalah juga untuk menjual buku-buku cerita bergambar atau buku pelajaran. Sangat banyak yang membutuhkan buku tambahan pelajaran seperti RPAL dan RPUL.

3. Membuka Jasa Kursus Komputer

Jasa kursus komputer juga masih dibutuhkan sampai saat ini. Ada banyak anak yang ingin belajar komputer tetapi orangtuanya tidak bisa. Apalagi biasanya anak sekolah membutuhkan komputer atau laptop sebagai kegiatan penunjang untuk belajar.

Hal ini bisa menjadi kesempatan emas untuk membuka usaha les kursus komputer. Sama seperti les kursus bahasa asing, cobalah untuk menawarkan terlebih dahulu ke orang-orang terdekat baru ke tetangga. Untuk komputernya sebaiknya disediakan terlebih dahulu atau bisa menggunakan laptop.

4. Jasa Fotocopy

Bisnis di bidang pendidikan yang berikutnya adalah bergerak di bidang usaha fotocopy. Jasa ini sangat dibutuhkan mengingat kebutuhan untuk mengerjakan tugas semakin meningkat dan tidak semua orang memiliki mesin fotocopy atau printer.

Baca juga  Inilah Peluang Bisnis Masa Pandemi

Oleh sebab itu tidak ada salahnya untuk membuka bisnis ini. Bukalan toko di tempat-tempat yang strategis seperti di sekitaran kampus atau sekolah.

Sudah ada banyak ide bisnis di bidang pendidikan yang bisa dimanfaatkan jika ingin memulai usaha. Jangan lupa untuk menggencarkan kegiatan promosi agar bisnis bisa semakin berkembang. Pastikan juga lokasi bisnis strategis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *