Health  

Khasiat Buah Anggur Untuk Kesehatan

Macam-macam Khasiat Buah Anggur Untuk Kesehatan
Macam-macam Khasiat Buah Anggur Untuk Kesehatan

Khasiat buah anggur- Anggur ternyata memiliki banyak khasiat dan jika dikonsumsi setiap hari tentunya kesehatan yang didapat dalam tubuh Anda petir cukup sedikit. Tidak ingin melihat tubuh Anda selalu sehat?

Beberapa orang yang mungkin tidak tahu jika buah kecil ini memiliki banyak manfaat yang sangat melimpah untuk kesehatan tubuh, termasuk menjaga kesehatan mata dan melawan kanker.

Seperti diketahui bahwa ada banyak manfaat yang bisa didapatkan dengan mengkonsumsi anggur secara langsung, atau anggur yang telah diolah.

Misalnya, anggur diolah menjadi jus, jeli, selai dan lain-lain. Jika anggur telah diproses seperti ini, maka manfaatnya menjadi hasil kesehatan yang lebih dan maksimal.

A. Kandungan Anggur

Secara umum, kadar air dalam anggur adalah 70 persen air, dan gula adalah 20 persen, 10 persen dari kandungan lainnya dalam bentuk asam galat, asam folat, glukonsida, dan sejumlah vitamin, mangan, zat besi dan kalsium. Nah, itulah jenis zat harimau yang terkandung dalam anggur merah.

Selain itu, anggur merah juga mengandung antioksidan; polifenol dan resveratol. Berbagai kandungan dalam anggur membuat warna anggur begitu merah dan begitu istimewa.

Dilansir dari berbagai sumber, anggur merah memiliki banyak manfaat. Banyak manfaat kesehatan adalah apa yang membuat anggur merah mahal. Tidak hanya itu, anggur merah hanya menghasilkan buah setahun sekali, sehingga sulit ditemukan.

Manfaat pertama dari anggur merah, yang dapat menurunkan berat badan. Hal ini disebabkan oleh kandungan senyawa antioksidan flavonoid yang terkandung dalam anggur merah.

Baca juga  Manfaat Terapkan Budaya Hidup Sehat

B. Khasiat Buah Anggur

Dengan mengkonsumsi sekitar 125 gram atau satu cangkir, itu setara dengan 100 kalori. Tidak buruk, anggur merah ini bisa menjadi solusi alternatif untuk program diet sehat. Berikut khasiat buah anggur:

1. Menjaga Kesehatan Mata

Selain itu, manfaat anggur merah, yaitu untuk kesehatan mata. Mengapa? Karena anggur merah diaduk dengan lutein dan zeaxanthin. Kedua antioksidan ini sangat penting untuk kesehatan mata.

Lutein dan zeaxanthin dapat membantu menyaring gelombang cahaya berbahaya, seperti gelombang cahaya biru dari smartphone.

Menurut beberapa penelitian, hasil menunjukkan bahwa mengkonsumsi anggur secara teratur dapat mencegah gangguan mata, terutama di retina mata, misalnya, seperti degenerasi makula.

Yang penting untuk diketahui juga bahwa konsumsi ekstrak biji anggur dapat mengurangi stres pada mata.

2. Menjaga Kesehatan Kulit

Selain kesehatan mata, manfaat anggur merah lainnya adalah untuk kesehatan kulit. Hal ini disebabkan tingginya kandungan air yang terkandung dalam anggur merah, oleh karena itu anggur merah jika dikonsumsi secara teratur dapat membuat kulit lebih sehat.

3. Memperlambat Penuaan Dini

Manfaat anggur merah yang ketiga adalah mampu melawan penuaan. Oleh karena itu, anggur merah bisa menjadi alternatif untuk terlihat muda.

4. Melawan Penyakit Kanker

Minum anggur merah juga bisa menjadi cara untuk melawan kanker. Kandungan antioksidan yang tinggi dalam anggur merah sangat baik untuk mencegah dan melawan sel kanker dalam tubuh.

Adapun kanker yang bisa dicegah dengan mengkonsumsi anggur merah, yaitu paru-paru, mulut, kanker rahim, kanker faring, kanker pankreas, kanker usus besar hingga kanker prostat.

Menurut hasil penelitian oleh National Cancer Institute menemukan bahwa ekstrak di kulit anggur merah juga mengandung polifenol. Ekstrak ini sangat ampuh dalam mencegah pertumbuhan sel kanker dalam tubuh manusia.

Baca juga  Inilah Penyakit Akibat Begadang yang Buruk Bagi Tubuh

5. Menyegarkan Otak

Manfaat utama anggur merah, yang dapat menjaga otak menjadi lebih sehat. Hal ini disebabkan kandungan resveratrol yang dapat mengedarkan darah ke otak dengan begitu lancar.

Otak membutuhkan darah sebagai salah satu sumber oksigen dan nutrisi yang bekerja dengan baik.

Penelitian di Jerman telah menunjukkan bahwa resveratrol dapat memperkuat memori. Selain itu, penelitian menunjukkan bahwa buah-buahan yang mengandung antioksidan dapat mengurangi stres oksidatif untuk menunda penuaan.

Manfaat lain dapat meningkatkan kinerja memori verbal, fungsi motorik, dan mungkin lebih besar daripada gangguan saraf otak. Misalnya, penyakit Alzheimer.

Info lain: 9 Manfaat Rebung Untuk Kesehatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *