Health  

9 Manfaat Rebung Untuk Kesehatan

9 Manfaat Rebung Untuk Kesehatan
Rebung atau Bambu Muda

Manfaat rebung untuk kesehatan- Ternyata banyak sekali tanaman di sekitar kita yang bila dikonsumsi bisa memberikan banyak sekali manfaat bagi kesehatan, yang tidak harus mahal dan susah dicari.

Rebung sebagai contoh salah satunya, atau dalam bahasa latin disebut sebagai Dendroclamus Asper sudah sangat sering dijadikan bahan untuk membuat sayur bagi masyarakat Indonesia, selain itu juga sering dijadikan isian untuk lumpia dengan dicampur telur atau daging.

Ternyata banyak penelitian mengungkapkan kandungan nutrisi yang sangat luar biasa pada rebung ini, misal saja rebung kaya akan vitamin, antioksidan, serat, protein, mineral dan begitu juga kandungan lemak yang rendah.

A. Kandungan Rebung

Rebung atau bambu muda ini memiliki kandungan vitamin yang tinggi terutama vitamin A, B6, C dan E belum lagi kandungan kalium, kalsium, zat besi, folat, tembaga, mangan, niasin, selenium, fosfor, magnesium dan tiamin.

Begitu juga menurut beberapa sumber rebung memiliki kemampuan untuk mencegah kanker, anti-inflamasi dan anti bakteri karena juga mengandung phytochemical seperti lignan dan asam fenolik.

Cara penyajian rebung juga bisa dilakukan dengan berbagai cara termasuk digoreng, direbus atau dikukus. Tentunya dikukus dan direbus lebih baik dikonsumsi daripada digoreng karena tidak menggunakan minyak goreng.

B. Manfaat Rebung Untuk Kesehatan :

Banyak jenis hidangan yang bisa ditambahkan rebung misalnya pangsit, sup, salad, semur, timlo dan lainnya. Berikut dirangkum dari beberapa sumber manfaat rebung untuk kesehatan.

Baca juga  Manfaat Jalan Kaki Untuk Kesehatan

1. Memperbaiki Sel-sel Tubuh

Ini dikarenakan tingginya kandungan protein dari rebung yang memang bermanfaat untuk regenerasi sel atau memperbaiki sel-sel tubuh yang sudah rusak. Kandungan protein dalam rebung ternyata terdiri dari 17 asam amino esensial, begitu juga dua asam amino non-esensial.

Untuk orang yang dalam masa pemulihan pasca operasi membutuhkan banyak asupan protein sehingga sangat cocok mengkonsumsi rebung. Selain untuk orang dalam pasca pemulihan, ibu menyusui dan hamil juga baik untuk mengkonsumsi rebung karena dapat memelihara jaringan tubuh.

2. Menurunkan Kadar Kolesterol

Kadar kolesterol jahat atau biasa dikenal dengan singkatan LDL, dapat diturunkan dengan rebung karena serat yang tinggi. Manfaat lainnya juga bisa mencegah terserangnya penyakit jantung karena dapat mencegah aterosklerosis (penumpukan kolesterol dalam darah).

3. Menurunkan Kadar Gula Dalam Darah

Sekitar 2,5 gram per 100 gram jumlah yang ditemukan dalam rebung, yang mana jumlah gula ini sebenarnya lebih rendah dari kadar gula yang ditemukan dalam buah-buahan dan sayur-sayuran pada umumnya. Artinya, bagi penderita diabetes sangat aman untuk dikonsumsi yang dapat mengontrol dan menurunkan kadar gula dalam darah.

4. Mencegah Pertumbuhan Sel Kanker

Beberapa penelitian mendukung bahwa pertumbuhan sel kanker dapat dicegah dan dihambat melalui konsumsi ekstrak dari rebung. Kandungan antioksidan yang tinggilah yang memungkinkan ini terjadi. Apalagi dengan menerapkan hidup sehat seperti olahraga rutin, istirahat cukup dan makan makanan sehat dapat menurunkan risiko terkena kanker.

5. Menyehatkan Pencernaan

Serat yang tinggi pada rebung juga sangat baik untuk pencernaan dan juga dapat menjaga pencernaan dari gangguan. Prebitotik yang tinggi juga dapat mendukung pertumbuhan bakteri yang baik dalam saluran pencernaan. Diketahui bahwa jumlah serat dalam rebung adalah sekitar 6-8 gram per 100 gram sehingga baik untuk pergerakan usus.

Baca juga  Daftar Sayuran Untuk Menurunkan Berat Badan yang Patut Dicoba

6. Mengatur Tekanan Darah

Tekanan darah tinggi dapat juga dihindari dari konsumsi rebung karena tingginya potasium yang dapat menguatkan jantung, sehingga jantung lebih sehat. Seperlima jumlah potasium yang dianjurkan dalam makanan, ada dalam seporsi rebung yang disajikan. Begitu juga, kalium yang bertindak sebagai elektrolit juga dapat menjaga tekanan darah.

7. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Vitamin, mineral, protein dan antioksidan yang terkandung dalam rebung juga sangat baik untuk menangkal berbagai penyakit seperti flu, demam dan penyakit yang disebabkan virus. Untuk dapat meningkatkan daya tahan tubuh diharuskan mengkonsumsi makanan yang begizi termasuk rebung secara rutin.

8. Mencegah Penyakit Kardiovaskular

Penyakit kardiovaskular seperti penyakit jantung, stroke dan darah tinggi disebabkan karena kurangnya vitamin, protein, kalium, serat dan antioksidan dalam tubuh. Sementara rebung memiliki kandungan yang tinggi pada nutrisi yang disebutkan tadi.

9. Menjaga Berat Badan Ideal

Manfaat terakhir adalah dapat menjaga berat badan karena rebung itu adalah makanan yang rendah lemak dan kalori. Bagi orang yang sedang menjalankan diet, rebung sangat baik untuk dijadikan hidangan selain karena rendah kalori dan lemak, juga tinggi protein, vitamin dan mineral yang dibutuhkan dalam program diet.

Demikian beberapa manfaat yang begitu banyak didapatkan dari mengkonsumsi rebung bagi kesehatan. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *