Federal Reserve Act dibentuk dan Transplantasi Ginjal Pertama

Now You Know – 23 Desember: Pelantikan Paus Bonafatius V, Penjarahan Aleppo oleh Nikephoros Phokas, Federal Reserve Act dibentuk dan Transplantasi Ginjal Pertama
Federal Reserve Act

Halo sobat Mibi hari ini tanggal 23 Desember tercatat dalam sejarah dunia beberapa peristiwa penting yang menarik untuk disimak bersama sebagai tambahan pengetahuan umum diantaranya adalah Pelantikan Paus Bonafatius V, penjarahan Aleppo, pembentukan Federal Reserve Act dan transplantasi ginjal pertama yang berhasil

Paus Bonafatius V

Bonafatius terpilih menjadi Uskup Roma pada tanggal 23 Desember 619 yang memegang jabatan hingga kematiannya. Semasa menjabat itu Paus Bonafatius telah menetapkan sebuah dekrit yang memperbolehkan gereja untuk menjadi tempat penampungan dan perlindungan para kriminal.

Tidak ada yang banyak diketahui dari sosok Bonafatius ini sebelum menjadi Paus, yang lahir di Naples. Ia terpilih untuk menggantikan Adeodatus I setelah kematiannya pada November 618, tetapi tiga belas bulan sede vacante terjadi sebelum pemilihan itu diratifikasi oleh pemerintah kekaisaran di Konstantinopel. Sede Vacante merupakan istilah kekosongan tahta episkopal tanpa uskup.

Bonifasius membuat undang-undang tertentu sehubungan dengan hak-hak suaka, dan bahwa ia memerintahkan notaris gerejawi untuk mematuhi hukum kekaisaran tentang masalah surat wasiat. Bonifasius menyelesaikan dan menguduskan pemakaman Santo Nicomedes di Via Nomentana.

Penjarahan Aleppo

Sebuah aksi penjarahan di masa lampau terjadi yang melibatkan Nikephoros Phokas dibawah Kekaisaran Byzantium (Byzantine) di kota aleppo. Kota ini pada saat itu merupakan pusat pergerakan dari Hamdanid yang merupakan musuh terbesar Byzantium.

Beberapa tahun sebelumnya Hamdanis telah memenangkan kota Aleppo di sisi utara. Sebelumnya merupakan sebuah kota sayap pergerakan dari Kekaisaran Byazantium. Dibawah Hamdani menjadi pusat kegiatan kebudayaan dengan dapat menyelenggarakan peradilan secara mandiri.

Selama berpuluh-puluh tahun telah terjadi peperangan yang tiada henti antara kedua kubu itu yang sebenarnya mewakili kelompok masing-masing yaitu Hamdanid dari muslim dan Byzantium dari kristen.

Baca juga  Phising Adalah Inilah Arti dan Jenisnya

Salah satu kekalahan dialami Byzantium membuat bagian dari kekaisaran itu bubar, dan mengakibatkan naiknya Nikephoros Phokas menggantikan Bardas Phokas. Dari hal ini maka perseteruan kedua kelompok semakin membesar.

Beberapa perperangan terjadi, yang puncaknya adalah di bulan Desember. Dimana pasukan Byzantium berhasil merangsek kedalam kubu Hamdani. Yang saat itu juga sebenarnya telah banyak menelan kekalahan, sheingga pusat kotanya tidak terlindungi dengan baik.

Akhirnya di tanggal 23 Desember 962, Nikophoros telah memerintahkan untuk segera menyerang istana Hamdani. Dengan menjarah emas yang begitu banyak meruntuhkan bangunannya lalu dibakar benteng-bentengnya.

Atas kemenangan itu Byzantium mendapatkan sekitar 10 ribu budak sebagai tawanan yang kebanyakan pria, serta perak, lebih dari 2000 untak dan ratusan keledai.

Federal Reserve act

Presiden Woodrow Wilson menandatangani sebuah Undang-undang tentang sistem perbankan di Amerika Serikat pada tanggal 23 Desember 1913. Hal ini dilatarbelakangi karena AS waktu itu belum memiliki sistem perbankan yang paten karena kepanikan ekonomi di tahun 1907.

Adanya perdebatan dimana antara swasta atau pemerintah yang harus mengontrol sistem perbankan. Membuat RUU ini dibahas untuk mengambil jalan tengah agar segera dijadikan landasan dalam hal perbankan.

Dengan terciptanya UU itu maka 12 Bank Federal tergabung untuk sama-sama  bertanggungjawab untuk mengelola pasokan uang negara, memberikan pinjaman dan memberikan pengawasan kepada bank, dan melayani sebagai pemberi pinjaman pilihan terakhir.

Undang-undang Federal Reserve menciptakan mata uang nasional dan sistem moneter yang dapat merespons tekanan dalam sistem perbankan secara efektif dan menciptakan sistem keuangan yang stabil.

Dengan tujuan menciptakan sistem moneter nasional dan stabilitas keuangan. Undang-Undang Federal Reserve juga menyediakan banyak fungsi dan layanan keuangan lainnya bagi perekonomian. Seperti kliring dan penagihan cek untuk semua anggota Federal Reserve.

Baca juga  Perang Dagang Adalah: Definisi dan Dampaknya

Transplantasi Ginjal Pertama Berhasil

Transplantasi ginjal adalah transplantasi organ ginjal ke pasien dengan penyakit ginjal stadium akhir (ESRD). Sebelum menerima transplantasi ginjal, seseorang dengan ESRD harus menjalani evaluasi medis menyeluruh. Ini untuk memastikan bahwa mereka cukup sehat untuk menjalani operasi transplantasi.

Jika mereka dianggap sebagai kandidat yang baik, mereka dapat ditempatkan pada daftar tunggu untuk menerima ginjal dari donor yang sudah meninggal. Begitu mereka ditempatkan di daftar tunggu, mereka dapat menerima ginjal baru dengan sangat cepat, atau mereka mungkin harus menunggu bertahun-tahun.

Transplantasi pada 23 Desember 1954 di Rumah Sakit Brigham, dilakukan oleh Joseph Murray, J. Hartwell Harrison, John P. Merrill dan lain-lain.

Prosedur itu dilakukan antara kembar identik Ronald dan Richard Herrick yang mengurangi masalah reaksi kekebalan. Untuk pekerjaan ini dan selanjutnya, Dr. Murray menerima Hadiah Nobel untuk Kedokteran pada tahun 1990. Penerimanya, Richard Herrick, meninggal delapan tahun setelah transplantasi.

Pada tahun 1933 sebenarnya sudah dilakukan transplantasi ginjal yang didapatkan dari pendonornya 6 jam sebelumnya oleh dr. Yurir Vorony. Dia mengukur fungsi ginjal menggunakan koneksi antara ginjal dan kulit. Pasien pertamanya meninggal dua hari kemudian, karena cangkok tidak sesuai dengan golongan darah penerima dan ditolak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *