Cara Membuka File ZIP di Android dengan Aplikasi

Cara Membuka File ZIP di Android dengan Aplikasi
Cara Membuka File ZIP di Android dengan Aplikasi

Anda pasti pernah merasa kesulitan membuka file ZIP di HP android yang dikirim lewat aplikasi whatsapp, email atau lainnya. Kami akan berbagi dengan anda bagaimana cara membuka file zip di android dengan menggunakan aplikasi

File zip yang di share di media sosial seperti whatsapp sulit untuk dibuka. Hal ini dikarenakan file ZIP yang ditransfer memiliki ukuran besar yang menguras banyak ruang penyimpanan di HP. Bahkan, kadang-kadang file ZIP yang dikirim ke HP tidak bisa dibuka karena kurang dari 60 MB.

Bagi Anda yang mengalami hal tersebut, solusi mengatasinya sangat mudah. Hanya memerlukan aplikasi tambahan yang sengaja dirancang untuk mengatasi masalah tersebut dengan mendwonload lewat playstore.

Oleh karena itu, dibawah ini merupakan rekomendasi aplikasi membuka file ZIP android. Dengan aplikasi berikut Anda dapat mengecilkan ukuran, mengompress pada jenis file lainnya dan fungsi lainnya. Yaitu:

Cara Membuka file zip di Android Aplikasi

Berikut ini 7 Aplikasi Membuka File ZIP di Android Terbaik, yang bisa anda gunakan untuk membaca file zip di gadget android anda:

1. Document Viewer PDF, DOC, ZIP

Aplikasi Android  pertama yang dapat digunakan untuk membuka file ZIP adalah Document Viewer PDF, DOC, ZIP. Aplikasi ini dirancang untuk memudahkan pengguna dalam membaca, menampilkan, dan berbagi berbagai jenis file dokumen hanya dengan satu kali klik.

Baca juga  Bagaimana Konversi JPG Ke Word Mendefinisikan Ulang Pengeditan Dokumen

Format-file yang didukung oleh aplikasi ini meliputi ZIP, PDF, teks, Excel, Word, Sheet, dan format-file lainnya. Selain itu, aplikasi ini juga memungkinkan pengguna untuk mencetak langsung dari perangkat Android ke printer melalui aplikasi yang disediakan.

2.  ZArchiver

Aplikasi kedua untuk membuka file ZIP di Android adalah ZArchiver. Dengan menggunakan aplikasi ini, Anda dapat dengan mudah membuka file ZIP di perangkat Android Anda. Selain itu, aplikasi ini secara teratur diperbarui untuk meningkatkan kecepatan proses ekstraksi file.

Yang menarik dari aplikasi ini, Anda tidak perlu melakukan root pada smartphone Anda untuk mengompres file ZIP berukuran besar melalui aplikasi ini. Dengan demikian, Anda tidak perlu menginstal aplikasi root Android tambahan untuk menggunakan ZArchiver.

3. Zip File Reader – Fast Zip & U

Aplikasi selanjutnya untuk membuka file ZIP di Android adalah Zip File Reader – Fast Zip & U. Dengan menggunakan aplikasi ini, Anda dapat membuka file ZIP dengan meng-ekstraknya. Selain itu, Anda juga dapat mengompres file yang berukuran besar.

Aplikasi ini mendukung kompresi file seperti Doc, Xlsx, PPT, PPT, Docx, dan format-file lainnya. Kelebihan lain dari aplikasi ini adalah kemampuannya untuk membuka dan mengekstrak file RAR, serta mendukung berbagai format file seperti GZ, XZ, 7z, ISO, BZ2, dan lainnya.

4. AZIP Master: ZIP / RAR, Unzip

Selanjutnya untuk membuka file ZIP di Android adalah AZIP Master: ZIP / RAR, Unzip. Aplikasi ini memiliki popularitas tinggi karena kemampuannya dalam mengkompres file ZIP, RAR, dan 7Z dengan mudah.

Aplikasi ini tidak hanya berfungsi untuk kompresi, pengguna juga dapat mengoperasikan untuk mengelola file-file tersebut. Anda dapat membuat, mengubah format, dan menyimpan file dengan ukuran yang besar, serta melakukan berbagai fungsi lainnya. Selain itu, aplikasi ini juga terintegrasi langsung dengan layanan penyimpanan awan seperti Google Drive, Dropbox, dan berbagai layanan lainnya.

Baca juga  Game PS2 Terbaik Di Android

5. UnZip Rar Extractor Zip Opener

Aplikasi selanjutnya untuk membuka file ZIP adalah UnZip Rar Extractor Zip Opener. Seperti aplikasi lainnya, melalui aplikasi ini, Anda dapat membuka dan mengekstrak file dengan format ZIP. Selain format ZIP, Anda juga dapat mengekstrak file dengan format 7Z menggunakan aplikasi ini. Berbagai jenis file dapat diekstrak dalam format ZIP dan 7Z, termasuk DOC, XLS, XLSX, PPT, PDF, dan lain-lain.

Selain itu, aplikasi ini juga memungkinkan Anda untuk memberikan password pada file penting. Penting untuk menciptakan password yang aman untuk keamanan data Anda.

6. AZIP: ZIP/RAR/7z Extractor

Aplikasi selanjutnya untuk membuka file ZIP di Android adalah AZIP: ZIP/RAR/7Z Extractor. Jika Anda mengalami kesulitan dalam membuka file dengan format ZIP, aplikasi ini dapat digunakan untuk melakukan ekstraksi terlebih dahulu.

Selain itu, kelebihan dari aplikasi ini, Anda juga dapat mengelola file-file tersebut dan melakukan kompresi untuk mengurangi ukurannya. Berbagai format file seperti RAR, APK, 72, ZIP, dan lain-lain dapat dikompres dan diekstrak melalui aplikasi ini.

7. ALZip – File Manager & Unzip

Aplikasi terakhir untuk membuka file ZIP adalah ALZip – File Manager & Unzip. Aplikasi ini memiliki fungsi utama sebagai pengelola file dengan menyediakan fitur kompresi dan ekstraksi file.

Selain itu, aplikasi ini juga berguna untuk membuka, menyalin, memindahkan, menghapus, dan mengganti nama file. Aplikasi ini dapat digunakan untuk mengompres file dalam format ZIP, EGG, dan ALZ, sementara untuk mengekstrak file, mendukung format-file seperti ZIP, RAR, EGG, 7Z, BZ2, dan lain-lain. Menariknya, aplikasi ini juga mampu mengompres file berukuran lebih dari 4GB menjadi ukuran yang lebih kecil.

Baca juga  5 Aplikasi Keyboard Android yang Bagus untuk Mengetik

Sekian untuk rekomendasi aplikasi membuka aplikasi file ZIP di android. Melalui daftar yang disebutkan diatas semoga membantu dan menemukan aplikasi yang cocok untuk kebutuhan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *