Gadget  

Jangan Salah Paham! Smart TV dan Android TV itu Beda, Simak Penjelasan Berikut

Jangan Salah Paham! Smart TV dan Android TV itu Beda, Simak Penjelasan Berikut
Jangan Salah Paham! Smart TV dan Android TV itu Beda, Simak Penjelasan Berikut (Ilustrasi - Pixabay)

Smart tv dan android tv- Perkembangan teknologi sekarang sudah sangat maju membuat begitu banyak terobosan-terobosan dalam hal elektronik.

Salah satunya adalah televisi, yang dulu dikenal hanya TV tabung yang berukuran sangat besar dan gambarnya masih belum begitu tajam.

Kemudian beralih ke TV semi digital yang menawarkan gambar yang lebih terang dan desain yang lebih ramping, walaupun masih juga terasa berat. Sekarang ini sudah lebih canggih dengan adanya TV LED, Smart dan Android.

Khusus untuk yang dua terakhir ini banyak orang yang mengira keduanya memiliki menu yang sama, teknologi yang sama dan sama-sama bisa disambungkan dengan internet.

Namun sebenarnya baik Smart TV dan Android TV memiliki perbedaan dasar dalam hal interface, update aplikasi dan sistem operasi.

SMART TV

Jangan Salah Paham! Smart TV dan Android TV itu Beda, Simak Penjelasan Berikut
Tampilan Smart TV

Biasa juga disebut sebagai TV pintar karena TV jenis ini tidak hanya bisa dipakai untuk menonton TV seperti biasanya, tetapi bisa untuk memutar film dengan disambungkan USB, terkoneksi dengan internet dan penggunaan beberapa aplikasi hiburan lainnya.

Smart TV memungkinkan melakukan itu semua karena menggunakan sistem operasi seperti dari Linux, WebOS, Tizen dan HomeOS. Sistem operasi ini yang memungkinkan Smart TV bisa digunakan untuk menonton melalui Netflix, YouTube, memutar berbagai jenis data film dan sebagainya.

Smart TV pasti sudah memiliki sambungan baik dengan WiFi atau dengan kabel port internet sehingga bisa untuk menonton film, lagu atau video apapun secara streaming.

Bahkan untuk beberapa jenis Smart TV, sudah bisa digunakan untuk membuka situs atau browser yang diinginkan dan ada yang bisa untuk main game.

Baca juga  Spesifikasi Oppo Reno 4F, Oppo A33, Oppo Reno4 pro 2021

Keunggulan:

Tampilan atau interface secara keseluruhan dari jenis ini cukup sederhana dan mudah untuk dioperasikan baik oleh anak-anak atau dewasa.

Satu device bisa digunakan untuk menjalankan program TV dan streaming sekaligus yang tidak memerlukan HP untuk mengoperasikannya.

Kelemahan:

Perubahan atau update cukup jarang disediakan sehingga kadang ada menu baru yang belum ter-install. Penggunaan beberapa aplikasi tidak secepat android TV.

ANDROID TV

Jangan Salah Paham! Smart TV dan Android TV itu Beda, Simak Penjelasan Berikut
Tampilan Android TV

Sementara disisi lain, TV jenis ini sebenarnya adalah pengembangan lebih lanjut dari Smart TV yang pertama kali diluncurkan pada tahun 2014 untuk pelanggan yang ingin mengakses berbagai aplikasi layaknya seperti HP.

Layaknya seperti smart TV, android TV juga memerlukan koneksi internet untuk menjalankan aplikasi yang ada. Perbedaannya adalah layaknya seperti HP, android TV bisa mengunduh berbagai aplikasi yang diinginkan melalui layanan Google Playstore yang sudah tersedia di menu TV tersebut.

Karena cara bekerjanya sama seperti HP, maka TV ini disematkan sebuah prosessor serta RAM untuk membuka berbagai aplikasi, yang jika semakin tinggi spesifikasinya akan semakin cepat proses datanya.

Dengan adanya RAM dan prosessor maka kecepatan dalam melakukan browsing lebih baik dibandingkan dengan smart TV serta pengoperasian beberapa aplikasi dapat dilakukan dengan sekaligus tanpa khawatir tersendat.

Anda juga tidak perlu mengoperasikan dua devices yaitu TV dengan HP, karena android TV bekerja layaknya HP anda, sehingga cukup satu saja.

Keunggulan:

Pilihan aplikasi yang lebih banyak, update atau pembaharuan lebih luas dan berkelanjutan, terhubung langsung dengan beberapa produk Google. HP dapat dihubungkan dengan mudah ke android TV.

Kelemahan:

Tampilan interface yang cukup rumit dibandingkan smart TV, produk baru sehingga belum banyak yang pakai.

Baca juga  Inilah Ciri-Ciri HP Terkena Virus yang Harus Diwaspadai Sebelum Terlambat

Itulah ulasan beberapa perbedaan dari smart TV dan android TV. Menurut sobat Mibi, jika ada keinginan untuk membeli, produk mana yang akan dibeli?

Info lain: Migrasi TV Analog Ke Digital Gratis Dan Bersubsidi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *