Cara Mengetahui Jumlah Kata di Google Docs dengan Mudah

cara mengetahui jumlah kata di google docs
cara mengetahui jumlah kata di google docs

Google Docs merupakan salah satu platform membuat artikel atau mengolah kata yang populer dan banyak digunakan baik oleh individu maupun dalam lingkungan kerja. Dalam tulisan ini kami akan share cara mengetahui jumlah kata di google docs, simak hingga selesai

Pada dasarnya, platform Google docs memiliki kesamaan dengan platform pengolah kata lainnya seperti Microsoft word atau wp office.

Namun, Google Docs tidak menyediakan fitur jumlah kata yang telah di ketik oleh penggunanya. Ini menyebabkan pengguna platform tidak dapat mengatahui secara langsung jumlah kata yang telah diketik di Google docs. Ini terasa kurang lengkap bagi pengguna Google Docs yang sebelumnya terbiasa menggunakan Microsoft word dan WP Office.  

Pengguna tidak mengetahui jumlah kata yang tertulis di Google Docs karena tidak muncul secara otomatis seperti platform lainnya.

Di Google Docs, untuk mengetahui jumlah kata yang ditulis harus mengatur secara manual melalui pengaturan yang tersedia di platform.

Hal tersebut, tentu bukan suatu menyenangkan bagi penggunanya karena mengurangi efektivitas waktu dan memperlambat kinerja kebutuhan batas dari tugas artikel dan tugas akademik.

Tetapi jangan khawatir, karena di artikel ini akan dibahas dengan lengkap dan mudah dipahami bagaimana cara mengetahui atau memperlihatkan jumlah kata di Google Docs.

Oleh karena itu ikuti langkah-langkah di bawah ini agar jumlah kata di Google Docs muncul, yaitu:

Baca juga  Cara Membeli Pelatihan Prakerja Tanpa Webinar Gratis Pulsa 100 Ribu

Cara Mengetahui Jumlah Kata di Goole Docs

Berikut ini cara mengetahui jumlah kata di google docs, sebagai berikut:

1. Buka Dokumen Google Anda

Pertama, buka dokumen Google Anda di peramban web Anda. Pastikan Anda telah masuk ke akun Google Anda atau buat dokumen baru jika belum ada.

2. Akses Menu “Alat”

Di bagian atas jendela dokumen, Anda akan menemukan menu yang berisi berbagai opsi. Klik pada menu “Alat” di bagian atas halaman.

3. Pilih “Hitung Kata”

Setelah mengklik menu “Alat”, pilih opsi “Hitung Kata” dari menu tarik-turun yang muncul.

4. Lihat Jumlah Kata

Setelah Anda memilih “Hitung Kata”, sebuah kotak dialog akan muncul dengan rincian statistik tentang dokumen Anda. Jumlah kata akan ditampilkan di sana. Anda juga dapat melihat informasi lain seperti jumlah karakter, jumlah paragraf, dan jumlah halaman.

5.Perbarui Jumlah Kata secara Real-Time

Salah satu fitur berguna di Google Docs adalah kemampuannya untuk memperbarui jumlah kata secara real-time saat Anda menulis atau mengedit dokumen. Jadi, saat Anda menambah atau menghapus kata, jumlah kata akan diperbarui otomatis dalam kotak dialog “Hitung Kata”.

6. Gunakan Penyingkat

Jika Anda ingin mengurangi jumlah kata dalam dokumen, Anda dapat menggunakan penyingkat untuk mengomunikasikan ide atau informasi dengan lebih efisien. Hindari pengulangan kata-kata yang tidak perlu dan pastikan kalimat Anda tetap padat dan jelas.

7. Batasi Panjang Paragraf

Panjang paragraf yang terlalu banyak dapat membuat tulisan terlihat membingungkan dan sulit dibaca. Cobalah membatasi panjang paragraf agar tetap rapi dan mudah diikuti. Idealnya, setiap paragraf sebaiknya terdiri dari 3-4 kalimat.

8. Gunakan Pemeriksa Tatabahasa dan Ejaan

Google Docs juga menyediakan alat pemeriksa tata bahasa dan ejaan yang dapat membantu memperbaiki kesalahan dan menjaga keakuratan tulisan Anda. Pastikan Anda menggunakan alat ini secara teratur untuk menghindari kesalahan tata bahasa dan ejaan yang tidak perlu.

Baca juga  Cara Cek Saldo BP Tapera Syarat dan Ketentuan Menjadi Peserta Tapera

9. Simpan Perubahan secara Teratur

Selalu ingat untuk menyimpan perubahan pada dokumen Anda secara teratur. Hal ini akan membantu Anda melacak revisi dan mencegah kehilangan data jika terjadi kegagalan teknis atau kesalahan.

Cara yang Lebih Simpel

Selain cara diatas, ada metode lain yang bisa digunakan untuk menampilkan jumlah kata yaitu menggunakan shortcut. Selain itu, cara ini sangat sederhana sebab Anda hany perlu menghafal kode shortcut.

Untuk mempraktekannya sangatlah mudah, saat Anda sudah masuk ke dalam dokumen ketik Ctrl + Shift + C di keyboard secara bersamaan. Setelah mengetik shortcut tersebut maka jumlah kata di Google Docs akan tampil secara otomatis.

Dengan menggunakan langkah-langkah di atas, Anda dapat dengan mudah melihat jumlah kata di Google Docs dan mengelola tulisan Anda dengan lebih efisien.

Memantau jumlah kata sangat penting, terutama ketika Anda memiliki batasan kata yang harus dipenuhi, seperti dalam tugas akademik atau penulisan artikel yang sering kali ada batasan kata yang harus dipenuhi.

Semoga dengan kedua metode yang telah dijelaskan dapat membantu Anda mempermudah mengerjakan tugas atau lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *