Bagaimana Cara Membangun Kekayaan di Usia 40-an

Bagaimana Cara membangun kekayaan di usia 40-an
Membangun kekayaan di usia 40-an (Photo by Gustavo Alves on Unsplash)

Pada saat anda mencapai usia 40-an dan berpikir bagaimana cara membangun kekayaan di usia ini. Kali ini Anda berada di tempat yang tepat, tulisan ini menjelaskan tahapan yang bisa Anda lakukan untuk mewujudkan kekayaan setelah usia 40 tahun

Cara Membangun Kekayaan

Berikut adalah beberapa langkah cara membangun kekayaan di usia 40-an yang dapat membantu Anda mewujudkan kekayaan di setelah usia 40:

Maksimalkan tabungan dan investasi Anda

Usia 40-an adalah usia dimana seseorang telah menapaki karirnya yang mapan dan telah memiliki pengalaman dalam karir yang mereka jalani untuk mendukung kesuksesan lebih lanjut. Di usia ini seseorang telah memiliki finansial yang relatif stabil dan aliran pendapatan tetap untuk finansial mereka yang dapat digunakan untuk tabungan masa depan

Banyak ahli merekomendasikan untuk menabung setidaknya 3 kali lipat dari pendapatan Anda pada saat Anda mencapai usia 40-an. Sangat penting untuk memanfaatkan pendapatan Anda dan menabung secara optimal untuk masa depan Anda terutama pada saat pensiun.

Ingatlah bahwa ketika Anda tumbuh dalam karir dan mendapatkan lebih banyak uang, Anda harus memasukkan uang ini ke dalam investasi dan meningkatkan investasi Anda dalam proporsi yang sama.

Mengganti waktu yang hilang

Jika Anda mulai menabung untuk masa pensiun Anda pada usia 40, Anda akan memiliki banyak hal untuk dikejar. Hal pertama yang harus dipahami di sini adalah tidak perlu panik. Keputusan yang diambil karena panik sering kali dilakukan dengan tergesa-gesa dan tidak diperhitungkan. Ini membawa risiko yang lebih tinggi dan mungkin atau mungkin tidak menguntungkan Anda pada akhirnya.

Jadi, tidak peduli seberapa terlambat Anda mulai menabung atau berinvestasi, selalu disarankan untuk mengikuti langkah-langkah yang sama seperti yang Anda lakukan jika Anda memulai di usia 20-an atau 30-an. Saat menutupi kekurangan tabungan di tahun-tahun sebelumnya, penting juga untuk memastikan bahwa Anda realistis.

Anda tidak dapat membatalkan kesalahan masa lalu dalam hitungan beberapa tahun. Dalam kasus seperti itu, dapat membantu untuk menetapkan tujuan yang kecil namun tetap. Misalnya, jika Anda berusia 42 tahun dan belum menyimpan tolok ukur populer sebesar 3 kali gaji tahunan Anda sekarang, Anda juga tidak boleh melakukannya pada usia 45 tahun.

Ini bisa menjadi tujuan yang tidak realistis yang memberi tekanan pada Anda dan dapat membuat Anda cemas. Itu juga dapat memaksa Anda untuk hidup hemat dan membuat kompromi yang sulit dipertahankan terlalu lama. Sebagai gantinya, mungkin disarankan untuk memulai dengan menentukan tujuan keuangan Anda dan kemudian beralih ke anggaran investasi Anda.

Tentukan selera risiko Anda dan pilih investasi yang sesuai dengan cakrawala investasi Anda. Selain itu, karena Anda memulai tabungan pensiun pada usia 40, Anda harus mengganti waktu yang hilang dan menabung cukup banyak untuk tahun-tahun mendatang Anda dalam waktu singkat.

Pastikan selera risiko Anda

Tidak seperti kelompok usia lainnya, di mana kebanyakan orang memiliki tujuan yang sama, usia antara 40 dan 50 dapat diterjemahkan ke hal yang berbeda untuk orang yang berbeda. Usia 20-an, bagi sebagian besar orang, adalah tentang memulai karir dan perjalanan finansial Anda.

60-an, bagi kebanyakan orang, adalah tentang pensiun dan menyesuaikan diri dengan kecepatan hidup yang lebih santai. Tapi 40-an tidak bisa distereotipkan dengan cara yang sama. Beberapa orang lebih kompetitif di usia 40-an daripada kapan pun dalam hidup mereka.

Orang lain mungkin berpikir untuk pensiun dini. Beberapa orang mungkin telah memulai dengan rencana investasi yang agresif di tahun-tahun awal mereka (20-an dan 30-an), dan mungkin ingin lebih santai sekarang. Terlepas dari kelompok mana Anda termasuk, usia 40-an Anda masih penting dalam hal mengelola uang, dan Anda tidak boleh mengabaikannya.

Portofolio investasi yang ideal untuk usia 40 tahun harus mencerminkan selera risiko Anda. Misalnya, jika Anda berencana untuk pensiun di usia 60-an atau lebih, Anda masih memiliki setidaknya 20 tahun, jika tidak lebih, untuk menabung untuk masa pensiun Anda.

Ini memberi Anda cukup waktu dan meningkatkan selera risiko Anda. Dalam kasus seperti itu, Anda dapat terus berinvestasi di saham, reksa dana ekuitas, dana yang diperdagangkan di bursa, dan banyak lagi. Ini dapat menawarkan Anda pengembalian yang tinggi dari waktu ke waktu.

Selain itu, jangka panjang investasi akan mendistribusikan risiko dan volatilitas juga. Alokasi aset yang tepat untuk usia 40 tahun dapat ditentukan berdasarkan anggaran, tujuan investasi, potensi usia pensiun, usia saat ini, dan banyak lagi.

Fokus pada tabungan pensiun

Rencana pensiun yang disponsori tempat kerja, seperti Taspen dapat menjadi cara terbaik untuk membangun tabungan dengan cara yang stabil. Taspen dapat menawarkan manfaat pajak, dan kecocokan pemberi kerja dapat meningkatkan penghematan Anda secara signifikan. Jadi, jika Anda memiliki opsi ini, Anda harus memastikan untuk menggunakannya dengan bijak.

Jangan lupakan dasar-dasar perencanaan keuangan

Beberapa dasar perencanaan keuangan tetap sama sepanjang hidup Anda. Oleh karena itu, adalah kepentingan terbaik Anda untuk tidak melupakan mereka. Dengan aliran pendapatan yang stabil di usia 40-an dan kumpulan tabungan yang kredibel, banyak orang cenderung mengabaikan pentingnya disiplin keuangan.

Jadi, pastikan Anda disiplin secara finansial di usia 40-an seperti sebelumnya. Membuat anggaran, membatasi pengeluaran yang tidak penting seperti makan di dalam dan tidak makan di luar, dll., adalah beberapa langkah sederhana untuk diterapkan.

Penting juga untuk memastikan bahwa anggota keluarga Anda mengikuti jejak Anda dan mengamati serta mempraktikkan disiplin keuangan yang sama dalam kehidupan mereka. Misalnya, tidak mengawasi pengeluaran anak-anak Anda pada akhirnya dapat menghambat seluruh keluarga.

Jadi, alih-alih menyerah pada setiap permintaan mereka, Anda dapat mendorong mereka untuk mengambil pekerjaan paruh waktu. Uang ini juga dapat disumbangkan untuk dana kuliah mereka nanti, yang pada akhirnya dapat meringankan beban Anda.

Prinsip dasar perencanaan keuangan lainnya yang sangat penting di usia 40-an adalah memiliki rekening darurat. Keadaan darurat keuangan dapat merusak tabungan Anda, jadi teruslah memiliki rekening darurat, terlepas dari berapa banyak uang yang Anda hasilkan pada usia ini.

Selain itu, Anda juga harus membatasi utang Anda. Sebaliknya, Anda dapat menggunakan investasi Anda untuk menutupi pengeluaran besar seperti pembelian rumah. Kurangi ketergantungan Anda pada kartu kredit, dan alih-alih praktikkan pembelian yang cermat.

Jika Anda memiliki utang, Anda juga harus berusaha melunasinya sebelum Anda mendekati usia pensiun. Membawa hutang ke masa pensiun bisa menjadi bencana besar bagi tabungan Anda. Jadi, singkirkan itu selama tahun-tahun ini dengan prioritas.

Ringkasan Cara Membangun Kekayaan

Mengetahui cara membangun kekayaan di usia 40-an dengan cara yang benar tidak harus menjadi proses yang rumit atau rumit. Tetap berpegang pada disiplin keuangan dasar yang telah Anda latih sepanjang kehidupan dewasa Anda dan harus terus Anda ikuti di tahun-tahun berikutnya juga.

Namun, presisi terhadap detail dan memperhatikan kebutuhan Anda saat ini bisa sangat berguna untuk memastikan Anda tetap berada di jalur yang benar saat melewati usia 40-an.

Kombinasi aset yang terdiversifikasi dengan baik membuat portofolio investasi ideal untuk usia 40 tahun. Selain itu, portofolio Anda juga harus memenuhi kebutuhan unik Anda dan tuntutan orang yang Anda cintai.

Jika Anda berusia 40-an, dan bertanya-tanya apakah Anda berada di jalur yang benar, Anda dapat menghubungi penasihat keuangan profesional di daerah Anda untuk mendapatkan kejelasan tentang di mana Anda berdiri dan apa yang harus Anda lakukan untuk memastikan kebebasan finansial di masa depan.

Cara Membangun Kekayaan di Usia 40-an Dengan Investasi

Apakah Anda berusia 40-an atau 50-an dan berencana pensiun dini? Berikut adalah beberapa investasi yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan tabungan pensiun Anda. Karena Anda adalah orang yang bijaksana dan cerdas dalam keuangan, Anda mulai mempersiapkan diri untuk masa pensiun sejak usia dini. Jadi, 20 atau 30 tahun kemudian, Anda sudah memiliki dana yang cukup untuk dana darurat dan dana pensiun Anda. Anda mungkin telah berinvestasi pada reksa dana dan membeli asuransi jiwa.

Menjadi siap secara finansial, Anda mungkin sudah berpikir untuk pensiun dini. Tapi tahan dulu. Sebelum Anda akhirnya meninggalkan pekerjaan harian Anda di usia 40-an dan 50-an, pertimbangkan untuk melakukan investasi ini untuk menambah dana pensiun dini Anda.

Saham Berkualitas Tinggi

Jika Anda pernah berinvestasi di reksa dana, Anda mungkin sudah memiliki gambaran tentang cara kerja saham. Dan jika Anda adalah seorang pengambil risiko, Anda mungkin telah membeli beberapa saham murah. Saatnya untuk meningkatkan investasi Anda dan mengambil lebih banyak risiko. Konsultasikan dengan pialang saham profesional untuk mendiskusikan strategi terbaik agar berhasil di pasar saham.

Obligasi Negara

Mencari sesuatu yang besar dan aman? Lihatlah investasi yang diatur oleh pemerintah seperti Obligasi Negara Ritel (ORI). Ini adalah surat berharga pemerintah yang dibagikan kepada investor individu untuk mendapatkan lebih banyak pendapatan negara.

Karena ORI adalah obligasi, investasi yang dilakukan di sini memiliki tanggal jatuh tempo yang ditetapkan, yang menjamin penghasilan Anda dan memberikan keamanan finansial yang tiada duanya.

Dana Investasi

Jika Anda sudah mencoba reksadana, Anda mungkin ingin meningkatkan permainan Anda dengan berinvestasi dalam jenis dana keuangan lain. Perusahaan yang berbeda menawarkan berbagai dana investasi yang sesuai dengan tujuan keuangan Anda.

Bisnis

Sekarang setelah Anda berusia 40-an atau 50-an, pikirkan untuk memulai bisnis Anda sendiri. Karena banyaknya pilihan bisnis, pastikan untuk berinvestasi dalam sesuatu yang benar-benar Anda sukai.

Beberapa bisnis dimulai hanya sebagai hobi yang menguntungkan, tetapi kemudian menjadi sumber pendapatan yang sah—terutama bagi orang-orang yang ingin memilih pensiun dini.

Perumahan

Real estat adalah investasi yang baik tetapi ingat, itu tidak akan mudah. Anda juga harus melakukan banyak kerja keras sebelum benar-benar dapat mengubahnya menjadi sumber pendapatan: konstruksi, penyewaan, perbaikan, dan pemeliharaan. Jika Anda cukup bertanggung jawab untuk melakukan semua ini, maka real estat mungkin merupakan investasi yang tepat untuk Anda di usia ini.

Bergantung pada target usia pensiun Anda, investasi ini bisa menjadi kunci untuk pensiun dini. Jika Anda hanya tinggal beberapa tahun lagi dari masa pensiun, ini mungkin merupakan hore terakhir Anda untuk meningkatkan tabungan pensiun Anda. Jadi, manfaatkan sisa tahun kerja Anda dan pertimbangkan untuk menambahkan investasi ini di usia 40-an dan 50-an.

Leave a Reply

Your email address will not be published.