Kiat Menabung Dengan Gaji Kecil UMK Kota Setempat

Kiat Menabung Dengan Gaji Kecil UMK Kota Setempat
Kiat Menabung Dengan Gaji Kecil UMK Kota Setempat

Kiat menabung dengan gaji kecil berfungsi sebagai rem dari keinginan yang tidak pokok, serta agar dapat disiplin dalam mengatur besarnya pengeluaran harian. Hidup sederhana akan lebih menguntungkan untuk masa depan dibandingkan foya-foya. 

Menabung sangat wajib kita lakukan sedari usia sekolah dasar agar supaya menjadi kebiasaan baik hingga dewasa. Dengan pola demikian, membuat pola pikir Anda semakin tertata, terbiasa menyisihkan uang baik kecil hingga besar untuk disimpan.

Jika Anda saat ini memiliki gaji kecil Upah Minimum Kabupaten/Kota (UMK) daerah setempat, cobalah pakai trik menabung gaji kecil berikut ini:

Kiat menabung dengan gaji kecil

Anda bisa mulai menabung saat ini dan tidak perlu menunggu gaji besar untuk memulainya, gaji standar UMR (Upah Minimum Regional) pun bukan halangan untuk menabung. Berikut tips menabung bagi yang memiliki gaji pas-pasan

1. Buatlah rincian kebutuhan pokok bulanan

Kebutuhan bulanan sifatnya wajib ya, tetapi Anda tetap harus menekan kebutuhan lain agar tabungan Anda semakin gendut. Misalnya, Anda memiliki gaji Rp. 2,1 juta dengan kebutuhan pokok bulanan seperti makan, sabun deterjen, bensin, anggaran sehat sekitar Rp. 1,2 juta.

Anda masih ada sisa Rp. 900 ribu, sebaiknya Anda segera simpan di rekening bank atau tabungan lainnya. Bayangkan jika Rp. 900 ribu x 12 bulan maka Rp. 10.800.000. Dengan catatan bahwa Anda masih tinggal di rumah tanpa kos ya, namun jika Anda ngekos maka sisihkan uang kosnya saja. 

2. Tegas menyisihkan uang di bank

Kadangkala kiat menabung dengan gaji kecil setelah gajian turun agak kacau, Anda akan makan enak, jalan-jalan atau belanja pakaian ya. Nah, begitu Anda gajian langsung direkap rincian anggaran bulanan yang pasti. Setelah itu Anda hanya memegang uang sisa tabungan untuk masuk ke rekening.

Anda bisa juga mencari bahan pokok kebutuhan dengan harga yang ekonomis, promo atau diskon. Anggaplah uang makan harian Anda Rp. 20.000 x 30 hari = Rp. 600.000, belanja bulanan Rp. 100.000 dan uang kesehatan lain-lain Rp. 200.000.

3. Berusaha menambah pemasukan lain

Bagi Anda yang masih single, tentu gaji umk masih sangat cukup sekali ya terlebih jika Anda tidak ngekos. Namun bagaimana jika Anda telah berkeluarga? 

Tentu gaji umk tidaklah cukup, Anda bisa menambah pemasukan dengan berjualan atau membuka jasa. Uang hasil usaha tersebut bisa dibuat menambah tabungan Anda semakin banyak. Mungkin untuk tabungan anak sekolah bisa Anda sisihkan dari hasil usaha tersebut.

4. Buka rekening tabungan lain 

Sangat bijak sekali jika Anda tidak hanya membuka tabungan di satu tempat saja, tujuannya agar saat ada kebutuhan pokok tidak mengambil tabungan utama. Misalnya, kiat Anda menabung gaji kecil Rp. 400 ribu di rekening bank A, kemudian membuka lagi rekening bank B sebesar Rp. 250 ribu. Total tabungan bulanan Anda Rp. 750 ribu. 

Kesimpulan dari kiat menabung dengan gaji kecil

Mengatur keuangan rumah tangga gaji 2 juta memang butuh sebuah ketegasan dan disiplin untuk mengontrol keinginan yang tidak pokok. Anda bisa juga menambah pemasukan lain selain gaji pokok. Usahakan kiat menabung dengan gaji kecil tidak terlalu banyak biaya admin bank dengan memilih produk bank yang ringan admin bulanannya. 

Selamat mencoba ya?

Leave a Reply

Your email address will not be published.