Reksadana Untuk Pemula Secara Mudah

Reksadana Untuk Pemula Secara Mudah
Reksadana Untuk Pemula Secara Mudah

Mikaylabinar.com– Reksadana merupakan jenis aset yang memiliki tingkat likuiditas tinggi (mudah dicairkan). Dan berpotensi memberikan return setara dengan saham dan properti. Artikel ini memberikan gambaran secara singkat tentang reksadana untuk pemula

Apa itu Reksadana ?

Bagaimana mengenal reksadana ? secara sederhana reksadana bisa digambarkan sebagai berikut: anda mempercayakan uang yang ingin anda investasikan kepada Manajer Investasi untuk mengelola uang anda.

Dengan kata lain reksadana merupakan kontrak pengelolaan dana antara investor dengan Manajer Investasi. Berbeda dengan investasi saham secara langsung. Dimana semua keputusan investasi ada di tangan anda, seperti pemilihan saham, strategi investasi dan analisisnya, dan lain sebagainya.

Sementara reksadana, anda mempercayakan uang anda kepada Manajer Investasi untuk mengelola uang anda, seperti alokasi aset, strategi investasi dan seterusnya.

Apa itu Manajer Investasi ?

Manajer Investasi merupakan professional yang memiliki kompetensi dan keahlian dalam mengelola investasi di pasar modal. Bagi orang yang memiliki dana untuk diinvestasikan namun tidak mempunyai waktu untuk mengelola sendiri. Dan tidak punya pengalaman serta pengetahuan dalam investasi pasar modal

Maka berinvestasi pada reksadana merupakan pilihan yang tepat karena uang investasinya di urus oleh Manajer Investasi secara legal dan profesional. Dana dari para investor dikumpulkan dalam satu wadah yang disebut reksadana. Kemudian Manajer Investasi akan mengelola seluruh dana tersebut yang sudah dikumpulkan dalam satu wadah.

Manajer Investasi inilah yang melakukan analisis mendalam mengenai saham tersebut dan seterusnya. Dengan demikian investor tinggal menikmati hasilnya tanpa repot melakukan analisis terhadap saham apa yang seharusnya di beli.

Sementara itu, sebagai imbal balik kepada pengelola dana (Manajer Investasi) dikenakan fee atau biaya untuk jasa pengelolaan invetasi yang dilakukannya. Biasanya besaran dari fee tersebut sekitar 1-2% per tahun dari jumlah dana yang dikelola

Baca juga  Memilih Produk Reksadana yang Tepat

Manajer Investasi reksadana berupa perusahaan Asset Management. Dalam perusahaan Asset Management terdapat tim investasi yang bertugas mengelola dana para nasabahnya. Tim investasi tersebut yang memiliki kompetensi di bidang investasi pasar modal seperti saham, obligasi dan juga pasar uang.

Terdapat banyak jenis reksadana, namun secara umum terdapat 4 jenis reksadana yang menjadi pilihan para investor. Untuk lebih jelasnya bisa di baca di reksadana bagi pemula.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *