Cara Main Reksadana Saham Paling Mudah Bagi Pemula

Cara Main Reksadana Saham Paling Mudah Bagi Pemula
Cara Main Reksadana Saham Paling Mudah Bagi Pemula

Saat ini, investasi reksa dana saham semakin banyak diminati oleh kaum millenials dengan banyaknya kemudahan yang ada untuk mengakses maupun untuk belajar cara main reksadana saham yang tidak membingungkan.

Di masa 4.0 seperti saat sekarang ini terjadi lonjakan peningkatan dari segi jumlah investor di dunia saham Indonesia. Hal ini dilatarbelakangi oleh tingginya kesadaran para generasi muda untuk memulai bisnis dengan melakukan investasi baik yang skala nasional maupun saham asing.

Investasi merupakan salah satu bentuk penanaman modal kepada suatu perusahaan agar meraup keuntungan yang lebih. Investasi memiliki banyak jenis seperti investasi reksa dana, saham, obligasi, etf dan lain sebagainya. Namun tidak dapat dipungkiri bahwa berinvestasi juga memerlukan pengetahuan dasar yaitu cara main reksa dana saham dan cara beli saham asing.

Investasi Reksa Dana

Reksa dana adalah sebuah aktivitas penghimpunan dana dari masyarakat yang memiliki modal lebih untuk selanjutnya dikelola dalam bentuk investasi pada portofolio efek. Portofolio efek ini dapat berbentuk saham, obligasi, pasar uang dan jenis investasi lainnya.

Pada reksa dana, seorang investor tidak perlu kebingungan dalam memilih perusahaan dan jenis investasi yang menjadi pilihan. Sebab dalam reksa dana telah terdapat seorang manajer investasi yang memiliki tanggung jawab untuk menganalisis perusahaan terbaik tempat dana investor dikelola.

Selain itu reksadana tergolong jenis investasi yang low risk, namun meski demikian anda tetap harus mempertimbangkan perusahaan dan jenis reksadana yang anda pilih. Dalam perkembangannya hingga saat ini reksadana memiliki 4 jenis investasi yaitu sebagai berikut :

  • Reksadana pasar uang
  • Reksadana pendapatan tetap
  • Dana saham
  • Reksadana campuran

Cara Main Reksadana Saham

Bagi anda yang hendak bermain reksadana namun kebingungan cara main reksadana, anda dapat melakukan tahapan – tahapan sebagai berikut :

  1.  Teliti perusahaan yang cocok dengan tujuan investasi anda. Sebelum memulai investasi, hal utama yang perlu anda lakukan adalah meninjau perusahaan yang baik berdasarkan catatan laporan keuangannya.
  2. Pilih manajer investasi reksadana yang memiliki jam terbang terbaik, portofolio serta terdaftar. Dalam investasi reksadana, anda cukup mempercayakan pengelolaan dana anda pada manajer investasi. Dengan demikian anda perlu memilih dan memilih manajer investasi yang cocok untuk pengelolaan modal anda. Selain itu anda perlu memastikan apakah manajer investasi tersebut terdaftar dan legal.
  3. Membuat portofolio.  Setelah memilih manajer investasi langkah selanjutnya adalah melakukan pembelian reksadana di sekuritas, untuk itu anda perlu mempersiapkan berbagai dokumen identitas diri untuk pembukaan rekening tabungan. Setelah tahap ini terselesaikan, maka selanjutnya anda dapat memilih portofolio yang telah direkomendasikan oleh manajer investasi.
  4. Melakukan pembayaran atau transfer dana. Langkah ini merupakan langkah terakhir cara main reksadana saham yaitu melakukan pembayaran sejumlah dana yang akan anda investasikan. Dalam proses transfer dana tersebut anda perlu menyimpan bukti – bukti konfirmasi kepemilikan reksadana saham. Biasanya pihak sekuritas akan memberikan laporan dalam setiap bulannya terkait perkembangan investasi reksadana anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *