Bisnis  

Cara Mengatur Keuangan Berdagang untuk Usaha Warung Kecil

Cara Mengatur Keuangan Berdagang untuk Usaha Warung Kecil
Cara Mengatur Keuangan Berdagang untuk Usaha Warung Kecil

Usaha kecil yang baru saja Anda rintis jangan langsung berharap mendapatkan laba yang banyak. Semakin banyak produk usaha yang Anda ambil maka semakin banyak juga modal yang Anda gunakan. Untuk itu Anda bisa kelola keuangan dagang secara baik dengan cara mengatur keuangan berdagang untuk usaha sebagai berikut:

Jangan campur uang dagang dengan uang pribadi

Uang dagang dan uang pribadi tidak boleh dicampur karena akan mengacaukan semua keuangan rumah tangga. Uang hasil laba usaha Anda telah ambil sebesar 2% dari total laba bersih sebagai gaji pokok hak Anda. Laba bersih tersebut boleh masuk ke tabungan pribadi Anda. Sisa laba bisa Anda masukkan ke dalam tabungan usaha bersama.

Buatlah kas dagang dengan sistem persentase

Kas dagang bisa dibuat dengan persentase 1% dari setiap produk yang terjual. Dengan demikian ada kas dagang yang diperuntukkan dana cadangan ketika ada biaya operasional dan sosial. Dana kas tidak boleh dicampur dengan dana produksi. 

Anda harus merinci setiap ada keuangan dadakan usaha. Maka, tak heran jika ada usaha yang tetap eksis selama masa pandemi kemarin. 

Usahakan jeli dengan hutang atau tanpa hutang 

Biasanya pelaku usaha diiming-imingi dengan hutang dari berbagai sumber cara mengatur keuangan berdagang. Jika usaha Anda ingin dikembangkan maka perlu kejelian hutang dan pembayaran agar tidak terjadi minus keuangan.

Namun, jika Anda ingin mengembangkan usaha dari kas laba usaha mandiri tentu akan lebih bagus karena tidak ada beban di kemudian hari. Resiko terburuk usaha adalah ketika omset usaha Anda mengalami penurunan maka beban membayar hutang juga merusak keuangan usaha.

Baca juga  Bisnis Online dan Keuntungannya

Rincian anggaran in dan out 

Merinci anggaran yang masuk dan keluar sangat perlu sebagai bentuk hitungan cermat. Dari sana Anda bisa melihat berapakah harga produk yang nyaman untuk dijual. Jangan sampai ketika Anda membuka usaha tidak merinci harga pokok produknya dan membuat kekurangan biaya.

Efeknya, Anda akan terjebak dalam sebuah kebingungan membayar produksi, gaji karyawan serta biaya dadakan lainnya. Lebih bagus lagi jika Anda berkonsultasi dengan seorang pengusaha yang telah lihai dalam mengatur keuangan usaha mandiri tanpa hutang. Dengan demikian akan ada gambaran utuh tentang bagaimana mengelola sebuah usaha agar tidak gulung tikar.  

Menabung tidak sekedar hanya menyisihkan uang ya tetapi juga membagi tujuan tabungan tersebut untuk apa saja. Mengatur keuangan rumah tangga gaji 2 juta bagi yang masih single tentu tidak masalah tetapi jika telah berkeluarga akan lebih baik jika Anda menambah pemasukan dari sumber lainnya.

Tidak heran jika ada sebuah usaha kecil bisa berkembang dengan pesat karena pintar dari segi cara mengatur keuangan berdagang. Nah, bagaimana?

Anda semakin semangat ya cara mengatur keuangan berdagang?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *