Health  

Apa Itu Clean Eating ! dan Bagaimana Penerapannya

Apa Itu Clean Eating dan Bagaimana Penerapannya
Apa Itu Clean Eating dan Bagaimana Penerapannya

Apa itu clean eating? Apakah Anda pernah mendengar istilah ini atau bahkan telah menjalankannya? Apakah benar pola makan ini dapat membantu menurunkan berat badan seseorang? Untuk lebih jelasnya, berikut kita simak ulasan secara lebih lengkap.

A. Mengenal Apa Itu Clean Eating

Seiring dengan perkembangan ilmu dan teknologi, pola diet pun semakin beragam di kalangan masyarakat. Dari ragam diet tersebut, salah satunya ada;an clean eating. Istilah clean eating mungkin masing cukup asing untuk beberapa kalangan masyarakat. Clean eating merupakan pola diet yang lebih berfokus pada makanan segar dan utuh.

Sesuai dengan namanya, clean eating adalah mengkonsumsi lebih banyak pilihan jenis makanan yang lebih sehat serta mengurangi makanan yang tidak sehat.

Hal ini dapat dilakukan dengan memilih makanan utuh seperti buah-buahan, sayuran, lemak sehat, dan biji-bijian serta mengurangi makanan olahan, pengawet dan lemak tidak sehat lainnya.

B. Konsep dan Manfaat Diet Clean Eating

Perlu Anda ketahui, jika konsep diet ini tak berhubungan dengan bersih atau kotornya makanan. Diet ini lebih mengutamakan dalam memilih makanan asli yang diproses secara minimal sehingga dapat memberikan manfaat yang lebih maksimal.

Makanan olahan yang melalui proses pengolahan panjang seperti makanan beku siap goreng (frozen food), snack, permen, coklat, makanan kemasan sangatlah dihindari.

Pada intinya, dalam menjalankan apa itu clean eating, maka kita tidak mengkonsumsi makanan berpengawet atau yang mempunyai kandungan zat aditif. Hal ini bukan tanpa alasan.

Baca juga  Tahun Baru Biasakan 7 Gaya Hidup Sehat Ini!

Dalam sebuah penelitian menyebutkan bahwa tubuh yang mengkonsumsi makanan sehat dapat mengeluarkan kalori lebih banyak ketika mencerna makanan.

Dengan kata lain, tingkat metabolisme tubuh dalam proses mencerna makanan lebih tinggi apabila dibandingkan dengan tubuh yang mengkonsumsi makanan olahan.

Hal ini dapat menghindarkan Anda dari keadaan obesitas serta berbagai penyakit degeneratif yang dapat muncul karena kelebihan kalori serta lemak dalam tubuh.

Selain itu, clean eating diklaim juga dapat menurunkan berat badan, meningkatkan kualitas tidur, meningkatkan penggunaan energi, meningkatkan kesehatan mental serta menjaga kesehatan kulit dan rambut.

C. Penerapan Clean Eating Dalam Diet Sehat

Selain mengutamakan makanan alami seperti biji-bijian utuh, sayuran dan buah-buahan serta menghindari makanan berpengawet atau makanan olahan, terdapat beberapa hal penting yang perlu Anda perhatikan dalam menjalankan clean eating. Hal penting tersebut antara lain:

D. Waspadai Garam dan Gula Tambahan

Clean eating mempunyai komitmen untuk mengkonsumsi makanan bersih secara alami yang rendah gula dan garam. Kelebihan dalam mengkonsumsi gula dapat mengakibatkan adanya obesitas, diabetes, kanker serta perlemakan hati.

Anda dapat mengkonsumsi makanan yang mengandung gula alami seperti sirup maple atau madu. Sedangkan makanan yang mengandung kadar garam tinggi juga penting untuk Anda waspadai.

Pasalnya kadar garam tinggi dapat menyebabkan tekanan darah meningkay serta memicu hipertensi yang parahnya lagi dapat menimbulkan berbagai komplikasi.

E. Konsumsi Air Putih Sebagai Minuman Utama

Air putih merupakan minuman yang paling sehat dan alami untuk Anda konsumsi. Air putih tidak mengandung zat aditif, gula atau bahan berbahaya lainnya. Dengan mengkonsumsi air putih, maka Anda akan terhindar dari dehidrasi serta mampu mempercepat penurunan berat badan.

Baca juga  Alternatif Obat Herbal Untuk Paru-Paru

F. Mengkonsumsi Produk Organik

Pada umumnya, buah dan sayur organik menggunakan pestisida alami. Hal ini dapat menjadi cara terbaik dalam menerapkan clean eating. Selain buah dan sayur, Anda juga perlu mempertimbangkan produk daging dan susu.

Demikianlah penjelasan lengkap mengenai apa itu clean eating. Bagi Anda yang sedang menjalankan program diet sehat program diet ini dapat menjadi solusi tepat bagi Anda yang menginginkan berat badan yang ideal dan sehat.

Baca juga : 3 Cara Menerapkan Hidup Sehat di Rumah Dengan Mudah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *