Mengetahui Diet Mediterania yang Sedang Digandrungi Banyak Orang

  • Share
Mengetahui Diet Mediterania yang Sedang Digandrungi Banyak Orang
Ilustrasi - pixabay

US News & World Report menyatakan bahwa diet Mediterania mendapat predikat sebagai metode diet terbaik di tahun 2021 yang telah diraih selama empat tahun berturut-turut. 

Tentunya penghargaan ini diberikan atas dasar beberapa keunggulan dari jenis diet lain yang tidak didapatkan pada jenis ini.

Selain itu juga banyak kemudahan yang diberikan dalam menerapkan pola diet ini yang bisa dilakukan siapa saja yang tidak membiarkan perut anda tidak dalam keadaan lapar, jadi sangat layak untuk dicoba.

Lalu apa sebenarnya diet Mediterania itu?

Definisi Diet Mediterania

Diet Mediterania adalah cara makan yang diadopsi dari kebiasaan makan untuk masakan tradisional Yunani, Italia, danserta beberapa negara lain yang memiliki batas-batas dengan Laut Mediterania, sehingga penamaannya diambil dari hal ini.

Beberapa jenis menu yang disarankan adalah makanan nabati, seperti biji-bijian, sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, beberapa bumbu dan rempah-rempah yang merupakan menu utama dari diet.

Ada beberapa juga yang menambahkan minyak zaitun adalah sumber lemak tambahan yang baik untuk tubuh. Sementara untuk jenis makanan seperti Ikan,  susu, makanan laut (terutama ikan-ikan) dan unggas boleh dikonsumsi dalam jumlah yang sedang dan terbatas. Khusus untuk daging merah dikonsumsi hanya sesekali saja.

Pada tahun 1950-an telah tercatat beberapa kasus penyakit jantung yang dinilai tidak umum di beberapa Mediterrania, sehingga diet ini diciptakan oleh beberapa peneliti dan ahli nutrisi agar dapat membantu mengurangi dan mencegah penyakit jantung dan stroke, hingga diet Mediterrania dikenal.

Pola diet ini telah menunjukkan jumlah yang sangat signifikan menurut para ahli dalam menurunkan berat badan serta yang terutama adalah untuk mencegah terjadinya serangan jantung, diabetes, stroke, kematian dini dan segala sesuatu yang berhubungan dengan pola maka yang serakah dan tidak teratur.

Untuk alasan ini, bagi siapapun yang sedang ingin menurunkan berat badannya atau untuk meningkatkan pola hidup sehat maka diet ini sangat cocok untuk dicoba, yang juga bisa menghindarkan dari berbagai penyakit kronis.

Berbagai Manfaat dari Diet Mediterrania

Predikat yang disematkan sebagai diet terbaik pada tahun 2021 pasti dinilai memiliki manfaat yang besar bagi kesehatan, diantaranya adalah:

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *