Family  

Makanan yang Dapat Membantu Tumbuh Kembang Otak Anak, Ini Daftarnya!

Makanan yang Dapat Membantu Tumbuh Kembang Otak Anak, Ini Daftarnya!
Makanan yang Dapat Membantu Tumbuh Kembang Otak Anak, Ini Daftarnya!

Makanan untuk otak anak cukup beragam. Dalam masa pertumbuhan, asupan makanan untuk buah hati sangatlah penting Anda perhatikan. Hal ini bertujuan agar tumbuh kembang anak dapat lebih maksimal.

Hal ini karena makanan yang anak konsumsi sangat berpengaruh terutama pada perkembangan otak. Makanan yang bernutrisi serta kegiatan yang tepat dapat membantu tumbuh kembang otak anak menjadi lebih maksimal.

Ragam Makanan yang Dapat Membantu Tumbuh Kembang Otak Anak

Setiap orang tua tentu ingin yang terbaik untuk perkembangan dan pertumbuhan otak anak. Dalam hal ini, nutrisi memiliki peranan penting dalam membantu perkembangan otak anak.

Selain itu, makanan bernutrisi juga memiliki peranan penting dalam konsentrasi, daya ingat, serta kemampuan otak dalam berpikir.

Baca juga : Tips Cegah Stunting pada Anak Sejak Masa Kehamilan, Bumil Wajib Tahu!

Hal ini menjadi salah satu alasan pentingnya memberikan anak berbagai vitamin dan mineral yang diperlukan selama masa pertumbuhan, terutama melalui makanan.

Berikut ini daftar makanan yang dapat membantu tumbuh kembang otak anak agar lebih maksimal, antara lain:

Telur

Pada kuning telur mengandung protein yang sangat baik untuk dapat menunjang pertumbuhan otak anak. Istimewanya lagi, telur juga mengandung kolin yang dapat menajamkan daya ingat. Telur juga mengandung asam folat, zat besi, serta vitamin A yang sangat baik untuk tumbuh kembang anak.

Kacang-Kacangan

Selain terkandung dalam kuning telur, protein juga banyak terkandung dalam kacang-kacangan. Selain mengandung protein yang tinggi, kacang-kacangan juga mengandung vitamin dan mineral.

Bahkan beberapa jenis kacang-kacangan mengandung omega 3 yang sangat penting dalam meningkatkan memori otak. Jika anak mengkonsumsi kacang-kacangan secara rutin, maka kemampuan berpikir anak pun akan lebih meningkat dan daya ingat pun juga lebih tajam.

Ikan

Terutama ikan laut seperti salmon memiliki kandungan Omega 3 yang sangat baik untuk kesehatan otak dan tubuh. Omega 3 terbukti sangat baik untuk perkembangan sel, terutama pada sel otak. Selain itu, omega 3 mampu mengatasi masalah perilaku karena kelainan dalam fungsi neurotransmitter.

Dalam ikan salmon juga terkandung vitamin A, D, E, dan K yang mampu meningkatkan daya nalar anak. Ikan ini mengandung kadar lemak cukup tinggi yang dapat dengan mudah dibakar oleh tubuh buah hati.

Susu dan Yoghurt

Dua jenis makanan ini banyak mengandung vitamin B, D, serta protein yang sangat penting untuk perkembangan jaringan otak. Vitamin D dalam yoghurt dan susu memiliki peranan penting untuk mendukung pertumbuhan anak.

Kandungan lemak pada susu dan yoghurt penting bagi kesehatan otak. Lemak tersebut dapat membantu sel-sel otak dalam menerima serta menerima informasi yang baik.

Alpukat

Pada buah alpukat mempunyai kandungan lemak baik sebagai sumber energi yang dapat menunjang aktivitas sehari-hari. Selain itu, alpukat juga memiliki kandungan serat. Bahkan vitamin E yang sangat baik untuk pertumbuhan serta perkembangan otak anak.

Sayuran Hijau

Brokoli, bayam, wortel, dan yang lainnya memiliki kandungan vitamin, karbohidrat, serta antioksidan yang mampu meningkatkan kemampuan berpikir pada anak. Sayuran cocok sebagai tambahan makanan untuk otak anak

Bayam serta kubis memiliki kandungan folat yang dapat memperkuat daya ingat anak. Sangat disarankan anak mengkonsumsi sayuran secara rutin, sehingga anak akan lebih cepat mengingat serta menyimpan memori dalam otak lebih lama.

Masih banyak lagi jenis makanan yang dapat membantu tumbuh kembang otak anak. Mulai dari oatmeal, daging, gandum, dan lain sebagainya. Dalam pilihan berbagai jenis makanan di atas, dapat Anda sajikan dalam varian olahan yang berbeda agar buah hati tidak merasa bosan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *