Health  

Alternatif Obat Herbal Untuk Paru-Paru

herbal paru-paru
Kunyit, Obat Herbal Paru-Paru: Terjangkau dan Kaya Khasiat

Mikaylabinar.com– Herbal untuk paru, obat herbal atau tradisional menjadi salah satu alternatif penyembuhan berbagai penyakit. Obat herbal lebih minim akan efek samping. Jenis Obat ini biasanya berupa akar-akaran, kulit pohon, batang, buah, dan tanaman.

Obat herbal mudah didapatkan dan memiliki harga yang lebih terjangkau. Mudah didapatkan dan terjangkau itulah yang menjadi salah satu alasan masyarakat Indonesia lebih memilih obat herbal sebagai metode pengobatan.

Pada dasarnya, obat alami hanya digunakan sebagai pengobatan pendamping saja. Paru-paru merupakan bagian terpenting, apabila Anda sudah memiliki keluhan yang sangat menggangu.

Sebaiknya, tetap mengutamakan pengobatan dokter atau medis. Namun, beberapa obat alami atau herbal bisa menjadi alternatif penanganan berbagai gejala penyakit paru-paru

Obat Herbal untuk Paru-Paru

Secara tidak sadar, obat alami ini sangat banyak ditemui dan harganya lebih terjangkau. Berikut beberapa rekomendasi obat herbal untuk paru

Ginseng

Obat herbal ini banyak ditemui pada negara Korea dan Amerika. Sebagai obat alami, ginseng mengandung zat aktif ginsenoside yang dapat mencegah pertumbuhan sel kanker. Tidak hanya itu, ginseng mengandung antioksidan, anti inflamasi, dan anti bakteri. Ginseng juga memiliki kandungan yang dapat mengobati gejala paru-paru dan peradangan paru-paru. Akar ginseng juga digunakan sebagai obat herbal untuk kolesterol yang berfungsi untuk menurunkan kadar lemak.

Kunyit

Tidak hanya sebagai bumbu dapur, kunyit juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh dan salah satunya mengobati penyakit paru-paru. Kunyit mengandung kurkuminoid yang memberikan efek proteksi pada tubuh, artinya dapat melindungi tubuh dari paparan radikal bebas. Kunyit dapat direbus bersama rempah lain atau menyeduh kunyit dengan madu dapat meningkatkan sistem imun dan menjaga kesehatan paru.

Baca juga  Apa Itu Diet Mediterania ? Resep Menu dan Manfaat

Jahe

Obat herbal untuk paru ini juga memiliki banyak manfaat. Jahe mengandung anti oksidan, mencegah kanker, dan anti inflamasi yang sangat baik bagi tubuh. Sebagai rempah alami, jahe tidak hanya digunakan sebagai obat flu dan batuk saja. Jahe juga digunakan sebagai pengobatan penyakit pada paru-paru, melancarkan pernafasan atau sirkulasi paru-paru. Jahe dapat dikonsumsi dengan cara direbus, lalu dicampur dengan madu.

Daun Cocor Bebek

Tanaman ini juga berfungsi sebagai obat herbal. Daun cocor bebek mengandung anti nyeri, anti ekspektoran, anti demam, anti bakteri, dan anti jamur. Anti ekspektoran pada tanaman ini dapat digunakan sebagai obat untuk penyakit paru-paru, salah satunya TBC (Tuberculosis).

Daun cocor bebek dapat dikonsumsi dengan cara dikeringkan, lalu direbus. Kemudian, dapat ditambahkan dengan madu.

Daun Sirsak

Tidak hanya buahnya saja yang dapat dikonsumsi, daun  sirsak pun dapat dijadikan obat herbal. Daun sirsak mengandung acetogenin yang dapat mencegah perkembangan virus penyebab penyakit paru-paru. Cara mengonsumsinya hanya perlu direbus dan diminum airnya.

Menjaga Kesehatan Paru-Paru

Hanya menggunakan obat herbal ataupun medis tidaklah cukup. Di samping itu, menjaga kesehatan paru-paru juga penting, yaitu dengan berhenti merokok untuk mengurangi penyakit paru-paru semakin memburuk. Rutin berolahraga, minimal lari dan jalan santai selama 15-30 menit untuk melatih produktivitas paru-paru.

Kemudian, Latihan pernapasan guna meningkatkan kapasitas dan kesehatan paru-paru. Selain itu, selalu menjaga kebersihan lingkungan sekitar dan konsumsi makanan bergizi. Tidak hanya mengonsumsi obat herbal untuk paru, tetapi perlu diselingi dengan menjaga gaya hidup untuk paru-paru.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *