9 Bahan Herbal Untuk Kolesterol Ini Dapat Ditemukan di Dapur, Lho!

  • Share
Herbal untuk kolesterol
Daun Suji

Mikaylabinar.com 9 Bahan Herbal Untuk Mengatasi Kolesterol Ini Dapat Ditemukan di Dapur, Lho! Kolesterol sendiri adalah salah satu unsur penting, yang dibutuhkan dalam sistem metabolisme.

Hanya saja jika kadar kolesterol tubuh, terutama dalam darah berlebih, tentunya akan memicu masalah tersendiri pada kesehatan Anda, yang mengakibatkan meningkatnya risiko akan jenis penyakit tertentu, mulai dari serangan jantung, stroke, dan yang lainnya.

Ada berapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi meningkatnya kadar kolesterol yang ada di dalam tubuh, salah satunya adalah dengan mengonsumsi herbal untuk kolesterol.

Adapun bahan herbal untuk kolesterol ini sendiri tidak sulit untuk dicari, bahkan beberapa diantaranya mudah Anda temukan di dapur. Berikut ini adalah beberapa macam bahan herbal yang dimaksud :

1.Daun Suji

Bahan herbal pertama yang akan dibahas adalah daun suji. Daun yang sering digunakan sebagai pewarna alami ini ternyata mempunyai banyak sekali manfaat untuk kesehatan. Mulai dari herbal paru-paru, mengatasi nyeri haid, merasakan syok anafilaksis, meningkatkan sistem imun tubuh, termasuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

Adapun cara mengatasi kolesterol tinggi menggunakan daun suji ini sendiri tidak terlalu sulit. Yang harus Anda lakukan adalah, mencuci sekitar segenggam daun suji,  lalu cuci hingga bersih. Berikutnya remas sebentar, dan rebus bersama 2 gelas air.

Rebus hingga sekitar 1 gelas, angkat dan tiriskan. Anda dapat mengonsumsi air rebusan daun suji tersebut 3 kali dalam sehari secara rutin.  

2. Daun salam

Bahan berikutnya adalah daun salam. Daun yang kerap kali menjadi salah satu bumbu masak tersebut ternyata mengandung flavonoid dan antioksidan. Kandungan tersebut ternyata sangat baik untuk tubuh, terutama sebagai herbal untuk kolesterol. Selain itu, daun salam juga bermanfaat untuk mengatasi masalah kesehatan lainnya, seperti menurunkan risiko serangan jantung, sebagai  herbal gula darah, mengatasi asam urat dan yang lainnya.

Untuk mengonsumsi daun salam, dan memperoleh manfaatnya, Anda sebaiknya mencuci 10 hingga 15 lembar daun salam hingga bersih. Rendamdalam airsebanyak 3 gelaskemudian rebus hinggahingga tersisa sekitar1 gelaslarutan. Berikutnya saring air rebusan tersebut, dan konsumsi ketika malam hari.  

3. Bawang putih

Bawang putih juga ternyata dapat digunakan untuk mengatasi masalah kolesterol yang tinggi. Kandungan allicin-nya ternyata mampu menghambat pembentukan kolesterol. Selain itu bawang putih juga mempunyai efek farmakologis anti inflamasi yang baik. Hingga mampu menghambat kadar LDL atau kolesterol dalam darah.

Selain sebagai obat untuk herbal kolesterol, ternyata bawang putih juga dapat mengatasi beberapa masalah kesehatan lainnya, seperti herbal untuk jantung, mencegah kanker, penyakit Alzheimer, demensia, mencegah pilek, dan jenis penyakit lainnya.

Adapun untuk memperoleh manfaat dari bawang putih ini sangat mudah. Anda dapat mengonsumsi rutin kapsul bawang putih. Seperti hanya Habatop de nature kapsul herbal, dengan berbagai bahan herbal dan manfaat yang baik untuk tubuh Anda. Atau Anda dapat mengonsumsi 3 hingga 4 siung bawang putih secara rutin setiap harinya.

Tapi sebagai catatan, bawang putih juga mengandung zat diuretik, jadi sebaiknya Anda mengatasinya dengan banyak mengonsumsi cairan, untuk mencegah dehidrasi.  

4. Bawang bombay

Tahukah Anda bahwa ternyata bawang bombai juga baik untuk kesehatan. Ada beberapa jenis penyakit yang dapat diobati menggunakan bumbu masak yang satu ini, mulai dari herbal untuk hipertensi, menjaga kesehatan jantung, menjaga mood, mengatasi depresi, menjaga sistem pencernaan, memperkuat sistem kekebalan tubuh, mencegah kanker, termasuk mengontrol kadar kolesterol dalam tubuh.

Cara mengonsumsinya adalah, dengan menyiapkan 1 buah bawang bombai, 2 siung bawang putih, dan sebaiknya tambahkan 7 lembar daun sambung nyawa. Cuci semua bahan hingga bersih. Kemudian blender hingga halus. Lalu konsumsi jus bawang bombai tersebut secara rutin.

Cara lainnya adalah dengan menggunakan kulit bawang bombai yang ternyata kaya akan kandungan quercetin / flavonoid, yang berguna untuk mengendalikan tekanan darah dan juga menyumbat arteri.

Anda hanya perlu mencuci bersih dan merebus kulit bawang bombai tersebut, dan mengonsumsi air rebusannya secara rutin.  

5. Kunyit

Siapa yang tidak kenal dengan tanaman umbi yang satu ini. Ada cukup banyak manfaat yang akan Anda dapatkan dari tanaman ini untuk kesehatan, salah satunya adalah menurunkan kadar kolesterol dalam darah, juga sebagai herbal untuk paru.

Adapun untuk mengonsumsi bahan herbal yang satu ini adalah dengan merebus sekitar 25 g kunyit, 2 buah mengkudu, dan 15 hingga 30 g daun dewa. Semuanya cuci hingga bersih, dan rebus bersama 700 ml air.

Rebus semua bahan hingga mendidih, dan menyisakan sekitar 300 ml. Terakhir adalah saring dan minum ramuan tersebut 2 kali dalam sehari secara rutin, hingga kadar kolesterol dalam darah, berangsur normal.  

6. Jahe

Tidak jauh berbeda dengan kunyit. Jahe juga salah satu tanaman rimpang yang kaya manfaat. Ada banyak jenis penyakit yang dapat diatasi dengan mengonsumsi tanaman yang satu ini, seperti herbal untuk stroke, mengatasi masalah pencernaan, membantu proses detoksifikasi, mengatasi rasa mual akibat masuk angin, anti peradangan, termasuk mengatasi masalah kolesterol.

Adapun cara mengonsumsi jahe ini, terbilang sangat mudah. Anda hanya perlu mengonsumsi wedang jahe secara rutin, minimal 1 gelas dalam sehari. Caranya adalah dengan mencuci sekitar 2 ruas jari jahe, kupas, dan parut atau potong kecil. Rebus bersama sekitar 2 gelas air, dan biarkan hingga tersisa 1 gelas. Konsumsi air rebusan tersebut, bersama madu, dan minum selagi hangat.  

7. Seledri

Bumbu yang kerap ada dalam berbagai jenis sayur sop ini, ternyata juga mempunyai beberapa manfaat untuk kesehatan. Seperti mengatasi diabetes, herbal untuk ginjal, juga untuk mengontrol dan menurunkan kadar kolesterol.

Dalam tanaman dengan aroma khas ini, mengandung ekstrak heksana yang terbukti mampu menurunkan tekanan darah. Selain itu, ada juga kandungan metanol, dan juga etanol yang dapat membuat sirkulasi darah jadi meningkat, bahkan mampu mengatasi peradangan pada pembuluh darah.

Kali ini, Anda dapat mengonsumsi jus seledri 1 gelas setiap hari secara rutin. Cukup cuci bersih segenggam daun seledri, lalu blender dengan menggunakan 1 gelas air matang Haluskan, dan konsumsi secara rutin.

8. Ketumbar

Ketumbar, adalah bahan bumbu lain yang pastinya ada di dapur Anda. Selain dapat digunakan untuk mencegah kolesterol, ternyata bahan yang satu ini juga dapat mengatasi gangguan pada sistem pencernaan, misalnya saja maag. Jadi ketika persediaan madu maag salam di apotik habis, Anda dapat mengatasinya dengan mengonsumsi ketumbar.

Kandungan asam oleat, asam palmitat, asam linoleat, asam askorbat, dan juga asam stearat, terbukti mampu mengendalikan kadar kolesterol yang ada di dalam darah. Tanpa mempengaruhi kadar kolesterol baik dalam tubuh.

Untuk mengonsumsinya sangat mudah. Cukup campurkan 2 sdt bubuk ketumbar, dengan 1 cangkir air rebus hingga mendidih. Lalu saring, dan konsumsi selagi hangat. Sebaiknya konsumsi ramuan tersebut, 2 kali dalam sehari.  

9. Madu

Mengonsumsi madu secara rutin, ternyata juga dapat menurunkan kolesterol dalam darah. Salah satunya adalah madu Vitomata, madu yang satu ini, selain dapat mengatasi kolesterol juga dapat mengatasi masalah mata. Adapun madu Vitomata harga yang ditawarkan terbilang cukup ramah di kantong, dan tidak jauh berbeda dengan harga madu alami lainnya.

Dari ulasan di atas, jelas sudah bahwa herbal untuk kolesterol, tidak sulit untuk dicari. Bahkan bisa Anda cari di dapur. 

Baca juga: 10 Gerakan bakar lemak perut tanpa perlu melompat

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *