Aktivitas Pengembangan Diri Dan Karier

Aktivitas Pengembangan Diri dan Karier
Aktivitas Pengembangan Diri dan Karier

Pengembangan diri dan karier adalah kombinasi yang dapat meningkatkan aspek penting bagi jenjang karier. Kedua hal ini dapat membantu kemajuan dalam pekerjaan yang dipilih karena dapat meningkatkan kepercayaan diri dan menambah kinerja yang lebih profesional.

Ada banyak cara untuk melakukan aktivitas yang dapat meningkatkan pengembangan diri dan karier. Aktivitas ini tentu bukan hal yang sulit jika kita selalu menginginkan yang terbaik untuk diri sendiri dan karier.

Lanjutkan Pendidikan

Melanjutkan pendidikan sebagai pengembangan diri pada karier di zaman sekarang bukan menjadi hal yang tak lazim.

Hal ini dilakukan agar kemampuan interpersonal pada karyawan lebih meningkat dan dapat menjadi kemampuan tambahan jika suatu saat karyawan berpindah posisi atau jabatan.

Mentoring

Dalam dunia kerja, mendapatkan banyak ilmu dan nasehat dari orang yang berpengalaman dalam pekerjaan sangatlah bermanfaat untuk meningkatkan pengembangan diri dan karier.

Mentoring bagi karyawan baru juga sangat bermanfaat untuk karier kedepannya di perusahaan atau pekerjaan lainnya karna sudah mendapat ilmu yang dapat diimplementasikan pada pekerjaan.

Ikuti Pelatihan On The Job

Pihak perusahaan biasanya akan membuat program pelatihan on-the-job untuk karyawannya. Pelatihan ini bermaksud agar karyawan mendapatkan pelatihan sehingga dapat meningkatkan kemampuan yang memadai standar perusahaan.

Biasanya pelatihan ini diberikan kepada karyawan baru. Namun tidak ada salahnya karyawan yang cukup lama bekerja mengikuti pelatihan ini, terlebih jika sedang dalam proses rotasi posisi.

Peningkatan Interpersonal Skill

Interpersonal skill seperti problem solving skillleadership harus diasah agar untuk mengembangkan diri menjadi diri yang lebih berkualitas pada pekerjaan.

Baca juga  7 Cara Mengembangkan Bakat Diri Sendiri Untuk Mendapatkan Posisi Gemilang

 Mengasah interpersonalskill juga bisa membuat pekerjaan jadi lebih baik seperti dapat mengambil keputusan yang tepat sehingga target pekerjaan bisa terpenuhi.

Pemantapan Posisi

Pemantapan posisi diberikan agar karyawan mendapatkan pembekalan untuk posisi mana saja. Pembekalan ini juga sebagai pengembangan diri yang pas agar karyawan tidak merasa kesulitan menghadapi pekerjaan dan tekanan di posisi yang akan di berikan oleh perusahaan.

Manfaat Pengembangan Diri Dan Karier

Pengembangan diri merupakan salah satu cara untuk meningkatkan potensi diri untuk mencapai kesuksesan dan ini bukan sekedar untuk mendapatkan posisi tinggi. Manfaat pengembangan diri pada karier adalah sebagai berikut:

  • Memberikan motivasi kerja pada karyawan
  • Meningkatkan kompetensi karyawan
  • Meminimalkan ketakutan saat berada di posisi baru di perusahaan
  • Potensi dan kemampuan karyawan lebih diapresiasi dan diakui
  • Meminimalkan persoalan konflik internal, stress dari tekanan dan ketidakpercayaan diri karyawan
  • Karyawan dapat mengambil dan membuat keputusan dengan bijak
  • Peningkatan pengetahuan baru pekerjaan dari sebelumnya

Itu tadi kegiatan apa saja yang dapat dilakukan untuk meningkatkan pengembangan diri dan karier. Serta manfaat yang di dapat dari kegiatan tersebut.

Perlu diingat, ada perbedaan self improvement dan self development yang harus diketahui agar pembagian prioritas dari pengembangan diri untuk karier dan pribadi menjadi lebih jelas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *