Pentingnya Self Improvement Dalam Hidup Beserta Rekomendasi Buku Pengembangan Diri Yang Bagus

Buku Pengembangan Diri
Pentingnya Self Improvement Dalam Hidup Beserta Rekomendasi Buku Pengembangan Diri Yang Bagus

Tahukah anda apa itu arti self improvement? Ini merupakan suatu bentuk pengembangan diri terutama terkait potensi serta kemampuan di dalam yang menjadikan seseorang mudah meningkatkan kualitas dirinya. Nah, salah satu cara untuk meningkatkan self improvement adalah dengan melalui buku pengembangan diri. 

Sekarang ini anda bisa mudah menemukan beragam buku self improvement seperti tentang pembelajaran hidup, keuangan, job dan karir, dan lain-lain. Melalui buku, pikiran anda akan meluas dan bisa lebih tergerak.

Self improvement yang telah diterapkan mampu memberi manfaat yang bagus. Mari simak dahulu tentang pentingnya self improvement atau pengembangan diri dalam kehidupan supaya anda semakin tergugah untuk segera menerapkannya dan keluar dari zona nyaman.

Pentingnya Self Improvement dalam Hidup

Berikut ini tentang pentingnya pengembangan diri dalam hidup:

  • Membantu Mengetahui Berbagai Potensi Diri

Self improvement itu penting sekali untuk dapat membantu mengetahui dan memahami potensi diri. Karena self improvement pada individu bisa mempertimbangkan serta mengukur potensi diri sesuai kapasitas individu tersebut. 

Penerapannya akan memberi pemahaman dan kemampuan mengukur potensi dalam menetapkan tujuan tertentu, dan juga individu akan paham bagaimana mewujudkannya.

Ini termasuk langkah tepat untuk anda misalnya ketika hendak mencari career kerja, jurusan kuliah dan lainnya.

  • Membantu Meningkatkan Kesadaran Diri

Adanya self improvement akan menjadikan individu lebih bisa mengetahui serta mengenal dirinya sendiri, pola pikir, dan juga perasaan yang dirasakan ketika dihadapkan dengan berbagai macam kemungkinan. 

  • Pengaruh Positif untuk Mental Health

Selanjutnya adalah membuat mental lebih terjaga sehingga mampu menghindari dan mengatasi stres maupun depresi, serta berbagai gangguan penyakit mental lainnya. Membaca buku pengembangan diri adalah satu di antara cara yang tepat untuk merilekskan pikiran.

  • Menjadi Guide ke Arah Pribadi yang Lebih Baik

Ketika self improvement berhasil meng-guide seseorang untuk menjadi pribadi yang baik lagi, maka akan mudah bagi seseorang tersebut menaikkan kualitas diri, misalnya dalam job karir atau pekerjaan.

Lalu juga memperluas koneksi, dan menjalin hubungan baik dengan orang lain. Ketentraman, kedamaian dan kebahagiaan dapat dicapai juga.

Rekomendasi Buku Pengembangan Diri Tentang Kehidupan

Anda sedang merasa terjebak dalam hidup? Merasa lelah, lemah, dan kurang motivasi? Merasa stres misalnya karena belum berhasil mendapatkan lowongan kerja career yang diinginkan?

Berikut ini ada beberapa rekomendasi buku self improvement untuk mengajarkan anda lebih menghargai diri, mengendalikan emosi, melatih pola pikir, dan lain-lainnya.

1. A Guide to Slow Down Your Life

Rekomendasi buku yang pertama adalah buku tentang kehidupan yang ditulis oleh Astrid Savitri. Seringkali seseorang merasa hampa dalam hidupnya padahal sudah melewati banyak hal, sehingga ingin sekali mengatur ulang hidupnya.

Buku ini mengajarkan konsep slow living secara luas, bagaimana seseorang bisa mendapat kebahagiaan dengan adanya konsep ini.

2. How to Be Great (Buku Karya Akmal Musyadat Cholil)

Anda tak boleh melewatkan membaca buku pengembangan diri yang satu ini. Buku ini bisa mengajarkan anda mengetahui potensi diri.

Dengan begitu, maka anda dapat memaksimalkan potensi dan setelah itu mungkin kesuksesan anda akan datang. Bacalah buku ini agar tahu bagaimana cara menuangkan potensi bakat yang anda punya.

3. Good Vibes Good Life

Bisakah energi negatif berubah menjadi positif? Jika selama ini anda memiliki pemikiran seperti itu sehingga mengganggu anda, maka coba untuk membaca buku ini.

Melalui “Good Vibes Good Life” inilah penulis berusaha untuk menjawab pertanyaan seperti di atas, bagaimana cara mendapat kebahagiaan jangka panjang, dan lain-lain.

4. Loneliness is My Best Friend

Alvi Syahrin adalah salah satu penulis Indonesia yang populer dan sangat berbakat. Salah satu bukunya yang berjudul “Loneliness is My Best Friend” mengajak pembaca untuk lebih berdamai dengan yang namanya kesendirian. Rasa kesendirian tak harus ditanggapi negatif, kesendirian dapat dijadikan teman baik. 

Rekomendasi Buku Pengembangan Diri Tentang Financial

Berikut ini 5 buku pengembangan diri untuk menambah wawasan tentang kecerdasan finansial:

1. Rich Dad Poor Dad

Anda mungkin sudah pernah melihat sekilas buku ini di internet maupun media sosial anda karena memang termasuk salah satu best seller.

Intinya buku ini akan menggugah pemikiran tentang finansial anda yang mana sangat penting ditanamkan sedari dini. Sehingga kebebasan finansial dapat diraih. 

Anda bisa membaca ringkasan buku Rich Dad Poor Dad di halaman : Memahami Finansial dari Buku Rich Dad Poor Dad

2. The 4-Hour Work Week

Kebanyakan orang berpikir sering bahwa selepas mengenyam pendidikan harus segera mencari loker career, dan bekerja keras sampai tua.

Di sini, penulis bernama Timothy Ferris melalui buku ini menjelaskan cara supaya anda bisa bekerja, namun bukan hanya sekedar bekerja keras, melainkan bekerja cerdas.

Melalui buku ini juga bisa menginspirasi anda mencari keseimbangan antara pekerjaan serta kehidupan pribadi, investasi, dan lainnya.

3. Financial Freedom (Buku Karya Grant Sabatier)

Sudah punya job karir yang bagus dan matang itu memang bagus, namun lebih bagus lagi jika anda bisa menerapkan manajemen keuangan yang tepat supaya financial freedom dapat diraih.

Financial Freedom karya Grant Sabatier menitikberatkan pada money value yang dicari serta waktu yang dimiliki.

Anda diajarkan cara atur keuangan supaya bisa meraih kebebasan dalam hal finansial yang mungkin selama ini anda cari. Termasuk juga terkait tabungan, investasi, pendapatan pasif, dan banyak lagi.

4. Your Money of Your Life

Ketika membaca cover buku ini anda akan langsung paham tentang isi buku ini yakni rentang langkah-langkah dasar pengelolaan keuangan dan mencapai kebebasan secara finansial.

Penggunaan perspektif adalah salah satu yang membuat buku ini berbeda. Anda bisa mempelajari cara dalam menentukan prioritas, memperbanyak tabungan, termasuk juga terkait gaya hidup atau lifestyle.

5. The Psychology of Money

Buku ini juga termasuk populer, lho. Sesuai judulnya, buku ini berisi mengenai pengelolaan keuangan yang mana di sini anda akan menemukan point of view serta wawasan mengenai keuangan yang lebih meluas.

Anda juga bisa memahami bahwa hidup itu sudah pasti sifatnya dinamis. Cocok sekali untuk anda baca misalnya ketika anda sudah berhasil mendapatkan job karier dan ingin tahu banyak hal tentang mengelola keuangan yang baik.

Rekomendasi Buku Pengembangan Diri untuk Karir Anda

Berikut ini 5 buku pengembangan diri untuk menambah wawasan anda dalam pengembangan karir:

1. Buku Pengembangan Diri : The Power of Habit 

Di cover buku ini terdapat tulisan yang menjelaskan mengenai suatu kebiasaan dan apa saja yang dilakukan dalam kehidupan serta bisnis.

Intinya adalah menjelaskan kepada pembaca mengenai alasan terbentuknya kebiasaan, unsur kebiasaan, sampai dengan cara untuk mengubah kebiasaan individu, pribadi maupun juga suatu komunitas. 

2. Buku Pengembangan Diri: Esensialisme (Pentingkan yang Penting Saja)

Selanjutnya ada buku berjudul Esensialisme karya Greg McKeown yang intinya berisi berbagai cara untuk dapat mengutamakan hal-hal penting saja dalam kehidupan.

Anda akan mengetahui cara mengenyampingkan sesuatu yang sekiranya kurang penting. Termasuk juga cara mengeliminasi, automatisasi, sampai dengan mengubah tugas-tugas yang tak esensial.

3. Buku Pengembangan Diri: Year of Yes

Tak kalah menarik, salah satu buku karya Rhonda Rimes akan membuka pikiran anda terkait dengan cara berhenti menolak suatu kesempatan dalam hidup, yang mana mungkin kesempatan tersebut bagus untuk perkembangan karir anda.

Mungkin seringkali kita diselimuti oleh rasa takut dan kurang nyaman untuk menerima kesempatan tersebut. Jika anda juga merasa demikian, maka buku ini perlu anda baca.

4. Buku Pengembangan Diri: Siasat Agar Karier Melesat (How to Jump Start Your (Next) Career)

Ada banyak hal yang dapat anda pelajari melalui salah satu buku legendaris dari penulis kreatif bernama Dale Carnegie ini.

Contohnya adalah terkait hal-hal mengenai peningkatan karir, misalnya menyusun resume, interview, keterampilan manajemen, sikap profesional, personal branding, dan lain-lainnya. Mirip seperti yang ada di judul buku tersebut, ini dapat menjadi siasat anda supaya karir melesat.

5. Buku Pengembangan Diri: Skill With People

Sedang membutuhkan buku yang dapat memberi pedoman untuk mendapatkan jalan karir, kehidupan keluarga serta kehidupan sosial yang baik? Sepertinya anda harus membaca buku ini.

Penjelasannya mudah untuk dipahami, dan juga tepat sasaran. Ditambah buku ini sangat praktis untuk dibawa ketika anda pergi. 

Masih ada banyak sekali macam-macam buku pengembangan diri atau self improvement yang menarik untuk anda baca.

Mengembangkan diri sendiri tentunya perlu proses yakni dengan terus meraih banyak wawasan dan juga ilmu salah satunya dengan melalui buku di atas tadi. Semoga dari membaca buku tentang self improvement, anda bisa lebih semangat untuk meningkatkan kualitas diri ke arah yang baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *