5 Cara Dalam Pengenalan dan Pengembangan Diri

Pengenalan dan pengembangan diri
Pengenalan dan pengembangan diri

Self-love dan lebih percaya diri adalah output dari pengenalan dan pengembangan diri. Mengutip dari Bayu Hamka, mengenal diri sendiri jauh lebih sulit dibandingkan mengetahui kepribadian orang lain. Oleh karena itu kenali diri sendiri sebelum mengenal pribadi dari orang lain.

Ada pula perbedaan self improvement dan self development. Walaupun secara harfiah keduanya berbeda namun goals yang diincar tetaplah pada pengembangan diri. Oleh karena itu mengetahui bagaimana saja pengembangan diri untuk diri sendiri sangatlah penting.

Anak muda zaman sekarang masih mencari-cari jati diri masing-masing, inilah perlu mengenal diri sendiri terlebih dahulu untuk menjadikan individu yang lebih baik untuk masa mendatang.

Mengetahui Kelebihan dan Kekurangan Diri

Hal paling mendasar dari pengenalan dan pengembangan diri adalah mengetahui sejauh mana kekurangan dan kelebihan yang dimiliki.

Dengan mengetahui kedua hal ini kita dapat membenahi diri dengan meningkatkan kelebihan dan berusaha untuk memperbaiki kekurangan diri sehingga dapat keluar dari kata merendahkan diri sendiri dan tahu value diri.

Ketahui Bidang yang Dikuasai dan Tidak Dikuasai

Masih berhubungan dengan kelebihan kekurangan, kita harus mengetahui bidang apa saja yang dikuasai dan tidak sebagai pengenalan dan pengembangan diri.

Dengan mengetahui hal ini dapat meningkatkan potensi diri, contohnya kita menguasai bidang melukis, dengan mengetahui kemampuan diri dalam melukis akhirnya mendalami ilmu lukis dengan berlatih, kursus atau bahkan masuk ke dalam sekolah seni.

Keputusan yang diambil akhirnya dapat mengembangkan potensi diri yang bisa menjadikan individu menjadi lebih baik pada bidang tertentu.

Baca juga  Tips Mendapatkan Beasiswa Sampai Lolos Seleksi dan Diterima

Tingkatkan Kepercayaan Diri

Dengan menguasai kedua cara diatas, meningkatkan kepercayaan diri pun tidak terlalu sulit. Saat seseorang mengetahui kelebihan dan kemampuan pada bidang tertentu pasti akan menambah kepercayaan diri secara natural.

Namun kepercayaan diri juga harus dibatasi agar tidak berakhir dengan kata sombong. Kesombongan diri bukan hal yang bisa dikatakan sebagai pengenalan dan pengembangan diri yang baik. Oleh karena itu selalu tahu batasan rasa percaya diri dengan terus belajar.

Terbuka Dengan Pemikiran Lain

Nyatanya kita hidup bersama orang-orang yang memiliki pemikiran yang pasti berbeda dari kita. Terbuka dengan perbedaan ini penting dalam mengenal dan mengembangkan diri.

Karena dengan kita memiliki pikiran yang lebih terbuka kita dapat memahami dan mengerti bagaimana luasnya perspektif individual, sehingga dapat menghadapi situasi yang tak terduga tanpa kesulitan memahami perbedaan.

Perbanyak Rasa Ingin Tahu

Salah satu cara pengenalan dan pengembangan diri yang menarik adalah perbanyak rasa ingin tahu. Orang dewasa terkadang kurang akan aspek ini sehingga tidak ada kemajuan dari pengembangan diri yang signifikan.

Rasa ingin tahu juga bisa menjadi motivasi agar kita memiliki rasa kompetisi yang tinggi dan hal ini dapat menambah produktivitas seseorang.

Berbagai cara pengenalan dan pengembangan diri merupakan tantangan tersendiri, karena itulah fokus pada dua hal ini dapat membuat seseorang lebih fokus pada goalkedepan dan lebih memanfaatkan hal yang tepat. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *