Tips Menata Balkon Rumah agar Tampak Cantik

  • Share
Tips Menata Balkon Rumah agar Tampak Cantik
Balkon rumah (photo/xframe.io)

Menata balkon rumah adalah suatu hal yang memerlukan kreativitas. Balkon sebagai sebuah ruang kecil di bagian atas rumah sebenarnya bisa ditata sedemikian rupa, agar tampak tidak membosankan dan hampa begitu saja.

Sebagai ruangan kecil atau ruang sisa di bagian luar kamar atas, balkon terkadang diabaikan. Padahal balkon rumah menjadi satu titik perhatian dari keindahan suatu hunian tempat tinggal, karena letaknya yang berada di bagian luar.

Apa Saja Tips Menata Balkon Rumah?

Ada beberapa tips menata balkon rumah yang bisa diterapkan untuk mendapatkan suatu balkon indah dengan view yang menawan.

Dijamin penghuni rumah akan betah berlama-lama menghabiskan waktu di sudut rumah yang satu ini. Di antara beberapa tips tersebut adalah:

1.     Bersihkan Balkon Secara Rutin

Tips pertama yang justru menjadi kunci dari keindahan suatu balkon adalah kebersihan yang terjaga. Sebagai bagian luar dari suatu rumah, debu, dan kotoran dari luar pastinya akan mudah singgah dan hinggap pada ruang balkon.

Apalagi kalau letak balkon berada di dekat sebuah pohon. Daun-daun kering pasti ada yang berjatuhan dan berserakan di lantainya. Maka, jangan lupa selalu rutin membersihkan balkon agar tak nampak kumuh.

2.     Tempatkan Meja dan Kursi Minimalis

Meja kursi minimalis dari baja atau kayu bisa diletakkan pada balkon. Usahakan ukurannya cukup ringkas dan tidak terlalu besar. Ini penting agar space pada balkon tidak terlihat penuh sesak oleh kursi yang terlalu besar.

Penambahan bantal alas duduk pada kursi juga merupakan ide bagus. Kesan nyaman dan cozy akan semakin membuat balkon jadi tempat favorit untuk bersantai.

3.     Letakkan Jajaran Pot Tanaman Hias

Meletakkan beberapa tanaman hias yang indah bisa dicoba. Tata peletakan pot secara berjajar dan tidak menumpuk di satu sisi. Beberapa pot kecil berisi bunga juga bisa ditata pada beberapa sudut seperti diatas meja atau ditata di depan jendela balkon.

Selain pot-pot kecil berisi bunga, peletakan tanaman bunga menjalar seperti bougenville juga bisa dicoba. Rambatkan tanaman pada pagar balkon dan nikmati pemandangan indah yang dihasilkan ketika bougenville mulai berbunga.

4.     Beri Pencahayaan yang Romantis

Pemberian lampu dengan warna temaram yang romantis bisa semakin memperindah balkon, apalagi saat ini dinyalakan pada malam hari. Kap lampu yang digunakan juga memberikan andil dalam menambah nilai estetika balkon.

5.     Letakkan Bean Bag atau Kasur Kecil

Menambahkan kasur berukuran kecil atau bean bag bisa juga dicoba. Namun, sebaiknya space pada balkon tidak terlalu sempit untuk opsi yang satu ini.

Untuk meletakkan kasur, sebaiknya alasi terlebih dahulu bagian bawahnyadengan dipan kecil atau kursi malas.

6.     Pasang Payung Bila Balkon Terlalu Panas

Payung taman khusus bisa dipasang diatas balkon. Ini utamanya bisa dilakukan ketika udara diatas balkon terasa amat menyengat dan diperlukan naungan saat duduk di kursi balkon. Di bawah payung bisa diletakkan meja kecil berbahan kayu atau rotan untuk meletakkan makanan atau minuman.

7.     Letakkan Kursi Goyang atau Kursi Gantung

Menempatkan kursi goyang atau kursi gantung bisa semakin menambah suasana rileks saat bersantai di pojokan balkon.

Kegiatan membaca buku atau sekedar ngopi akan jadi terasa begitu nyaman dilakukan di balkon dengan keberadaan kursi gantung.

Balkon sebagai ruang teras kecil di lantai dua ternyata bisa ditata sedemikian rupa hingga tampak cantik. Dengan beberapa tips di atas, menata balkon rumah akan menjadi satu pekerjaan gampang.

Alhasil, sebuah balkon indah dan menawan akan sukses membuat betah penghuninya hingga enggan beranjak. Info lain: 5 Tips Menyiasati Rumah Sempit agar Terkesan Luas

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *