5 Tips Menyiasati Rumah Sempit agar Terkesan Luas

5 Tips Menyiasati Rumah Sempit agar Terkesan Luas
5 Tips Menyiasati Rumah Sempit agar Terkesan Luas

Menyiasati rumah sempit agar nampak luas memerlukan kreativitas dan pemikiran yang matang.

Berbagai trik penataan bisa diterapkan untuk menghadirkan kesan lega pada hunian kecil yang berada di tengah pemukiman yang cukup padat.

Bagaimana tidak? Dengan luas lahan yang tak terlalu luas, penataan interior rumah yang praktis jelas dirasa sangat perlu agar setiap space yang ada bisa dimanfaatkan dan tidak mubazir.

5 Tips Menyiasati Rumah Sempit

Menciptakan suatu desain minimalis yang lega pada tempat tinggal sebenarnya tak sesederhana hasil akhir yang didapat.

Memang kesan ringkas dan minim barang adalah sesuatu yang berusaha ditonjolkan, namun tak serta merta ini mudah direalisasikan.

Ada beberapa penataan yang perlu dilakukan. Berikut ada 5 tips menyiasati rumah sempitagar terlihat luas yang bisa diterapkan:

Pilih warna cat pastel

Salah satu tips yang bisa diterapkan untuk menghadirkan suasana tenang dan lapang pada ruang yang tak terlalu lebar adalah memilih cat rumah yang kalem.

Hindari warna-warna mencolok yang tajam, melainkan pilihlah warna lembut seperti pilihan warna pastel.

Ini juga berlaku untuk pemilihan wallpaper dinding. Sebaiknya hindari wallpaper dengan motif-motif ramai yang akan semakin menambah kesan padat pada ruangan.

Jangan pilih sofa berukuran besar

Perabot semacam sofa pengisi ruang tamu sebaiknya dipilih yang berukuran sedang dan tidak terlalu besar. Untuk ruang tamu kecil, meletakkan kursi pojok memanjang tanpa ada kursi tambahan bisa jadi solusi untuk menghindari rasa sesak.

Baca juga  Cara Memperbaiki Jam Dinding Rumah Yang Rusak Tanpa Harus Ke Tukang Servis

Begitu pula dengan meja. Sebaiknya pilih meja tamu yang tidak terlalu lebar dan memakan ruang. Meja tamu mini bundar dengan aksen tumpuk bisa jadi satu contoh pilihan.

Pilih perabot multifungsi

Pemilihan perabot rumah serbaguna yang bisa dimanfaatkan untuk beberapa fungsi adalah satu cara cerdas untuk mengurangi banyaknya koleksi barang di rumah.

Sebagai contoh, penempatan kursi malas atau sofa lipat yang bisa difungsikan juga sebagai tempat tidur sementara di depan ruang TV agaknya menjadi pilihan cerdas daripada harus membeli kursi dan spring bed tambahan untuk beristirahat sambil menonton TV.

Manfaatkan ruang di bawah tangga atau kolong tempat tidur

Daripada kolong di bawah dipan tempat tidur tidak dimanfaatkan, alangkah cerdasnya bila ini digunakan untuk menyimpan barang-barang.

Simpan barang-barang kecil dalam kotak atau kontainer yang aman, kemudian letakkan dengan rapi di bawah tempat tidur.

Ruang kosong di bawah tangga yang menuju lantai dua juga bisa diisi dengan tumpukan kontainer berisi aneka perkakas. Yang penting, tata dengan rapi dan aman.

Bangun tempat jemuran di lantai dua

Tempat menjemur pakaian menjadi satu hal yang susah didapatkan pada rumah dengan ukuran terbatas. Akibatnya, rumah jadi nampak kumuh dan kurang rapi karena pakaian terpaksa harus dijemur di depan rumah.

Apabila ada budget lebih tersisa, cobalah untuk membangun tempat jemuran di lantai dua atau loteng. Jadikan satu dengan ruang menyetrika agar lebih praktis lagi.

Tata pencahayaan ruangan

Salah satu cara menghadirkan kesan lapang adalah dengan menata pencahayaan ruangan. Pilihlah lampu yang setingkat lebih terang untuk menyinari ruangan.

Jangan sampai menggunakan lampu yang redup karena ini akan mengesankan suasana suram dan sempit pada ruangan.

Baca juga  10 Manfaat Pasta Gigi Yang Jarang Diketahui

Beberapa tips diatas bisa dicoba guna menyiasati rumah sempit agar terkesan lega. Intinya, sebisa mungkin manfaatkan space yang ada agar ini tak menganggur. Dengan sedikit kreativitas penataan interior, rumah sempit kini tak akan terasa sesak lagi.

Info lain : Tips Membeli Rumah yang Perlu Anda Perhatikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *