Mengenal Mitos Seputar Menggunakan Sunscreen

Mengenal Mitos Seputar Menggunakan Sunscreen
Mengenal Mitos Seputar Menggunakan Sunscreen (Photo by BATCH by Wisconsin Hemp Scien via Unsplash)

Menurut beberapa ahli, kesadaran masyarakat Indonesia untuk menggunakan sunscreen termasuk rendah. Padahal, menggunakan sunscreen tidak hanya bermanfaat bagi kecantikan saja namun juga kesehatan kulit wajah.

Perlu diketahui apabila sunscreen merupakan produk yang mampu memberikan perlindungan dari paparan sinar UV yang berbahaya.

Sinar UV sendiri selain dikenal sebagai penyebab utama penuaan dini juga menjadi penyebab berbagai penyakit kulit serius seperti kanker dan sejenisnya.

Mitos Seputar Menggunakan Sunscreen

Selain kesadaran masyarakat yang masih kurang ternyata masih banyak mitos-mitos seputar penggunaan sunscreen yang merebak di masyarakat. Berikut adalah mitos-mitos sunscreen yang banyak beredar di masyarakat beserta penjelasannya.

1.             Semua Sunscreen Sama

Masih banyak yang beranggapan jika semua sunscreen yang tersedia di pasaran adalah sama. Hal ini jelas salah besar karena setiap sunscreen memiliki bahan dasar serta tingkat SPF yang berbeda-beda. Oleh sebab itu, sangat tidak tepat untuk menyamakan semua produk sunscreen.

Jika dilihat berdasarkan kandungan yang dimilikinya, sunscreen dibedakan menjadi 2 jenis yaitu physical dan chemical sunscreen. Hanya saja, di pasaran kebanyakan sunscreen yang dijual adalah kombinasi dari kedua jenis sunscreen tersebut.

2.             SPF Tinggi Lebih Tahan Lama

Mitos seputar SPF inilah yang sering kali dianggap benar oleh masyarakat. Padahal hal tersebut sangat keliru. Nilai SPF yang tinggi tidak membuat perlindungan yang diberikan akan bertahan lebih lama.

Kenyataan yang sebenarnya adalah semakin tinggi SPF maka perlindungan yang diberikan ke kulit akan semakin kuat, bukan bertahan lebih lama.

Oleh sebab itu, para ahli menyarankan untuk selalu reapply semua jenis sunscreen secara rutin setidaknya tiap 2 jam sekali.

3.             Kulit Gelap Tidak Butuh Sunscreen

Banyak yang beranggapan jika kulit gelap tidak membutuhkan sunscreen. Padahal, hal tersebut sama sekali tidak benar.

Semua jenis kulit baik yang berkulit putih, terang, atau gelap membutuhkan sunscreen karena kandungan melanin tidak membuat kulit kebal terhadap sinar UV.

4.             Sunscreen Tahan Air Lebih Bagus

Masih banyak masyarakat yang belum paham bagaimana menggunakan sunscreen tahan air yang benar. Kebanyakan masih mengira jika sunscreen jenis ini tidak perlu dipakai ulang atau reapply jadi banyak yang hanya menggunakannya sekali saja.

Padahal, sunscreen tahan air sebenarnya sama dengan sunscreen biasa yang perlu dipakai ulang agar tetap memberikan perlindungan maksimal.

Perlu diketahui, semakin sering terkena air maka perlindungan sunscreen tersebut akan semakin berkurang karena kandunganya semakin menipis.

5.             Cuaca Mendung Tidak Perlu Sunscreen

Banyak yang mengira jika sunscreen hanya perlu digunakan saat cuaca cerah atau terik saja. Padahal, kenyataannya risiko terkena paparan sinar UV saat cuaca mendung dan berawan masih tetap ada. Menurut penelitian, 80% sinar UV bahkan masih bisa menembus awan tebal.

Oleh sebab itu, sangat disarankan untuk tetap menggunakan tabir surya meski sedang mendung sekalipun. Hal ini juga berlaku ketika di dalam rumah atau ruangan. Meski tidak terkena matahari secara langsung namun kulit masih bisa mendapatkan paparan sinar UV yang merusak.  

6.             Sunscreen Hanya untuk Orang Dewasa

Masyarakat Indonesia masih menganggap jika sunscreen adalah sebuah produk perawatan kulit sehingga hanya bisa digunakan oleh orang dewasa.

Padahal, anak-anak dan remaja juga perlu menggunakan tabir surya atau sunscreen untuk melindungi kulit dari paparan sinar UV.

Perlu diketahui juga di beberapa negara produk sunscreen tidak dikategorikan sebagai skincare namun dimasukan dalam kategori obat-obatan karena memiliki manfaat yang sangat besar bagi kesehatan. Oleh sebab itu, ada baiknya untuk membiasakan penggunaan sunscreen sejak usia dini.

Penjelasan di atas adalah beberapa mitos seputar sunscreen yang sayangnya masih banyak dipercayai masyarakat. Semoga saja setelah membaca ini banyak orang yang sadar tentang pentingnya menggunakan sunscreen pada kegiatan sehari-hari.  

Info lain: Rekomendasi Alat Make Up Pemula Yang Paling Penting

Leave a Reply

Your email address will not be published.