Tips Memulai Bisnis Hewan Ternak

  • Share
Tips Memulai Bisnis Hewan Ternak

Bisnis hewan ternak juga merupakan salah satu peluang usaha yang cukup menjanjikan. Apalagi jika memang memiliki hewan ternak maka tidak ada salahnya untuk dijadikan usaha. Contoh hewan ternak yang bisa dijadikan usaha adalah kambing dan sapi.

Kedua hewan tersebut dapat dimanfaatkan anggota tubuhnya seperti kulit dan daging untuk berbisnis. Akan tetapi ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum memutuskan untuk memulai bisnis di bidang hewan ternak.

Tips Bisnis Hewan Ternak

Ada beberapa tips dan tahapan yang harus dilakukan untuk membangun sebuah bisnis ternak. Bisnis hewan ternak cukup mudah asalkan mengetahui apa saja keperluannya secara modal. Berikut tahapannya.

1.     Menentukan Hewan yang Akan Diternak

Tips yang pertama adalah dengan menentukan jenis hewan ternak apa. Misalnya ingin memulai bisnis kambing maka carilah jenis kambing yang bagus dan berkualitas. Begitu pula jika ingin memulai bisnis sapi, maka carilah sapi yang jenisnya berkualitas.

Setelah itu yang berikutnya adalah jenis bisnisnya. Maksudnya adalah apakah ingin berfokus pada bisnis kambing atau sapi susu, bulu atau pedaging. Hal ini memang harus ditentukan dari awal agar tidak bingung ketika harus mengambil langkah yang berikutnya.

Setelah menemukan jenis bisnis dan hewan ternak yang cocok berikutnya adalah membeli hewan ternak yang telah ditetapkan. Jangan lupa untuk memastikan terlebih dahulu apakah modalnya sudah mencukupi atau belum. Jika modalnya sudah pas baru langsung pergi untuk membeli hewan ternaknya.

Khusus untuk bisnis sapi maka perhatikan juga jenis sapinya karena ada yang mahal dan murah. Carilah informasi mengenai harga sapi yang murah dan berkualitas untuk memulai bisnis. Jadi sebelum membeli hewan ternak pastikan sudah mengumpulkan informasi penting terlebih dahulu ya!

2.     Mencari Lokasi Untuk Berbisnis

Bisnis ini adalah sebuah bisnis yang membutuhkan sebuah tempat lokasi khusus. Hal ini agar bisa mengembangkan bisnis dengan mudah dan menjadikan sebuah tempat tinggal untuk hewan ternak tersebut. Carilah lokasi yang memudahkan pemeliharaan dan proses produksi dari hewan ternak.

Lokasi atau tempat yang dijadikan sebagai tempat bisnis memang harus besar dan luas, apalagi jika hewan ternaknya ada banyak. Akan tetapi jika masih ingin bisnis kecil-kecilan saja, pemilihan tempatnya bisa tidak terlalu luas.

Adapun yang paling terpenting adalah agar hewan ternak tersebut dapat tempat untuk hidup. Untuk lokasi yang dibutuhkan selain besar dan luas adalah, merupakan lokasi dengan permukaan tanah kering. Selain itu pastikan juga tempatnya aman untuk hewan ternak agar bisa berkembang biak di sana.

Selain itu juga boleh langsung membeli area yang luas untuk peternakan. Hal itu tentu akan menguntungkan di masa depan jika bisnis berkambang dan memiliki banyak hewan ternak.

3.     Memperhatikan Makan dari Hewan Ternak Tersebut

Tips untuk memulai bisnis hewan ternak adalah dengan memperhatikan apa makanan yang akan diberi kepada hewan ternak tersebut. Tentu ada perbedaan antara ternak sapi dan kambing dari segi makanan yang akan diberikan.

Ada bermacam-macam pakan yang diberikan kepada hewan ternak dan sebagai pemilik bisnis harus mengetahui apa jenis pakannya. Jika memberikan pakan yang salah maka hewan ternak bisa mengalami sakit dan hal itu tentu akan menambah pengeluaran.

Tidak hanya pakan, minuman hewan ternak juga penting untuk diperhatikan. Beda jenis hewan ternak yang menghasilkan susu atau daging tentu beda juga jenis pakannya. Oleh karena itu pengetahuan mengenai jenis pakan penting untuk diketahui.

4.     Menyiapkan Alat Untuk Beternak

Tips terakhir adalah dengan menyiapkan alat untuk melakukan ternak. Biasanya alat dibutuhkan untuk beternak sapi jika sudah banyak. Contoh alat yang biasanya digunakan adalah traktor untuk membajak area hewan ternak.

Bisnis hewan ternak memang awalnya terlihat sulit apalagi jika menemukan hewan ternak dengan harga mahal. Untuk itu pastikan menyiapkan modalnya terlebih dahulu baru mengikuti beberapa tips yang sudah dijelaskan.

Info lain: Menjanjikan Omset yang Besar, Ini Beberapa Jenis Peluang Usaha Ternak

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *