Penemuan Paling Penting yang Ada di Dunia

Penemuan Paling Penting di abad modern
Penemuan Paling Penting yang Ada di Dunia

Berbicara tentang penemuan paling penting di dunia sebenarnya bukan perkara mudah. Itu karena, setiap penemuan memiliki tingkat kepentingan masing-masing.

Tentu hal tersebut berlaku untuk penemuan yang paling kecil. Sekarang mari buat contoh yang kecil seperti benang.

Bayangkan jika benang tidak ditemukan di dunia. Sekarang mungkin manusia masih menggunakan kulit hewan dalam berpakaian.

Bahkan hal lebih buruk bisa saja terjadi. Karena kulit hewan yang sulit didapat, bisa saja manusia menggunakan daun atau karet.

Ini mungkin tidak pernah terpikirkan oleh Anda sebelumnya. Namun setelah diteliti lebih jauh, penemuan tersebut memiliki manfaat yang lebih besar lagi.

Tentu para penemu ini memiliki peran yang sangat besar dalam perkembangan dunia. Jika mereka tidak ada, entah seperti apa dunia sekarang ini.

Penemuan Paling Penting di Dunia

Sebenarnya di antara banyaknya penemuan, terdapat beberapa hal yang keberadaannya paling vital. Tanpa adanya penemuan ini, dunia pasti akan sangat berbeda.

Tentu benang yang sebelumnya dibahas tidak akan dimasukkan pada daftar ini. Oleh sebab itu, berikut beberapa penemuan tersebut.

Internet

Penemuan paling penting tidak selalu berasal dari berabad-abad ke belakang. Ada juga penemuan yang terbilang baru namun sangat berpengaruh.

Penemuan tersebut adalah internet. Sekarang coba lihat setiap aspek kehidupan manusia. Hampir semuanya memanfaatkan internet untuk mempermudah.

Internet bukan hanya bertindak sebagai media komunikasi. Internet juga bermanfaat dalam membantu bisnis atau sarana pendidikan.

Bisa dikatakan, internet membuat dunia menjadi lebih mudah. Usia internet sendiri belum sampai 100 tahun.

Pertama kali internet ditemukan adalah pada tahun 1960. Ketika itu, sosok yang pertama kali memperkenalkannya bernama Lawrence Robert.

Baca juga  Penyanderaan Mapenduma, Keputusan Kasfh-e Hijab Dikeluarkan

Namun ketika itu, internet belum seperti sekarang. Ini masih berupa perpindahan data dalam skala kecil.

Namanya sendiri bukan internet. Ketika itu, Lawrence Robert memberi nama Arpanet untuk penemuannya ini.

Komputer

Penemuan paling penting selanjutnya adalah komputer. Jika dilihat dari usia, ini juga masih terbilang baru.

Namun jika dilihat fungsinya sekarang, keberadaannya begitu vital dalam kehidupan. Bahkan, kehidupan manusia pasti menjadi sangat sulit tanpa adanya komputer.

Sekarang fungsi komputer sendiri sudah semakin banyak. Menonton film, bermain game, hingga mendengarkan musik bisa dilakukan menggunakan alat ini.

Fungsi yang bisa digunakan untuk berbagai kegiatan itulah alasan utama mengapa komputer terkesan sangat spesial. Sebenarnya jika dilihat dari usia, komputer sudah berusia lebih dari satu abad.

Pertama kali komputer ditemukan adalah pada tahun 1837. Ketika itu, ilmuwan yang bertindak sebagai penemu adalah Charles Babbage.

Pada awalnya, Babbage menciptakan komputer sebagai alat hitung. Tentu ini jauh berbeda dengan komputer yang digunakan sekarang.

Lampu

Penemuan paling penting selanjutnya adalah lampu. Untuk penemuan ini, mungkin nama penemunya sangat populer.

Penemu tersebut adalah Thomas Alva Edison. Ketika itu, Edison menemukan lampu dengan konsep pijar.

Perlu diketahui, usia lampu dan komputer tidak terpaut jauh. Pertama kali lampu ditemukan adalah pada tahun 1800.

Penemuan ini jelas sangat bermanfaat. Sekarang bayangkan dunia tanpa adanya lampu. Tentu kesan gelap di tiap sudut akan terasa pada malam hari.

Ini akan menjadi pengalaman yang tidak menyenangkan. Sebenarnya sebelum lampu, ada banyak konsep penerangan lain yang diciptakan ilmuan. Namun hingga sekarang, konsep lampu adalah yang terbaik.

Telepon

Telepon juga layak dibahas sebagai penemuan paling penting. Penemunya adalah sosok fenomenal bernama Alexander Graham Bell.

Baca juga  Pengaruh Inflasi Terhadap Kehidupan Masyarakat

Ketika itu, Bell menemukan penemuan ini pada tahun 1876. Penemuan ini sukses membuat Bell mendapatkan berbagai macam penghargaan.

Tentu hak patennya sendiri menjadi miliknya. Ini membuat namanya terkenal hingga ke seluruh dunia.

Bisa dikatakan, adanya telepon menyelesaikan berbagai permasalahan. Seperti yang pasti disadari, manusia adalah makhluk sosial.

Oleh sebab itu, keberadaannya tidak lepas dari komunikasi dengan orang lain. Sekarang bayangkan dunia tanpa adanya telepon.

Hal tersebut membuat komunikasi hanya bisa dilakukan secara tatap muka. Adanya telepon memungkinkan komunikasi jarak jauh untuk dilakukan.

Kalender

Kalender memang sering dianggap remeh. Padahal dalam kehidupan, keberadaannya sangat penting.

Dengan adanya kalender, pembuatan jadwal menjadi lebih mudah. Sebenarnya kalender sudah ada sejak lama sekali.

Namun pada awalnya, kalender hanya digunakan untuk menghitung posisi bulan. Pertama kali konsep yang matang dibuat adalah pada zaman romawi.

Ketika itu, Julius Sesar menjadi sosok yang menginspirasinya. Kalender sendiri akhirnya disempurnakan oleh Gregory XIII pada tahun 1582.

Jam

Jam adalah penemuan terakhir yang tidak kalah penting. Menentukan waktu menjadi sangat mudah dengan keberadaan jam.

Awal mula konsep jam dibuat adalah pada zaman bangsa sumeria. Ketika itu, 60 detik sudah sama dengan 1 menit dan 60 menit sudah sama dengan 1 jam.

Hanya saja, konsep tersebut belum dibuat secara mekanik. Konsep mekaniknya sendiri baru dibuat oleh bangsa Yunani dengan menggunakan tenaga air.

Baca juga: Friendster jejaring sosial paling hot sebelum facebook

Teruslah berinovasi dan ciptakan hal baru. Bukan tidak mungkin, apa yang Anda temukan di masa depan bisa menjadi salah satu penemuan paling penting.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *